Hidup Mandiri dengan Caramu

8:08 AM Nur Mumtahana 0 Comments



Tentu setiap orang tidak ingin menggantungkan hidup pada keluarga selamanya. Suatu saat, akan tiba masa-masa dimana kita harus bisa memenuhi segala sesuatu yang kita butuhkan sendiri. Mungkin hal tersebut tidak bisa kita lakukan secara langsung, karena bagaimanapun juga semuanya membutuhkan proses. Proses yang cukup panjang bisa dibilang.

Semuanya berawal dari masa-masa remaja kita. Di saat kita masih menyenyam bangku sekolah, sudah pasti sebagian besar dari kita masih menggantungkan hidup pada orangtua atau keluarga. Siapa yang akan membiayai kita makan? Siapa yang akan membiayai sekolah kita? Siapa yang akan memenuhi semua kebutuhan harian kita? Tentu saja keluarga. Karena pada masa-masa seperti itu kita memang belum bisa melakukan semuanya sendiri. Tidak masalah menggantungkan hidup pada orangtua atau keluarga, tapi yang terpenting adalah jangan selalu mengandalkan semuanya pada orang lain.

Akan lebih bagus saat kita mau mencoba untuk memenuhi segala sesuatu yang kita inginkan. Sekedar untuk memenuhi hal-hal yang bersifat menghibur saja. Saat kita ingin memiliki mainan baru, setidaknya kita mencoba untuk tidak meminta uang pada orangtua, lakukanlah sesuatu yang mungkin bisa menambah uang jajanmu. Di sini tidak diajarkan untuk menghalalkan segala cara. Bagaimanapun juga apa yang kita lakukan untuk menambah uang jajan adalah dengan melakukan sesuatu yang baik.

Dimulai dari hal kecil. Cobalah untuk bekerja paruh waktu. Mungkin bagi seorang pelajar, kerja paruh waktu akan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan dirinya, sekaligus untuk meringankan beban orangtua. 

Satu tips untuk memilih kerja paruh waktu untuk kita adalah dengan memilik pekerjaan yang kita sukai dan tidak terlalu berat. Jangan sampai kerja paruh waktu menyita waktu belajar kita. Mungkin saat pulang sekolah kita bisa melakukan kerja paruh waktu sampai sore, kemudian istirahat dan gunakan malam hari untuk belajar. Dengan kedisiplinan dan jadwal yang tertata, kita bisa melakukan semuanya dengan baik. Selain itu kita tidak akan membuang-buang waktu begitu saja.

Jika di usia yang muda kita sudah mulai belajar hidup mandiri, maka saat kita menjadi orang dewasa dengan sendirinya akan menjadi pribadi yang baik. Tidak menggantungkan sesuatu pada orang lain dan selalu berusaha untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Jomblo? No Problem

9:57 PM Nur Mumtahana 0 Comments





Hari gini malu dibilang jomblo? Takut dikira nggak laku? Aduh, justru hal kaya gitu yang lucu banget. Para jomblo, berbangga hatilah. Karena sebenarnya ada banyak hal yang menjadi keuntungan buat para jomblo di dunia. Ayo kita bahas bareng-bareng.

1.      Yang pertama tentu aja, BEBAS. Kebanyakan orang pacaran itu kaya orang yang punya kontrak dan harus mematuhi peraturan di dalamnya. Ini dia salah salah hal yang bikin kita asik walaupun ngejomblo. Kita nggak perlu takut buat ngelakuin hal yang kita inginin. Pengin punya teman lawan jenis, it’s ok. Nggak perlu takut ada yang cemburu, kan kita jomblo. Selain itu, kita mau pergi kemana-mana juga nggak ada yang ngelarang-ngelarang. Bete banget kalo setiap kali kita mau pergi ditanya macem-macem. Kesannya si dia kepo banget.
2.      HEMAT. That’s right! Saat kamu jomblo, memungkinkan buat kamu lebih irit dua kali lipat. Bukan karena pelit, tapi karena kamu emang nggak perlu buang-buang duit sekedar buat beliin si doi sesuatu. Kalaupun kamu beli sesuatu, semuanya buat kamu, buat memenuhi keinginan kamu, dan kamu sendiri yang menikmati. Nggak perlu lagi bohong sama orang tua. Bilangnya minta uang buat beli buku, padahal buat beli pulsa biar bisa SMSan sama doi. Capeeee deeehhh....
3.      FOKUS. Kalau ngejomblo kita bisa lebih fokus sama hal-hal penting lainnya. Contoh kecil aja, waktu ulangan kita bisa ngerjain dengan tenang tanpa mikirin kangen pengin ketemu sama si dia. Kita juga bakalan lebih rajin belajar, soalnya nggak ada orang yang bisa diajak SMS atau telpon-telponan. Pokoknya dengan waktu senggang yang ada tanpa pacar, kita bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk hal-hal yang bermanfaat.
4.      DISAYANG ORTU. Apa hubungannya? Tentu aja ada hubungannya. Kadang saat kita punya pacar, otomatis kita lebih sering ngehabisin waktu bareng si doi. Tapi kalau kita jomblo, secara nggak langsung kita lebih sering stay di rumah. kalau nggak ada kegiatan sepulang sekolah, udah pasti langsung pulang ke rumah. kumpul bareng ortu, curhat-curhatan, dan hal itu pasti bikin ortu makin perhatian sama kita. Kadang pacaran bikin kita menomorduakan keluarga loh. Nggak semua orang kaya gitu, sih. Cuma sebagian emang kaya gitu.

