Daur Ulang Kertas? Yukk...!

8:25 AM nmhana 0 Comments


Tengoklah ke belakang. Ingatkah di mana kalian menaruh buku-buku bekas saat kalian masih bersekolah? Atau, ingatkah kalian di mana kalian menaruh seluruh koran bekas yang sudah tidak terpakai? Ayo cepat pungut kembali kertas-ketas yang sudah tidak terpakai. Ada banyak hal yang bisa kita ciptakan dari koran dan buku-buku bekas kita.

Ya, apalagi kalau bukan daur ulang? Daur ulang sendiri merupakan suatu usaha untuk meneciptakan benda-benda baru dari benda yang sudah ada. Misalnya saja kaleng, botol air mineral, plastik dan kertas bekas. Dan di sini saya akan membahan tentang mendaur ulang kertas bekas/koran.

Seperti yang kita tahu, kertas itu terbuat dari pohon, dan semakin banyak pohon yang ditebang untuk membuat kertas, semakin besar pula dampak yang ditimbulkan terhadap kerusakan hutan. Ternyata, diam-diam buku yang kita gunakan untuk belajar bisa menyebabkan pemanasan global yang berakibat fatal untuk kehidupan di masa mendatang.

Ada banyak benda yang bisa kita buat dari kertas bekas, salah satunya yaitu gantungan kunci atau hiasan meja. Caranya mudah, berikut ini adalah bahan yang diperlukan serta proses pembuatannya :

ALAT & BAHAN :

  1. Kertas bekas
  2. Blender
  3. Bak/baskom
  4. Kain
  5. Lem kayu
  6. Air
  7. Cetakan
  8. Kuas
  9. Cat Asturo
  10. Kait gantungan kunci
  11. Magnet keping
CARA MEMBUAT :
  1. Sobek kertas ukuran kecil, lalu rendam dalam air selama 3 hari atau lebih.
  2. Setelah 3 hari, kertas disobek-sobek lagi menjadi bagian yang lebih kecil, kemudian diblender bersama air secukupnya sampai halus.
  3. Saring kertas yang sudah diblender tadi dengan kain, ambil ampasnya.
  4. Campurkan lem secukupnya dengan ampas kertas tadi. Lem jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Dengan komposisi yang pas, hasilnya akan lebih bagus dan mudah dibentuk. Aduk kertas bersama lem hingga menjadi kalis dan siap dibentuk.
  5. Bentuk adonan kertas tadi. Bisa menggunakan cetakan jeli atau kue. Bisa juga dibentuk sendiri dengan tangan. Jangan lupa sediakan lubang kecil untuk memasang kait gantungan kunci.
  6. Jemur adonan yang telah dibentuk hingga kering.
  7. Warnai hasil daur ulang yang sudah kering tadi dengan menggunakan cat yang sudah tersedia dengan kuas. Di sini anda bisa memwarnainya sesuka hati. Lalu diamkan sampai cat mengering. Anda bisa menambahkan hiasan mata atau glitters untuk mempercantik.
  8. Terakhir, pasang kait gantungan kunci pada lubang yang sudah disediakan. Dan gantungan pun sudah siap untuk digunakan. Selain menjadikannya gantungan, anda bisa memasang magnet keping dan menjadikannya sebagai hiasan pada lemari es.
Mudah bukan? Ini tidak sulit dan sangat menyenangkan. Selain itu, daur ulang juga mampu mengurangi dampak global warming. Bagaimana caranya? Anda pasti bertanya seperti itu. Mudah saja. Anda jual hasil kerajinan yang sudah anda buat dari kertas bekas tadi, lalu gunakan uangnya anda gunakan untuk membeli pohon dan menanamnya di depan rumah atau di tempat-tempat lain yang sesuai menurut anda. Dengan begitu, daur ulang kertas pun bisa mengurangi dampak global warmning di masa mendatang.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

TIPS MENGHADAPI TEMAN YANG SUPER CEREWET

5:13 PM nmhana 3 Comments


Punya teman cerewet? Wah, dijamin rame banget tuh setiap kumpul-kumpul. Sebelum aku kasih tips menghadapi teman yang cerewet, aku ingetin dulu kalau cerewet sama bawel itu beda. Kalo orang yang cerewet itu cenderung punya hobi cerita/share. Biasanya dia termasuk tipe orang yang terbuka dan nggak canggung. Sedangkan orang yang bawel itu biasanya lebih suka debat n' membantah setiap perkataan lawan bicaranya. Kamu termasuk yang mana???

