Problem About Friendship - Part 1

2:13 PM Nur Mumtahana 0 Comments


-->
Yang namanya persahabatan akann lengkap jika dalam persahabatan itu telah ada kesenangan, kesedihan, keluhan, dan perselisihan tentunya. Apa ada persahabatan yang tidak pernah dilanda oleh perselisihan? Rasanya itu hal yang tidak mungkin. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ikuti beberapa contoh masalah dalam persahabatan dan cara mengatasinya. Tapi untuk contoh-contoh kasusnya, disini akan digunakan inisial agar lebih mudah dan tidak ngoler-ngoler.
Kasus 1
A adalah sahabat dekatmu. Sudah dari kecil kalian bersahabat. Tapi belakangan ini A lebih sering diam. Dia jarang mengajakmu bicara dan terlihat seperti orang yang marah denganmu. Lalu apa yang akan kamu lakukan?
Solusi 1
Sangat salah jika kamu juga ikut diam melihat sahabamu jadi berubah seperti ini. Harus ada tindakan yang kamu lakukan. Ajak dia bicara dan anggap kalau kamu tidak menyadari perubahannya. Ajak dia jalan-jalan atau melakukan hal yang biasa kalian lakukan. Jika dia memang dia tidak ada masalah, pasti dia kan menikmati hal yang dia sukai itu.
Tapi bagaimana kalau dia benar-benar berubah? Yang pertama harus kamu lakukan adalah tanyakan padanya. Mungkin dia punya masalah berat. Dan katakan kalau kamu akan berusaha membantunya. Dengan begitu, akan memungkinkan kalau dia akan menceritakan masalahnya.
Bagaimana kalau dia bilang tidak punya masalah? Sepertinya jawaban itu 80% bohong, tapi tetap ada kemungkinan benarnya. Segeralah kamu berinteropeksi diri. Mungkin dia marah denganmu. Mungkin dia menemukan sisi yang tidak dia sukai darimu. Walaupun kamu merasa tidak bersalah, segeralah minta maaf. Karena walaupun kamu berbuat salah, kemungkinan besar sahabat yang telah lama bersama tidak akan berani mengungkapkan apa yang sebenarnya dia rasakan.
Memang tidak mudah, tapi lebih baik memang begitu….

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.