Sebenarnya masih ada banyak lagi yang bisa kita bahas. Tapi untuk kali ini cukup dulu. Biar jadi renungan buat para jomblo. Jangan minder, karena sebenarnya jomblo itu menyenangkan. I’m single but happy.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Remaja 'Cenderung Labil'

9:18 PM Nur Mumtahana 0 Comments





Seperti judul yang tertulis di atas, sekarang kita akan membahas beberapa hal seputar remaja. Dan salah satu poin utama yang akan kita ulas adalah tentang remaja yang cenderung labil.

Memang tidak bisa dipungkiri, saat kita mendengar kata ‘ababil’ atau kepanjangan dari ‘ABG labil’, ya memang begitu. Kebanyakan remaja mengalami kesulitan untuk mengendalikan emosinya. Terkadang mereka sangat senang, tiba-tiba menjadi murung. Hal sekecil apa pun berkemungkinan untuk mempengaruhi mood mereka. Saat hal kecil mampu membuat mereka nyaman, maka mereka akan senang. Tapi sekali ada sesuatu yang kurang mereka sukai, emosi yang tak labil akan mudah marah.

Sedikit ulasan tentang garis besarnya. Sekarang kita bahas mengenai beberapa hal yang biasanya membuat remaja mudah marah. Yang pertama adalah saat ada hal yang menghambat gerakan mereka. Bahkan aturan sekolah pun bisa membuat remaja merasa bosan. Saat mereka harus mengikuti semua tata tertib, saat harus mengerjakan tugas dan saat harus melakukan kegiatan bersih-bersih sekolah. Beberapa dari mereka sering merasa terbebani dengan kewajiban-kewajiban yang harus mereka lakukan karena mereka sendiri belum bisa mencerna dengan baik apa tujuan dari semua hal itu.

Saat orang dewasa berusaha menasehati mereka, kadang mereka mencernanya sebagai larangan atau omelan. Di sinilah saatnya bagi orang dewasa untuk menempatkan diri sebaik mungkin. Satu hal yang perlu mereka ketahui, remaja kurang senang saat mendengar seseorang menasihati mereka panjang lebar, apalagi dengan kalimat-kalimat orang dewasa yang cenderung menyalahkan. Orang dewasa harus mengerti suasana hati mereka. Nasihati mereka dengan cara yang halus dan menyenangkan. Mungkin bisa sambil ngobrol, dan usahakan agar suasana tidak terlalu menegangkan. Dengan atmosfer yang menyenangkan, para remaja memungkinkan dirinya untuk menerima semua nasihat dari orang dewasa. Pada dasarnya, di sini orang dewasa harus bisa menjadi orang yang menyenangkan.

Beberapa remaja cenderung suka menyendiri saat memiliki masalah. Walau pun mereka nampak baik-baik saja saat harus menghadapi masalah mereka, seharusnya sebagai orangtua atau kerabat terdekat mereka, jangan membiarkan mereka memendamnya sendiri. saat remaja sangat suka menyendiri, sebenarnya saat itulah mereka berfikir bahwa tidak ada lagi orang yang bisa membantu mereka. Berilah sedikit perhatian. Setidaknya cobalah untuk mengerti apa yang sedang dihadapi mereka. Saat mereka sudah mulai mau menceritakan masalah mereka, cobalah untuk membantunya. Karena sebenarnya remaja membutuhkan perhatian lebih daripada seorang anak-anak.

Remaja sangat mudah mengambil kesimpulan terhadap suatu hal. Saat mereka melihat sesuatu yang bisa membuat mereka senang, maka mereka akan menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang baik baginya. Tapi begitu seorang remaja menganggap sesuatu sebagai hal yang menghambat mereka, maka mereka akan menjadikan hal tersebut sebagai musuhnya.

