Hidup Mandiri dengan Caramu

8:08 AM Nur Mumtahana 0 Comments



Tentu setiap orang tidak ingin menggantungkan hidup pada keluarga selamanya. Suatu saat, akan tiba masa-masa dimana kita harus bisa memenuhi segala sesuatu yang kita butuhkan sendiri. Mungkin hal tersebut tidak bisa kita lakukan secara langsung, karena bagaimanapun juga semuanya membutuhkan proses. Proses yang cukup panjang bisa dibilang.

Semuanya berawal dari masa-masa remaja kita. Di saat kita masih menyenyam bangku sekolah, sudah pasti sebagian besar dari kita masih menggantungkan hidup pada orangtua atau keluarga. Siapa yang akan membiayai kita makan? Siapa yang akan membiayai sekolah kita? Siapa yang akan memenuhi semua kebutuhan harian kita? Tentu saja keluarga. Karena pada masa-masa seperti itu kita memang belum bisa melakukan semuanya sendiri. Tidak masalah menggantungkan hidup pada orangtua atau keluarga, tapi yang terpenting adalah jangan selalu mengandalkan semuanya pada orang lain.

Akan lebih bagus saat kita mau mencoba untuk memenuhi segala sesuatu yang kita inginkan. Sekedar untuk memenuhi hal-hal yang bersifat menghibur saja. Saat kita ingin memiliki mainan baru, setidaknya kita mencoba untuk tidak meminta uang pada orangtua, lakukanlah sesuatu yang mungkin bisa menambah uang jajanmu. Di sini tidak diajarkan untuk menghalalkan segala cara. Bagaimanapun juga apa yang kita lakukan untuk menambah uang jajan adalah dengan melakukan sesuatu yang baik.

Dimulai dari hal kecil. Cobalah untuk bekerja paruh waktu. Mungkin bagi seorang pelajar, kerja paruh waktu akan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan dirinya, sekaligus untuk meringankan beban orangtua. 

Satu tips untuk memilih kerja paruh waktu untuk kita adalah dengan memilik pekerjaan yang kita sukai dan tidak terlalu berat. Jangan sampai kerja paruh waktu menyita waktu belajar kita. Mungkin saat pulang sekolah kita bisa melakukan kerja paruh waktu sampai sore, kemudian istirahat dan gunakan malam hari untuk belajar. Dengan kedisiplinan dan jadwal yang tertata, kita bisa melakukan semuanya dengan baik. Selain itu kita tidak akan membuang-buang waktu begitu saja.

Jika di usia yang muda kita sudah mulai belajar hidup mandiri, maka saat kita menjadi orang dewasa dengan sendirinya akan menjadi pribadi yang baik. Tidak menggantungkan sesuatu pada orang lain dan selalu berusaha untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.