Cara Mencintai Tanah Air

8:27 AM Nur Mumtahana 0 Comments


Kalau biasanya seseorang mengungkapkan kecintaannya dengan cara mencium, apakah kamu juga akan melakukan hal serupa untuk membuktikan rasa cinta kamu dengan Tanah Air? Apa kamu akan mencium tanah Indonesia yang kamu pijak setiap hari? Apa kamu akan mencium air yang telah menghidupimu selama ini? Itu terdengar sedikit kurang nyaman. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuktikan rasa cinta kita pada Tanah Air.

  1. Menolonglah sesama. Hal itu akan membawa kebaikan bagi diri kita, dan akan membawa kebaikan bagi Indonesia. Semakin kita menumbuhkan sikap kegotongroyongan dan tolong menolong, hal itu pula akan semakin mempererat persatuan para masyarakat. Mulailah dari sekarang, karena itu akan membawa perubahan yang lebih baik ke depannya.
  2. Belajarlah untuk mendengarkan. Setiap apa yang kita dengar, mampu menjadi sebuah pelajaran. Semakin banyak yang kita pelajari, semakin banyak hal yang dapat kita perbuat untuk menjadikan Indonesia ini lebih baik. Bermodalkan kekuatan fisik saja tidak berlaku lagi di jaman modern seperti ini. Besamaan dengan perkembangan jaman, tentu kita juga harus ikut berkembang. Semakin banyak pengetahuan kita dalam bidang teknologi dan bahasa, semakin besar potensi kita untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.
  3. Kembangkan potensi dan bakat. Membuktikan rasa cintai Tanah Air tidak harus dengan berperang. Dengan segala potensi yang ada di dalam diri kita, kita mampu mengembangkannya, membawa bakat kita hinggak ke kanca Internasional, menunjukkan pada dunia betapa hebatnya Indonesia. Dengan begitu, bersamaan dengan meningkatkan potensi diri, kita juga bisa mengharumkan nama Bangsa Indonesia.
  4. Lakukan sedikit aksi kecil bermanfaat. Contohnya membuang sampah pada tempatnya. Seperti yang kita tahu, masalah sampah di Indonesia telah menjadi salah satu pembicaraan publik yang begitu marak. Pasalnya, sampah di Indonesia itu sendiri telah mengganggu begitu banyak lapisan masyarakat. Pada dasarnya fenomena sampah di Indonesia terjadi karena ulah masyarakat itu sendiri. Itulah sebabnya, mari kita rubah kebiasaan yang kurang baik tersebut. Apa susahnya membawa sebuah botol minuman dan mencari tempat sampah? Seberapa sibuknya kita hingga tak punya waktu untuk membuang sampah pada tempatnya? Semua itu sebenarnya bisa kita lakukan, dengan rasa kesadaran, niat dan usaha.
Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai tanda bukti cinta pada Tanah Air. Semua itu tidak harus dijabarkan masing-masing. Kita perlu sedikit memelankan langkah kaki kita, menengok ke sekeliling, melihat dengan detail setiap hal yang ada di hadapan kita. Saat kita melihat sesuatu yang perlu dibenahi, maka lakukanlah perubahan mulai dari sekarang. Tak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESI KE-67...
JAYA INDONESIAKU!!!

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.