Dan inilah yang terakhir. Pesan untuk para remaja. Hendaknya kita semua, termasuk saya, bisa menjadikan apapun yang ada di hadapan kita sebagai pelajaran. Saat kita melihat sesuatu yang bisa merugikan orang lain dan diri kita sendiri, cobalah untuk menghindarinya. Saat ada sesuatu yang bisa menjadikan kita sebagai pribadi yang baik, cobalah untuk melakukannya. Karena pada dasarnya apa yang akan melekat di dalam diri kita adalah timbal balik dari apa yang kita lakukan. Sedini mungkin kita harus mengontrol emosi, karena setiap kebiasaan yang kita lakukan di masa remaja akan berkemungkinan besar terbawa hingga kita dewasa.


0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

The Gift of A Friend Chords - Demi Lovato

8:54 AM Nur Mumtahana 0 Comments


Intro:Am.F,C,G x2

VERSE 1

Am             F               C            G
Sometimes You think You'll Be Fine by Yourself
         Am         F       C           G
Cause a Dream is a Wish You Make all alone
   Am        F             C         G
Its Easy to Feel Like You Dont Need Help
          Am       F            C  G
But Its Harder To Walk On Your Own
         F        G
You'll Change Inside
      Am      G
When You Realize

CHORUS
                     C/F
The World Comes To Life
                 C G
and Everythings right
       Am          F
From Beginning To End
      C           G
When You Have a Friend
         C/F                    C  G
By Your Side That Helps You To Find
     Am        F
The Beauty Of All
             C/F          G
When You'll Open Your Heart and
   F       G
Believe in
               Am,F,C,G
The Gift of a Friend
               Am,F,C,G
The Gift of a Friend

VERSE 2

Am           F               C            G
Someone Who knows When Your Lost and Your Scared
Am                 F             C  G
There through The Highs and The Lows
Am               F         C           G
Someone You Can Count On, Someone Who Cares
   Am            F         G
Besides You Where Ever You Go
         F        G
You'll Change Inside
      F       G
When You Realize

CHORUS
                     C/F
The World Comes To Life
                 C G
and Everythings right
       Am          F
From Beginning To End
      C/F           G
When You Have a Friend
         C/F                   C   G
By Your Side That Helps You To Find
     Am        F
The Beauty Of All
             C/F          G
When You'll Open Your Heart and
   F       G
Believe in
                Am,F,C,G
The Gift of a Friend

bRIDGE
     Am            
And When The Hope Crashes Down
C/F         
Shattering To The Ground
C                          G
You'll, You'll Feel All Alone
          Am           
When You Dont Know Which Way To Go
       C/F              C        G
And There's No SIGNS Leading You On
G
You're Not Alone

CHORUS:
                     C/F
The World Comes To Life
                  G
and Everythings right
       Am          F
From Beginning To End
      C/F           G
When You Have a Friend
         C/F                      G
By Your Side That Helps You To Find
     Am        F
The Beauty Of All
             C/F          G
When You'll Open Your Heart and
    F     G
Believe in
              F     G
When you Believe in
              Am     G
When you Believe in
                 Am,F,C,G
The gift of a friend
Am,F,C,G
ooooooohh

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Goodbye My Lover lyrics

8:51 AM Nur Mumtahana 0 Comments



Did I disappoint you or let you down?
Should I be feeling guilty or let the judges frown?
'Cause I saw the end before we'd begun,
Yes I saw you were blinded and I knew I had won.
So I took what's mine by eternal right.
Took your soul out into the night.
It may be over but it won't stop there,
I am here for you if you'd only care.a
You touched my heart you touched my soul.
You changed my life and all my goals.
And love is blind and that I knew when,
My heart was blinded by you.
I've kissed your lips and held your hand.
Shared your dreams and shared your bed.
I know you well, I know your smell.
I've been addicted to you.

Chorus (2x)
Goodbye my lover.
Goodbye my friend.
You have been the one.
You have been the one for me.

I am a dreamer and when I wake,
You can't break my spirit - it's my dreams you take.
And as you move on, remember me,
Remember us and all we used to be
I've seen you cry, I've seen you smile.
I've watched you sleeping for a while.
I'd be the father of your child.
I'd spend a lifetime with you.
I know your fears and you know mine.
We've had our doubts but now we're fine,
And I love you, I swear that's true.
I cannot live without you.

Chorus (2x)
Goodbye my lover.
Goodbye my friend.
You have been the one.
You have been the one for me.

And I still hold your hand in my mine.
In my mine when I'm asleep.
And I will bear my soul in time,
When I'm kneeling at your feet.

Chorus (2x)
Goodbye my lover.
Goodbye my friend.
You have been the one.
You have been the one for me.

Outro (2x)
I'm so hollow, baby, I'm so hollow.
I'm so, I'm so, I'm so hollow.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.