THE BEST MOMENT

10:07 PM Nur Mumtahana 0 Comments





Masa Remaja,,,,
Indah, tapi mengkhawatirkan,,,
Segala masa depan tergantung dari apa yang kita lakukan pada masa-masa itu. Masa di mana banyak yang menganggap sebagai masa paling menentukan. Masa-masa yang lebih pantas disebut sebagai masa cobaan. Adai kita bisa melewatinya dengan segala kebaikan, mungkin akan begitu banyak hal yang menguntungkan kita di masa mendatang.
Mendapatkan teman sebanyak-banyaknya. Merasakan pengalaman yang belum pernah sebelumnya. Dan mencoba hal-hal baru yang belum kita tahu. Salah langkah dapat membuat hidup kita melenceng jauh dari yang namanya kesuksesan.
Tak sedikit remaja yang mengalami kegagalan saat masa-masa seperti ini. Begitu banyak hal yang membuat pemikiran mereka bisa berubah drastis. Yang dulunya selalu berfikir positif bisa menjadi orang yang selalu berfikiran negatif. Orang dengan kepribadian pendiam bisa menjadi orang dengan kepribadian yang tak terduga. Begitulah apa adanya.
Dari semua yang mengkhawatirkan itu, sebenarnya jika kita bisa memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif. Dengan begitu kita bisa merasakan masa remaja yang tidak sia-sia. Menghabiskan waktu dengan bersenang-senang itu tidak salah. Tapi kita harus selalu mengingat bahwa dalam menemukan kesenangan itu, kita tidak boleh merugikan orang lain.
Lakukan hal menyenangkan yang juga bisa membuat orang lain senang. Itu akan lebih berarti daripada melakukan hal yang hanya menyenangkan diri sendiri tapi merugikan orang lain.
Ada beberapa cara menyenangkan untuk menghabiskan masa remaja yang akan terasa sangat cepat ini. Mari simak...

1. Saat masa-masa remaja, cobalah untuk mulai memikirkan langkah ke depan yang akan diambil. Masa remaja itu adalah masa semangat-semangatnya untuk menggapai suatu keinginan. Jika keinginan kita adalah keinginan yang baik-baik, kita pasti juga akan melakukan hal yang baik.
2. Cobalah untuk menikmati segala keadaan yang ada di sekitar kita. Khususnya di lingkungan pergaulan kita. Dalam suatu lingkungan bermasyarakat, tak jarang juga terjadi konflik. Biasanya anak remaja yang sudah mendapatkan tekanan pikiran terlalu berat akan merasa tidak bersemangat untuk menjalani hari-harinya. Bahkan pertengkaran kecil dengan teman atau masalah kecil di sekolah pun bisa membuatnya depresi. Kalau kita berfikir positif, katakan saja dalam hati, “Ini adalah hal yang mungkin tidak akan aku rasakan saat menginjak masa dewasa. Mungkin aku tidak akan pernah bertengkar dengan teman lagi gara-gara rebutan PR saat sudah dewasa nanti.” Atau katakan juga, “Mungkin aku akan menemukan teman seperti dia hanya satu kali. Jangan sampai aku membuatnya kecewa..” Dengan berfikir positir, kita akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk semua agar tidak ada beban saat menjalani hari-hari di masa remaja kita.
3. Saat remaja biasanya seseorang menjadi sangat kritis. Inilah saatnya membangun diri agar bisa menjadi orang yang percaya diri dan mau mengungkapkan pendapat. Dampaknya akan bisa dirasakan sampai masa mendatang.
4. Carilah pengalaman sebanyak-banyaknya. Cobalah hal baru yang mungkin bisa membangkitkan semangat jiwa muda kita. Berekreasi atau berpetualang biasanya membuat kita semakin dekat dengan alam. Jalan-jalan ke objek wisata alam bisa membuat kesadaran kita terhadap lingkungan semakin tinggi. Andai semua remaja mau bekerjasama, betapa indahnya masa-masa ini.
5. Emosi yang labil juga menjadi ciri khas seorang remaja. Inilah hal yang mengkhawatirkan. Peran orangtua sangat besar pada hal yang satu ini. Pengawasan terhadap anak-anaknya harus lebih ditingkatkan. Pergaulan yang terlalu bebas pun tidak baik untuk seorang remaja. Bahkan kebanyakan remaja lebih suka menuruti perkataan teman daripada menuruti perkataan orangtuanya. Jadi usahakan orangtua bisa mengawasi dengan siapa anaknya bergaul. Salah bergaul pun bisa menimbulkan hal yang fatal.


Sebenarnya ada satu hal lagi yang mungkin juga banyak dirasakan oleh seorang remaja. FIRST LOVE. Mungkin inilah yang paling indah dari segala yang indah di masa remaja. Menemukan seseorang yang mampu membuat jantung kita berdebar kencang. seseorang yang bisa membuat kita merasa ingin pingsan dan selalu ingin berlari karena malu saat melihatnya. Hargailah cinta pertama yang kita rasakan. Karena cinta pertama hanya terjadi satu kali ( tentu saja ) ....

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan tentang Masa Remaja yang memang selalu menjadi masa-masa paling indah, atau justru paling suram bagi seseorang.


Sebenarnya semua remaja memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati kesenangan masa remajanya. Tergantung bagaimana mereka memanfaatkan setiap kesempatan dan waktu yang ada pada diri mereka...

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.