Global Warming…

2:19 PM Nur Mumtahana 0 Comments



Ini adalah artikel yang sebenarnya sudah sangat lama ingin aku tulis. Namun terlalu banyak hal yang membuatku menundanya selama ini. Bagaimana tidak? Saat akan menulis aku selalu membutuhkan ruang yang cukup dan suasana yang menyenangkan. Namun hal itu sangat sulit aku dapatkan. Setiap aku mulai mengetik, hawa panas mulai mengganggu. Ini benar-benar membuatku tidak bisa berkonsentrasi.

Andai segalanya dapat seperti dulu, sama seperti saat aku masih kecil. Setiap pagi aku bisa melihat embun dan kabut. Rasanya benar-benar menyenangkan. Tapi apa yang terjadi sekarang? Cuaca tak menentu setiap harinya. Dulu, saat aku masih kecil ada pelajaran yang mengatakan , “Di Negara kita ada dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghijau. Musim hujan mulai oktober sampai maret. Dan musim hujan mulai bulan april sampai sepetember.”

Benar-benar memprihatinkan. Sekarang kalimat-kalimat itu sudah tidak berlaku lagi di jaman sekarang ini. Mungkin saat pagi hujan turun sangat lebat, dan sing hari akan terasa sangat terik. Beginilah hal yang ditimbulkan oleh global warming.

Jangan menyalahkan bumi kita ini, tapi seharusnya kita berinteropeksi diri. Apakah selama ini kita sudah merawat bumi yang indah ini? Mungkin kita memang berusaha merawatnya, namun tanpa kita sadari pola hidup yang sudah kita jalani selama ini justru membuat bumi kita ini semakin merasa gerah.

Contoh kecil saja. Mungkin kita bermaksud untuk membeli pohon dan menanamnya di rumah. Hal itu bisa membantu mengurangi efek yang ditimbulkan global warming. Tapi bagaimana kalau saat kita membeli pohon kita menggunakan sepeda motor?

Sepeda motor merupakan salah satu unsur yang mendukung global warming. Bayangkan saja, di Negara kita ini, telah begitu banyak pengendara sepeda motor yang tidak memikirkan dampak yang ditimbulkannya. Seharunya para pengemudi kendaraan bermotor juga mengimbanginya dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang mampu membantu menghambat terjadinya global warming.
Efek yang ditimbulkan oleh global warming mulai terasa bagi kita. Tapi efek yang paling dirasakan adalah mulai mencairnya es dikutub. Ya, walau pun aktivitas terbesar yang menimbulkan global warming adalah pada daerah bagian lain, namun bagian dari bumi yang paling merasakan dampaknya adalah kutub utara. Di sana banyak para binatang yang mulai sulit untuk bertahan hidup. Miningkatnya suhu di bagian utara bumi membuat para makhluk yang hidup di sana mengalami kesulitan untuk beradaptasi. Benar-benar memprihatinkan. Dan sekrang ini dampak tersebut mulai dirasakan juga oleh kita semua.

Lalu, apa yang harus kita lakukan? Membiarkannya dan menunggu bumi terendam oleh air yang makin meninggi? Marilah, kita mulai sebuah perubahan. Efek global warming ini mungkin tidak dapat di hilangkan, tapi setidaknya kita bisa mencegahnya agar tidak semakin parah.
Ada beberapa cara sederhana yang mudah dilakukan namun dapat membawa dampak yang sangat baik. Ini dia :

  1. Kurangi penggunaan alat-alat elektronik yang dapat memicu global warming. Kita tidak dilarang untuk menggunakan AC, lemari es atau pun alat elektronik lainnya. Tapi paling tidak kita harus berusaha untuk menggunakannya sebaik mungkin. Jangan nyalakan AC pada ruangan yang terbuka, karena hal ini mampu membuat CFC menyebar dan menambah parah efek global warming yang sudah mulai terasa.
  2. Untuk berpergian jarak dekat, usahakan untuk menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Hal ini juga mampu mengurangi terjadinya global warming.
  3. Kurangi penggunaan kantong plastik. Berdasarkan hasil penelitian, plastik tidak dapat terurai dengan sendirinya di dalam tanah, bahkan dalam jangka seratus tahun sekali pun. Hal ini terkadang membuat seseorang lebih memilih untuk menghancurkan sampah plastik dengan cara dibakar. Asap yang dihasilkan oleh pembakaran ini juga berbahaya bagi lingkungan. Kandungannya dapat merusak ozon dan memperparah global warming.
  4. Mungkin ini adalah satu hal yang kecil dan tidak dapat dirasakan secara langsung efeknya. Tapi menanam pohon mulai sekarang mungkin dapat membantu mengurangi efek global warming di masa mendatang. Janganlah jadi orang yang egois yang hanya mau menikmati sesuatu untuk dirinya sendiri. Pikirkanlah juga nasib para penduduk bumi di masa mendatang.
  5. Masih banyak lagi hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak global warming. Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan, tentu akan menghasilkan hal yang baik pula. Dan percayalah bahwa kita akan mendapatkannya di masa mendatang.

Jadi, apa alasan kita untuk tidak menjaga bumi ini? Bumi ibaratkan sebuah wadah besar yang telah memberikan kita kehidupan. Dan sekarang adalah saatnya kita membalas kebaikan bumi kita yang tercinta ini.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.