Nah sekarang saatnya kita bahas tentang menghadapi teman yang super cerewet. Nggak susah kok, cuma butuh sedikit usaha ajah. Ini dia :

  1. Kalo teman kamu itu tipe yang super cerewet, dijamin deh kalo kamu lebih banyak diam. Pasti kamu lebih sering dengerin setiap cerita dia. Ya, emang begitu. Jadi, untuk menghadapi teman yang super cerewet, kamu harus siap-siap untuk menjadi pendengar yang baik. Kalo perlu, kamu sedia music player plus headsetnya. Kalo telinga kamu udah panas buat dengerin ceritanya, langsung pasa aja itu headset, yang penting jangan sampai dia tahu. Bisa marah dia ...
  2. Satu hal yang perlu kamu tahu. Orang yang cerewet itu biasanya nggak gampang marah. Kalau pun marah biasanya cuma marah-marah biasa aja, kaya pas dia bercanda. Jadi kamu juga nggak perlu ragu buat ikutan cerewet. Kalau dia udah kebanyakan dengerin dia, kamu bisa coba buat mengambil alih keadaan, gantian kamu yang cerita.
  3. Ikutan cerewet ajahh... Kalau teman kamu itu bener-bener cerewet, kamu jangan mau ketinggalan, jangan diam aja. Kalau bisa kamu berusaha buat mengimbangi dia. Bayangin aja kalau teman kamu itu ngomooooong terus, tapi kamu cuma mingkem, dijamin kamu tambah keliatan kaya orang gagu. Jadi jangan ragu-ragu buat ikutan cerewet, dengan begitu kalian bisa nyambung kalo cerita. Ya, nyambung sih nyambung, tapi kadang-kadang bisa bikin gempar kalo semuanya jadi cerewet.
  4. Pura-pura ngerti. Terkadang orang yang cerewet itu nggak peduli sama lawan bicaranya, mau dia paham atau nggak sama yang lagi dibicarain. Jadi kalo kamu diajak bicara sama orang yang cerewet, mendingan kamu pura-pura ngerti apa yang dia omongin. Ya walau pun sebenarnya kamu nggak tahu itu orang lagi ngomong apa. Pokoknya di sini kamu harus jadi orang yang sedikit sok tahu.
Nah... gimana? Menghadapi orang yang cerewet itu nggak terlalu repot. Intinya kamu cuma perlu mengimbangi dia. Dengan begitu kamu pun bisa enjoy menikmati waktu-waktu bersamanya.

3 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

TIPS MENGHADAPI ORANG YANG MUDAH TERSINGGUNG

4:38 PM nmhana 2 Comments



Setiap orang memiliki karakter dan sifat masing-masing. Ini adalah salah satu hal yang membuat hidup kita menjadi begitu berwarna, manis, asam, asin, nano nano deh. Kadang juga terasa pahit karena hal-hal yang tidak kita inginkan/harapkan.

Salah satu karakter orang yang sulit dihadapi dan terkadang membuat kita serba salah adalah orang dengan sifat mudah tersinggung. Ya, namanya saja mudah tersinggung, tentu kita haru berhati-hati setiap bertingkah dengan orang bersifat mudah tersinggung.

Dan di bawah ini adalah beberapa cara untuk menyikapi seseorang yang mudah tersinggung :
  1. Kenali dia, pastikan kamu tahu hal-hal yang tidak dia sukai. Dengan begitu kamu bisa berusaha agar tidak melakukan/mengatakan hal-hal yang bisa membuatnya marah/tersinggung.
  2. Hindari untuk berdebat dengannya. Seperti yang kita tahu, saat berdebat kita bisa saja mengatakan hal-hal yang tidak semestinya kita katakan, karena saat berdebat kita akan begitu saja mengatakan apa yang terlintas dalam pikiran kita tanpa memikirkan dampak setelahnya. Dengan menghindari berdebat dengan orang yang mudah tersinggung, maka akan lebih mudah bagi kita untuk tidak memancing emosinya.
  3. Saat orang tersebut merasa tersinggung dengan tingkah/ucapan kita, berusahalah untuk segera meminta maaf, dan setelah itu cobalah untuk bersikap biasa saja. Jangan sampai kamu merasa terlalu bersalah sehingga menghidari dia. Hal itu justru membuat orang tersebut berfikir kalau kamu kesal dengannya.
  4. Jangan memaksanya untuk mengatakan hal yang tidak ingin dia katakan. Terkadang privasi adalah hal yang mudah membuat seseorang merasa tersinggung. Saat dia punya masalah, tanyakan saja apa mungkin kamu bisa membantu. Tapi saat dia enggan untuk mengatakannya, janganlah kamu paksakan.
  5. Bersikaplah sabar untuk menghadapi orang yang memiliki sifat mudah tersinggung. Emosi tidak akan pernah menyelesaikan masalah, hal itu justru akan membuat suasana semakin memanas dan mengancam tali pertemanan di antara kalian.
Itulah hanyalah beberapa dari banyak cara yang ada. Menghadapi orang yang sensitif/mudah tersinggung itu gampang-gampang susah. Kalau kamu sudah merasa mentok untuk menghadapi orang seperti itu, lebih baik kamu cuek saja. Orang yang mudah tersinggung biasanya merasa lebih baik saat seseorang di sekitarnya tidak banyak bicara. Kalau tiba-tiba di kesal sama kamu tanpa alasan yang jelas, tentu kamu harus menanyakan dulu sebab kekesalannya, kalau dia tidak mau menjelaskan ya cuekin saja. Anggap saja kalau antara kamu dan dia tidak ada masalah apa-apa. Dijamin dia pasti langsung lunak ... (hahaha...kaya daging ajahh)

2 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Aku Ingin Menjadi Pendidik, Aku Pasti Bisa ...

