Menghilangkan Rasa Bosan

8:10 AM Nur Mumtahana 0 Comments

Menghilangkan rasa bosan terkadang menjadi kendala yang tidak mudah diatasi. Seperti yang kita ketahui, rasa bosan bisa datang kapan saja di mana saja. Setiap ada waktu kosong, biasanya rasa bosan sangat rawan menyerang diri kita. Sebelum kita bicara panjang lebar tentang beberapa cara menghilangkan rasa bosan, sekarang kita harus mengetahui apa-apa saja yang membuat rasa bosan datang menyerbu.

  1. Menunggu. Dari jaman prasejarah dulu, mungkin kata-kata 'menunggu' dan 'bosan' sudah menjadi pasangan abadi yang tidak bisa terpisahkan. Tentu saja. Bagaimanapun juga menunggu bisa membuat seseorang merasa jenuh. Menunggu seseorang yang tak kunjung datang. Sendirian. Hanya bisa memandangi jalanan. Tapi sesuatu yang ditunggu tidak datang juga. Puncak kebosanan akan terjadi saat kita sudah menunggu hinggal berjam-jam. Dan hal tersebut bisa membuat rasa bosan berubah menjadi rasa kesal atau marah. Perhatian untuk semua orang yang punya janji, mulai sekarang belajarlah untuk bisa menjadi pribadi yang disiplin dan tepat waktu, jadi tidak akan menimbulkan rasa bosan bagi orang di luar sana yang sedang menunggu. ^_^
  2. Melakukan hal yang sama dalam jangka waktu lama. Sebagai contoh kecil, seperti misalnya mengerjakan PR yang numpuk segudang. Duduk di tempat belajar seharian. Memegang bolpoin yang lama-lama membuat bentuk jari kita menjadi aneh. Membungkukkan kepala dan berusaha berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas-tugas dari guru super killer. Bener-bebar kenangan yang kurang menyenangkan selama sekolah. Bahkan saat kita sudah merasa begitu bosan untuk mengerjakan PR yang tidak selesai-selesai, kita akan lebih memilih untuk dihukum. Berharap saja kalau tugas pengganti setelah dihukum tidak akan seberat PR yang sebelumnya.
  3. Tidak ada aktivitas. Bayangkan saja kalau kita duduk seharian. Tidak ada pekerjaan, tidak ada PR, tidak ada hari sekolah. Hanya bisa tiduran bermalas-malasan di rumah sambil nonton TV. Itu mending, tapi apa yang akan terjadi saat ada libur panjang, tapi tidak ada kegiatan jalan-jalan, di rumah mati lampu, pulsa HP habis, dompet kosong, semuanya pasti terasa sangat hampa. Itu adalah lebih memobsankan daripada harus menjalani hari-hari di sekolah yang cenderung menguras tenaga dan pikiran. 
Masih banyak lagi hal-hal yang bisa membuat kita bosan. Ditinggalin pacar, ngejomblo terlalu lama, dan apapun itu pasti bisa menimbulkan rasa bosan pada kita. Tinggal pintar-pintarnya kita memanfaatkan waktu yang ada. Berikut tips-tips menghilangkan rasa bosan.

