Kenapa Punya Banyak Akun di Jejaring Sosial?

7:36 AM Nur Mumtahana 1 Comments

Facebook dan twitter. Itu adalah dua jejaring sosial yang sedang In saat ini. Kemudahan cara menggunakan dan fasilitas-fasilitas yang disediakan juga mampu menarik perhatian setiap orang. Bahkan tak sedikit orang yang sudah mengenal facebook dan twitter berprinsip 'tidak bisa hidup tanpa facebook (atau twitter).' Tidak mengerti itu adalah hal yang baik atau buruk. Yang jelas jejaring sosial memiliki dua sisi jika dilihat dari kacamata sehari-hari.

Kemudahan mengakses jejaring sosial tersebut membuat hampir semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan orangtua tak segan untuk membuat akun dan bergabung dengan jejaring sosial yang memang bisa mempermudah jalinan komunikasi mereka.

Tak sedikit pula orang yang memanfaatkan fasilitas jejaring sosial untuk membantu apa-apa yang ingin mereka capai. Bahkan mereka rela membuat banyak akun di jejaring sosial. Mungkin sekedar untuk bersenang-senang, tapi ada juga beberapa alasan kenapa seseorang membuat begitu banyak aku di jejaring sosial yang sebenarnya justru menimbulkan penumpukkan akun, padahal akun yang mereka buat belum tentu aku mereka yang sesungguhnya.

Lalu apa alasan yang membuat seseorang membuat begitu banyak aku di jejaring sosial?

Yang pertama, mungkin karena mereka selalu kehilangan password dari akun mereka. Sebenarnya memungkinkan bagi kita untuk kembali mengakses akun yang passwordnya sudah hilang melalui prosedur dan pertolongan yang diberikan oleh server, hanya saja tak semua orang mau repot-repot melakukan ini itu demi sebuah password yang lepas dari ingatan mereka. Itulah alasan paling utama kenapa seseorang memilih untuk membuat akun lagi.

Yang kedua, Hacker bisa menjadi alasan kenapa seseorang memilih untuk membuat aku baru di jejaring sosial. Saat ini memang banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengakses akun milik orang lain. Prosedurnya sedikit rumit, namun beberapa orang yang sudah ahli akan dengan mudah menjebol password akun orang lain. Entah apa tujuan seorang hacker, tapi dari namanya saja hal itu sudah menjurus ke arah negatif. Tidak semua hacker memiliki misi yang negatif, karena ada juga beberapa hacker yang berusaha untuk membuat akun seseorang menjadi sesuatu yang lebih baik. Tapi beberapa korban hacker yang sudah tidak bisa memperbaiki akunnya akan memilih untuk menonaktifkan akun tersebut dan membuat akun yang lain.

Yang ketiga, kapasitas pertemanan penuh. Khususnya pada facebook. Jumlah teman dalam jejaring sosial kadang memiliki kapasitas masing-masing. Kalau tidak salah, kapasitas pertemanan di FB sekitar 7000 orang, jadi saat ada yang ingin menambahkan teman, akan muncul peringatan bahwa akun tersebut sudah memiliki teman melebihi kapasitas, mau tidak mau seseorang harus repot-repot membuat akun baru demi menampung semua teman baru mereka.

Yang terakhir, ini adalah alasan yang mungkin paling populer di kalangan remaja. Untuk menjadi mata-mata. Memalsukan identitas, memasang foto orang lain dan mulai menjalankan misi. Mengejar cinta terkadang membuat seseorang akan melakukan segala cara untuk bisa mengikuti gerak gerik si dia. Tentu saja, demi menjaga gengsi, mereka akan memilih menjadi orang lain demi mencapai apa yang mereka inginkan.

Itu baru beberapa alasan yang membuat seseorang ingin membuat akun baru di jejaring sosial. Karena pada dasarnya alasan kenapa seseorang membuat aku baru di jejaring sosial adalah karena mereka butuh. Entah karena terpaksa atau memang dengan senang hati.  :D

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.