Daur Ulang Kertas? Yukk...!

8:25 AM Nur Mumtahana 0 Comments


Tengoklah ke belakang. Ingatkah di mana kalian menaruh buku-buku bekas saat kalian masih bersekolah? Atau, ingatkah kalian di mana kalian menaruh seluruh koran bekas yang sudah tidak terpakai? Ayo cepat pungut kembali kertas-ketas yang sudah tidak terpakai. Ada banyak hal yang bisa kita ciptakan dari koran dan buku-buku bekas kita.

Ya, apalagi kalau bukan daur ulang? Daur ulang sendiri merupakan suatu usaha untuk meneciptakan benda-benda baru dari benda yang sudah ada. Misalnya saja kaleng, botol air mineral, plastik dan kertas bekas. Dan di sini saya akan membahan tentang mendaur ulang kertas bekas/koran.

Seperti yang kita tahu, kertas itu terbuat dari pohon, dan semakin banyak pohon yang ditebang untuk membuat kertas, semakin besar pula dampak yang ditimbulkan terhadap kerusakan hutan. Ternyata, diam-diam buku yang kita gunakan untuk belajar bisa menyebabkan pemanasan global yang berakibat fatal untuk kehidupan di masa mendatang.

Ada banyak benda yang bisa kita buat dari kertas bekas, salah satunya yaitu gantungan kunci atau hiasan meja. Caranya mudah, berikut ini adalah bahan yang diperlukan serta proses pembuatannya :

ALAT & BAHAN :

  1. Kertas bekas
  2. Blender
  3. Bak/baskom
  4. Kain
  5. Lem kayu
  6. Air
  7. Cetakan
  8. Kuas
  9. Cat Asturo
  10. Kait gantungan kunci
  11. Magnet keping
CARA MEMBUAT :
  1. Sobek kertas ukuran kecil, lalu rendam dalam air selama 3 hari atau lebih.
  2. Setelah 3 hari, kertas disobek-sobek lagi menjadi bagian yang lebih kecil, kemudian diblender bersama air secukupnya sampai halus.
  3. Saring kertas yang sudah diblender tadi dengan kain, ambil ampasnya.
  4. Campurkan lem secukupnya dengan ampas kertas tadi. Lem jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Dengan komposisi yang pas, hasilnya akan lebih bagus dan mudah dibentuk. Aduk kertas bersama lem hingga menjadi kalis dan siap dibentuk.
  5. Bentuk adonan kertas tadi. Bisa menggunakan cetakan jeli atau kue. Bisa juga dibentuk sendiri dengan tangan. Jangan lupa sediakan lubang kecil untuk memasang kait gantungan kunci.
  6. Jemur adonan yang telah dibentuk hingga kering.
  7. Warnai hasil daur ulang yang sudah kering tadi dengan menggunakan cat yang sudah tersedia dengan kuas. Di sini anda bisa memwarnainya sesuka hati. Lalu diamkan sampai cat mengering. Anda bisa menambahkan hiasan mata atau glitters untuk mempercantik.
  8. Terakhir, pasang kait gantungan kunci pada lubang yang sudah disediakan. Dan gantungan pun sudah siap untuk digunakan. Selain menjadikannya gantungan, anda bisa memasang magnet keping dan menjadikannya sebagai hiasan pada lemari es.
Mudah bukan? Ini tidak sulit dan sangat menyenangkan. Selain itu, daur ulang juga mampu mengurangi dampak global warming. Bagaimana caranya? Anda pasti bertanya seperti itu. Mudah saja. Anda jual hasil kerajinan yang sudah anda buat dari kertas bekas tadi, lalu gunakan uangnya anda gunakan untuk membeli pohon dan menanamnya di depan rumah atau di tempat-tempat lain yang sesuai menurut anda. Dengan begitu, daur ulang kertas pun bisa mengurangi dampak global warmning di masa mendatang.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.