  1. Jika kita sudah tahu bahwa menunggu adalah hal yang membosankan, cobalah untuk mencari alternatif lain yang bisa membuatmu menikmati masa-masa menunggu yang tak kunjung berakhir. Paling tidak siapkan musik yang bisa kita nikmati. Di jaman modern ini sangat mudah bagi kita untuk menikmati musik di manapun kita berada. Di jalan, di tempat umum, bahkan di dalam kamar mandi. Tinggal colokkan headset (agar tidak mengganggu orang lain), play musiknya. Tanpa kita sadari, masa-masa menunggu pasti segera berakhir dengan menyenangkan.
  2. Selingi kegiatan yang sedang kita lakukan dengan kegiatan yang lain. Kalau mengerjakan hal yang sama dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan rasa bosan, cobalah untuk menyelinginya dengan hal-hal lain yang bisa sedikit meredakan rasa bosan tersebut. Kalau kita sedang mengerjakan PR yang tidak habis-habis saat dikerjakan, cobalah lakukan selingan-selingan lain. Sekedar sebagai sarana hiburan, nyalakan radio. Paling tidak hal itu membuat kita tidak terllau jenuh, dan konsentrasi kita tidak terlalu terforsir untuk terus berfokus pada PR di hadapan kita.
  3. Lalu, apa yang bisa kita lakukan saat libur panjang, mati lampu, tidak punya pulsa, dompet kosong dan tidak ada teman bermain? Mudah saja. Baca saja buku yang ada di rak bukumu. Membaca sesuatu yang menarik juga bisa menghilangkan rasa bosan, apalagi buat kalian yang punya hobi membaca. Untuk yang belum punya hobi membaca, cobalah untuk meenumbuhkannya sekarang, karena membaca benar-benar sangat membantu. Selain menghilangkan rasa bosan, juga bisa menambah pengetahuan. Yang kita baca juga tidak harus buku ilmu pengetahuan, membaca novel atau komik juga bisa menambah pengetahuan loh. Apalagi jaman sekarang, saat kita masuk forum yang membahas tentang novel-novel, kita tidak akan ketinggalan tren karena kita juga sering membaca. Begitu juga dengan komik.
Ada banyak cara untuk menghindari rasa bosan. Pintar-pintarnya kita saja untuk mengatur, toh kita juga yang tahu, mana mana hal yang bisa membuat kita bosan, mana mana hal yang bisa membuat kita merasa menikmatinya. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mengenali dirimu sendiri. Dengan mengenal dirimu sendiri, kamu pun bisa memberikan apa yang memang dibutuhkan.

Sekian dulu post kali ini. Tunggu info update lainnya ...  :D

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Psikotes Seru. Perasaanmu Tertebak

7:00 AM Nur Mumtahana 0 Comments

Ini dia satu tes yang saya dapatkan dari sebuah Page di Facebook. Berdasarkan Page tersebut, tes psikotes ini didapat dari salah satu website di internet. Saya sudah mencobanya, dan hal itu sedikit membuat saya terkejut. Jawabannya tepat! Sekarang giliran kalian untuk mencobanya. Ikuti instruksi di bawah ini.


  1. Pertama-tama tulis angka 1 sampai 11 di kertas kamu secara vertikal (atas ke bawah)
  2. Tulis angka yang paling kamu suka (antara 1-11) di sebelah angka No.1 dan No.2 (yang tadi kamu buat).
  3. Tulis 2 nama orang (lawan jenis) yang kamu kenal, masing-masing di No.3 dan No.7
  4. Tulis 3 nama orang yang kamu kenal dekat di No.4, 5, dan 6. Disini kamu boleh menulis nama orang di keluarga, teman, kenalan. Siapapun Ok. Cuma harus yang kamu kenal.
  5. Di No.8, 9, 10, 11 kamu tulis nama judul lagu yang paling kamu sukai saat ini yang berbeda-beda. (kalau bisa harus lagu yang artinya kalian ngerti).
Setelah mengikuti instruksi di atas, sekarang coba lihat jawabanmu dan cocokkan denga pernyataan-pernyataan di bawah ini. 99% jawaban akan benar, tapi 1% menjadi salah satu sisi yang memungkinkan bahwa segala sesuatu bisa terjadi. Berikut jawabannya,

  1. kamu harus memberitahu ke orang yang kamu tulis di No.7 tentang psikotest ini.
  2. Orang yang kamu tulis di No.3 adalah orang yang kamu cintai, tapi bertepuk sebelah tangan.
  3. Orang yang kamu tulis di No.7 adalah orang yang d
    ulu kamu suka.
     
  4. Orang yang kamu tulis di No.4 adalah orang yang kamu rasa paling penting bagi kamu.
  5. Orang yang kamu tulis di No.5 adalah orang yang paling mengerti kamu.
  6. Orang yang kamu tulis di No.6 adalah orang yang membawa keberuntungan pada kamu.
  7. Lagu yang kamu tulis di No.8 adalah lagu yang ditujukan untuk orang No.3
  8. Lagu yang kamu tulis di No.9 adalah lagu yang ditujukan untuk orang No.7
  9. Lagu yang kamu tulis di No.10 adalah lagu yang menuliskan apa yang ada di ati kamu.
  10. Terakhir, Lagu yang kamu tulis di No.11 adalah lagu yang menuliskan hidup kamu.
Bagaimana hasilnya? Mengejutkan bukan? Tenyata selalu menyenangkan melakukan hal-hal seperti ini.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Kenapa Punya Banyak Akun di Jejaring Sosial?