3:31 PM nmhana 0 Comments




Tepat tanggal 29 Mei yang lalu, saya secara resmi di wisuda di SMK Negeri 1 Slawi. Kebetulan saya menjadi salah satu siswa yang beruntung mendapatkan kesempatan untuk mengambil beasiswa Bidik Misi jalur undangan yang diperuntukkan kepada siswa kurang mampu dengan nilai akademis memadai. Namun sayang, dalam tahap ini saya belum bisa masuk dikarenakan kesalahan memilih jurusan. Karena saya adalah lulusan dari jurusan Akuntansi, maka mau tidak mau saya harus mengambil jurusan Akuntansi. Tetapi dikarenakan saya mengambil jurusan Bahasa Inggris, akhirnya saya tidak lolos seleksi.

Selang beberapa waktu, saya memutuskan untuk mengikuti program Beasiswa  jalur tertulis. Dengan uang tabungan selama tiga tahun di SMK, saya berusaha untuk menggunakannya sebaik mungkin. Dengan penuh harapan saya berangkat ke Semarang untuk mengikuti tes tersebut.

Entah sudah berapa kali saya mengecewakan orangtua. Mungkin orangtua saya tidak merasa dikecewakan, tapi saya benar-benar ingin membuat mereka senang. Membuat mereka bangga memiliki anak seperti saya. Tapi ternyata untuk kedua kalinya saya tidak di lolos dalam seleksi tersebut.

Sebenarnya masih ada satu jalur lagi untuk mengikuti ujian masuk di universitas-universitas, yaitu melalui jalur mandiri. Saya bingung. Sungguh, saya ingin melanjutkan sekolah. Melanjutkan cita-cita di masa kecil saya, yaitu menjadi seorang guru. Tapi keluarga saya bukanlah keluarga dengan kondisi keuangan yang memadai. Uang yang saya miliki hanya 200 ribu, sedangkan biaya pendaftarannya sendiri 200 ribu. Itu tidak mungkin, benar-benar tidak mungkin. Bagaimana saya berangkat ke Semarang? Saya tidak ingin merepotkan orangtua, karena saya tahu persis bagaimana kondisi keuangan keluarga saya.

Entah ini karena kesalahan siapa, tapi saat saya mencoba mencari-cari informasi beasiswa, semuanya sudah tutup. Pada saat itu, saya urungkan semua keinginan saya untuk melanjutkan sekolah. Mau tidak mau saya harus bekerja terlebih dahulu agar bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Begitu saya cari-cari pekerjaan yang sekiranya bisa membantu saya mengumpulkan uang untuk kuliah, hampir semua persyaratan kerja tersebut harus dari lulusan S1, D3, D1. Lalu bagaimana ini? kalau dilogika, semuanya benar-benar rumit. Saya ingin sekolah tapi tidak punya biaya, jadi saya putuskan untuk bekerja. Tapi saat saya mencari bekerja, syaratnya adalah lulusan S1, D3, D1 dan yang lainnya yang mengharuskan seseorang menyenyam pendidikan lebih tinggi dari pada setingkat SLTA. Ini yang membuat saya bingung.

Saya tidak menyerah. Biar hal ini terasa begitu berat, biarpun sangat kecil kemungkinan saya untuk melanjutkan kuliah demi mencapai cita-cita saya menjadi seorang guru, saya akan tetap berusaha. Dan beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah informasi tentang beasiswa di luar negeri, tepatnya di Malaysia. Terkadang saya merasa pesimis, “Saya dua kali tidak lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa di dalam negeri, apa mungkin saya mendapatkan beasiswa di luar negeri?”

Bagaimana pun juga, saya selalu ingat perkataan Ibu saya, perkataan Ibu saya ketika saya gagal dalam dua tahap seleksi penerimaan mahasiswa di universitas negeri. Ibuku bilang begini, “Kalau mau hidup enak, harus usaha. Kalau mau jadi orang sukses, jangan putus asa.”

Saya pegang kata-kata itu. Hingga detik ini, biar pun saya belum beruntung untuk dapat melanjutkan sekolah, tapi saya selalu yakin suatu saat saya akan bisa memperoleh keberhasilan dengan usaha dan do’a.