7:36 AM Nur Mumtahana 1 Comments

Facebook dan twitter. Itu adalah dua jejaring sosial yang sedang In saat ini. Kemudahan cara menggunakan dan fasilitas-fasilitas yang disediakan juga mampu menarik perhatian setiap orang. Bahkan tak sedikit orang yang sudah mengenal facebook dan twitter berprinsip 'tidak bisa hidup tanpa facebook (atau twitter).' Tidak mengerti itu adalah hal yang baik atau buruk. Yang jelas jejaring sosial memiliki dua sisi jika dilihat dari kacamata sehari-hari.

Kemudahan mengakses jejaring sosial tersebut membuat hampir semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan orangtua tak segan untuk membuat akun dan bergabung dengan jejaring sosial yang memang bisa mempermudah jalinan komunikasi mereka.

Tak sedikit pula orang yang memanfaatkan fasilitas jejaring sosial untuk membantu apa-apa yang ingin mereka capai. Bahkan mereka rela membuat banyak akun di jejaring sosial. Mungkin sekedar untuk bersenang-senang, tapi ada juga beberapa alasan kenapa seseorang membuat begitu banyak aku di jejaring sosial yang sebenarnya justru menimbulkan penumpukkan akun, padahal akun yang mereka buat belum tentu aku mereka yang sesungguhnya.

Lalu apa alasan yang membuat seseorang membuat begitu banyak aku di jejaring sosial?

Yang pertama, mungkin karena mereka selalu kehilangan password dari akun mereka. Sebenarnya memungkinkan bagi kita untuk kembali mengakses akun yang passwordnya sudah hilang melalui prosedur dan pertolongan yang diberikan oleh server, hanya saja tak semua orang mau repot-repot melakukan ini itu demi sebuah password yang lepas dari ingatan mereka. Itulah alasan paling utama kenapa seseorang memilih untuk membuat akun lagi.

Yang kedua, Hacker bisa menjadi alasan kenapa seseorang memilih untuk membuat aku baru di jejaring sosial. Saat ini memang banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengakses akun milik orang lain. Prosedurnya sedikit rumit, namun beberapa orang yang sudah ahli akan dengan mudah menjebol password akun orang lain. Entah apa tujuan seorang hacker, tapi dari namanya saja hal itu sudah menjurus ke arah negatif. Tidak semua hacker memiliki misi yang negatif, karena ada juga beberapa hacker yang berusaha untuk membuat akun seseorang menjadi sesuatu yang lebih baik. Tapi beberapa korban hacker yang sudah tidak bisa memperbaiki akunnya akan memilih untuk menonaktifkan akun tersebut dan membuat akun yang lain.

Yang ketiga, kapasitas pertemanan penuh. Khususnya pada facebook. Jumlah teman dalam jejaring sosial kadang memiliki kapasitas masing-masing. Kalau tidak salah, kapasitas pertemanan di FB sekitar 7000 orang, jadi saat ada yang ingin menambahkan teman, akan muncul peringatan bahwa akun tersebut sudah memiliki teman melebihi kapasitas, mau tidak mau seseorang harus repot-repot membuat akun baru demi menampung semua teman baru mereka.

Yang terakhir, ini adalah alasan yang mungkin paling populer di kalangan remaja. Untuk menjadi mata-mata. Memalsukan identitas, memasang foto orang lain dan mulai menjalankan misi. Mengejar cinta terkadang membuat seseorang akan melakukan segala cara untuk bisa mengikuti gerak gerik si dia. Tentu saja, demi menjaga gengsi, mereka akan memilih menjadi orang lain demi mencapai apa yang mereka inginkan.

Itu baru beberapa alasan yang membuat seseorang ingin membuat akun baru di jejaring sosial. Karena pada dasarnya alasan kenapa seseorang membuat aku baru di jejaring sosial adalah karena mereka butuh. Entah karena terpaksa atau memang dengan senang hati.  :D

1 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Berekspresi dengan Menulis

11:00 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Sebelum membicarakan hal yang satu ini panjang lebar, saya ingin bertanya, sudah tahukah kalian tentang arti dari 'berekspresi'? Saat ini saya akan menjelaskannya. Apa yang saya sampaikan bukanlah petikan kalimat yang diambil dari sumber yang sudah tersedia. Di sini saya akan mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran saya tentang arti dari 'berkespresi', karena di sini saya ingin mengekspresikan pemikiran yang sedari tadi melayang-layang di dalam pikiran.

Berekpresi, menurut saya itu adalah suatu bentuk ungkapan dari apa yang sedang kita rasakan. Ada begitu banyak cara orang mengungkapkan perasaannya. Bahkan ketika ada 100 orang yang sama-sama sedang merasakan senang, belum tentu mereka akan mengungkapkannya dengan hal yang sama. Mungkin ada yang menangis, ada yang tersenyum, ada juga yang tenang seolah-olah tidak ada yang terjadi.

Berekspresi dengan fasion berbeda dengan berekpresi yang akan kita bahas di sini. Walaupun fasion bisa mengungkapkan kepribadian seseorang, tapi ekpresi yang ada di dalam hati belum tentu bisa tertuang begitu saja lewat pakaian yang dikenakan seseorang.

Berekspresi dengan mendengarkan lagu atau bernyanyi juga sudah menjadi hal yang biasa. Lalu bagaimana cara mengespresikan perasaan kita agar apa yang kita rasakan juga bisa dirasakan oleh orang lain?

Satu cara yang mudah adalah dengan menulis. Jangan mencari suasana yang tepat untuk menulis, tapi tulislah sesuatu yang pas dengan suasana hatimu saat itu. Saat sedih, secara otomatis tangan dan pikiran akan menyatu dan menuliskan kalimat-kalimat yang bisa membuat hati orang lain yang membaca ikut teriris. Saat bahagia, setiap kata-kata yang kamu ungkapkan mampu membawa orang lain menjadi bahagia seperti yang kamu rasakan saat itu. Bukankah menulis adalah satu hal yang ajaib? Bisa membuat orang lain masuk ke dalama situasi yang pernah kita alami.

Tidak perlu mencari kalimat-kalimat yang indah, karena saat kita berekspresi dengan sebuah tulisan, kita tidak terikat dengan peraturan. Tulis saja apa yang di dalam benakmu, dengan begitu perasaanmu akan lebih tersampaikan. Terkadang memang sulit memendam sesuatu sendirian. Bahkan memendam kebahagiaan sendirian juga sulit dan menyakitkan.

Walaupun kertas tempat kita menulis tidak bisa berbicara untuk menanggapi setiap apa yang kita ungkapkan, tapi dengan menyampaikan isi hati kita, kita akan merasa lebih tenang. Walaupun tidak ada yang mendengarkan, rasanya seperti ada seseorang yang membantu kita untuk mengurangi beban di dalam hati. Begitulah. Menulis sangat ajaib. Tidak perlu takut kesepian saat ada secarik kertas dan sebuah pena di dekatmu, karena dua hal kecil dan sesederhana itu mampu menciptakan keajaiban bagi dirimu dan mungkin orang lain.


0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Jomblo di Sabtu Malam

9:10 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Sekarang malam minggu... Uupss! Salah. Maksudnya Sabtu malam. Harap maklum, saya itu jomblo yang statusnya masih digantung *jelas-jelas jomblo, apanya yang digantung?!*. Pas hari Sabtu, kelihatan banget mana-mana orang yang jomblo sama orang yang punya pacar. Ya iya laaahhh... kan yang jomblo malamnya mau bergalau-galau ria, kalau yang punya pacar bakalan jalan-jalan bareng si Doi. Tapi, sebenarnya, apa sih yang ada di dalam pikiran para jomblo pas sabtu malam (malam minggu)? Yuk kita bahas satu-satu.