Keinginan yang besar terkadang membangkitkan diri kita dari keterpurukan. Begitu juga yang terjadi pada saya. Saat saya merasa lelah dan putus asa, saya akan langsung bangkit begitu melihat peluh dari setiap usaha orangtua saya demi menghidupi keluarga.

Bagi saya, merekalah sosok yang selalu membangunkan saya dari setiap rasa lelah dan putus asa. Mereka yang mengajarkan saya untuk selalu berusaha mengejar mimpi yang terkadang terasa begitu jauh. Mereka begitu tangguh, mereka begitu kuat, dan saya ingin seperti mereka. Dengan begitu, walau pun saya tidak bisa menjadi seorang guru yang mengajar di sekolah, saya masih bisa mengajarkan kepada sesama tentang sebuah usaha demi mencapai keberhasilan. Mengajarkan kepada semuanya bahwa sebuah pelajaran yang berharga itu tidak hanya diperoleh dari keberhasilan, tetapi juga dari kegagalan.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Thanks, D'Action '39

2:45 PM nmhana 0 Comments



Tanggal 26 Juli 2009. Pengenalan OSIS. Hari aku mulai mengenal wajah-wajah baru yang kini telah menjadi keluargaku. Mereka yang telah begitu lama menjadi bagian dari hari-hariku. Mereka yang selalu ada dan selalu bersama-sama menjadi satu kesatuan yang akan tetap ada hingga kapan pun.

Aku, tidak pernah menyangka. Aku begitu kehilangan teman-teman yang telah menjelma menjadi keluargaku. Mereka yang tidak akan pernah aku lupakan. Kenapa aku harus merasa kehilangan saat aku dan mereka telah berada pada jarak pemisah yang jauh? Aku ingin bertemu dengan mereka, teman-temanku.

Sungguh, terkadang aku merasa begitu kecil saat berdiri tanpa mereka. Aku sadar, aku tidak berarti apa-apa tanpa mereka. Aku dan mereka, kami seperti sehelai benang saat berdiri sendirian. Mungkin masih bisa berguna, tapi akan lebih berguna saat bersama-sama. Saat benang tak dapat menyelimuti tubuh yang menggigil, kain tentu bisa. Kita seperti selembar kain yang telah terajut dari banyak benang, dibangun dengan setiap kepercayaan satu sama lain.

Awalnya kita berharap jumlah 40 akan bertahan hingga akhir. Tapi ternyata mempertahankan hal tersebut tidak mudah. Ada kalanya sehelai benang akan terlepas dari rajutannya, itu karena setiap pengait di antara mereka sedikit rapuh. Sejak kepergian satu di antara kita, setidaknya kita semakin berusaha untuk mempertahankan kain tersebut agar tetap utuh dengan 39 benang yang tersisa.

29 Mei 2012. Saat aku berfikir, betapa senangnya aku, bisa bertahan bersama mereka hingga akhir, aku juga merasa begitu sedih. Aku tak sadar bahwa jalan yang selama ini kami lalui bersama telah habis. Kini kita berada di ujung jalan dengan beribu persimpangan. Kini semuanya menentukan jalannya masing-masing. Memilih apa-apa yang terbaik bagi mereka, begitu juga aku.

Aku berharap, suatu saat, beribu persimpangan ini akan menuju pada satu tempat yang sama. Entah itu kapan, tapi berharaplah bahwa nanti kita akan bertemu kembali, merajut kembali benang-benang yang telah terbang dengan jalannya masing-masing. Aku tunggu saat-saat kita bertemu nanti, Sobat ...

Salam,
D'Action '39 - 23rd

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

SHINee Update : -Konser SHINee di Jepang dihadiri 200.000 penggemar

5:30 PM nmhana 0 Comments


Tur konser terakhir SHINee di Jepang dihadiri oleh cukup banyak penggemar.

SM Entertainment mengungkapkan pada 2 Juli terakhir SHINee Konser SHINee World 2012 di Jepang telah menarik sekitar 200.000 pengunjung.

Agensi pada acara itu menambahkan "itu adalah pertama kalinya seorang artis Korea yang menyelenggarakan konser tur di Jepang dan mampu menarik 200.000 penonton.

Prestasi yang gemilang datang hanya dengan kurun waktu setahun setelah SHINee melakukan debut di Jepang dengan singgel utamanya yaitu Replay - Kimi Wa Boku No

Bahkan SHINee harus menambahkan tanggal konser karena permintaan yang tinggi.

SHINee berikutnya akan mengadakan konser kedua independen, SHINee World II di Korea pada tanggal 21 Juli dan 22 di Stadion Senam Olimpiade Seoul Park.

Source : Yahoo.com
Translate : .HC54.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.