  1. Kebanyakan jomblo di hari Sabtu adalah 'Berharap semoga nanti malam hujan'. Itu memang satu hal yang paling populer di kalangan para jomblo. Tahu sendiri lah alasannya. Kalau sabtu malam hujan, otomatis nggak cuma kita *para jomblo* aja yang stay di rumah. Jadi kita *yang jomblo* nggak ada bedanya sama mereka yang udah pada punya gebetan. 
  2. Siap-siap cari kegiatan yang bisa bikin kita ngerasa nggak jomblo. Kalau banyak tugas sekolah yang mesti dikerjain, jangan tunggu sampe malam senin. Langsung aja sikat *emangnya pakean?!*. Waktu kita *para jomblo* belajar, kita nggak akan ngerasa kalau kita itu jomblo, toh mereka yang udah punya pacar juga belum tentu ingat sama si Doi kalau lagi ngerjain tugas sekolah. Apa lagi kalau lagi pelajaran + gurunya killer abis. Jangan sia-siakan masa jomblomu, lebih cepat lebih baik. Lanjutkan!
  3. Berburu cemilan + film yang keren. Saatnya ngumpul bareng teman-teman kalian. Setelah nemu film yang keren abis n' bisa menghibur di sabtu malam. Jangan lupa cemilannya, biar suasana jadi makin seru, so, sabtu malam bisa berjalan lancar tanpa ada sedikitpun kegalauan melintas di dalam hati.
  4. Berfikir bahwa ini bukanlah sabtu malam. Anggap dalam seminggu ada 7 hari tapi tidak ada sabtu malam. Anggap saja hari Sabtu berakhir jam 5 sore, selebihnya adalah hari minggu.
Sebenarnya masih banyak hal-hal lain yang melintas di dalam pikiran para jomblo. Tapi, udahan dulu deh. Jam malam di sabtu malam ini cuma sampe segini. Tiba-tiba hati galau, dan itu bertanda saatnya tidur.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Huruf Berbentuk Rangkaian Titik-Titik 'Print Dashed'

8:05 AM Nur Mumtahana 2 Comments

Akhir-akhir ini di tempat kerja sedang ada banyak tugas buat ngetik. Dan saat itulah aku mendapat banyak pengetahuan baru seputar dunia mengetik yang sebelumnya begitu asing. Awalnya aku pikir membuat huruf untuk latihan menulis anak PAUD atau TK yang berupa titik-titik itu sangat mudah, tinggal ganti font terus selesai. Tapi kebetulan di komputer yang aku gunakan belum ada jenis font yang bentuknya berupa rangkaian titik-titik huruf, akhirnya tugas mengetik itu aku jadikan PR sampai ketemu cara membuatnya.

Sejak kemarin coba-coba browsing tentang mengubah font menjadi bentuk rangkaian titik-titik, akhirnya pagi ini ketemu juga. Walaupun tadi malam sudah sempat ketemu font 'Dotted' yang berupa titik-titik, tapi font-nya agak kurang cocok, jadi aku coba cari lagi pagi ini. Ketemu juga font 'Print Dashed', itu adalah font yang cocok dan sesuai dengan contoh. Jadi, mungkin hari ini aku akan mulai mengerjakan tugas mengetik yang sempat tertunda.

Untuk para pembaca yang mungkin mengalami masalah sepertiku ini, kalian bisa mendownload font di sini.

Untuk cara mengintalnya sanga mudah. Cukup buka folder yang barusan di download, buka file 'PrintDashed_TT' kemudian akan muncul tulisan 'instal' di bagian atas, tinggal klik dua kali.

Mudah, praktis dan bermanfaat. Selamat mencoba...

2 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Macam-Macam Kreasi Mie Instan

10:14 PM Nur Mumtahana 0 Comments

Bosen banget kalau harus makan mie instan yang gitu-gitu aja. Sekarang saatnya kita bikin kreasi baru untuk mengolah mie instan biar nggak ngebosenin dan makin enak. Berikut beberapa resepnya...

1. Mie Kocok Telur
Ini adalah salah satu resep favorit keluargaku, kecuali Ibuku yang memang kurang menyukai mie campur telur. Cara membuatnya sangat mudah. Yang pertama, kita masak mie seperti biasanya, begitu mie sudah setengah matang, masukkan satu butir/lebih telur ke dalam mie yang sedang dimasak. Setelah itu kocok telur bersama mie hingga telur tercampur dengan mie. Setelah telur dan mie matang, angkat dan siapkan seperti mie instan biasanya.

2. Mie Goreng Kering
Kalau biasanya kita dibikin bingung sama mie instan goreng, "kenapa mie goreng tapi cara masaknya di rebus?", sekarang kita akan memasak mie goreng dengan cara benar-benar digoreng. Untuk bagian awal, kita masak mie istan goreng seperti biasanya. Setelah mie diangkat dan dicampurkan dengan bumbu, siapkan penggorengan yang sudah diberi minyak goreng. Minyak goreng jangan terlalu banyak, cukup 1 sendok makan. Jika minyak goreng sudah panas, masukkan mie goreng yang sudah dicampur bumbu, masak hingga mie sedikit kering, tapi jangan sampai terlalu kering karena bisa jadi keras.

2.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.