Beberapa Alasan Seseorang Melanjutkan Kuliah

8:01 AM Nur Mumtahana 1 Comments

Kuliah? Salah satu penunjang masa depan. Setelah seseorang menyelesaikan belajar selama 12 tahun, mulai dari bangku SD, SMP sampai SMA, tibalah saat bagi mereka untuk meruncingkan lagi cita-cita mereka. Dengan apa? Tentu dengan memilih satu jurusan di fakultas tertentu sesuai dengan kemampuan dan minat di dalam dirinya.

Tapi pada kenyataannya tidak semua orang bisa melanjutkan kuliah. Terlihat banyak dari lulusan SMA yang memilih untuk bekerja. Ada banyak alasan kenapa mereka memilih untuk tidak melanjutkan kuliah. Asalannya bisa karena faktor ekonomi, faktor kemampuan berfikir, faktor minat dan masih banyak lagi.

Lalu, kira-kira apa hal yang membuat seseorang memilih untuk melanjutkan kuliah? Asalan kenapa orang melanjutkan kuliah lebih banyak daripada alasan kenapa seseorang memilih  untuk tidak melanjutkan kuliah. Demikian sedikit ulasannya :


  1. Tuntutan Keluarga. Keluarga yang sudah mapan, pendidikan orangtua yang tinggi, secara tidak langsung hal tersebut akan menuntuk seorang anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, minimal sederajat dengan pendidikan orangtua. Ya, begitulah realita yang terjadi saat ini. 
  2. Kemampuan ekonomi memadai. Faktor ekonomi sangat berperan penting dalam pelaksanaan pendidikan. Walaupun saat ini terdapat banyak beasiswa, tetap saja akan ada materi yang perlu dikeluarkan selama menjalankan kegiatan perkuliahan.
  3. Kecerdasan memadai. Mungkin ada orang yang berkata, "Sayang kalau tidak dilanjutkan. Kamu itu pintar.". Pintar sih pintar, tapi bagaimana keadaan ekonomi kita? Tenang, setidaknya ada banyak beasiswa. Kalau otak kita memang 'oke', sebenarnya ada banyak beasiswa yang menanti, bahkan bisa sampai beasiswa penuh. Tinggal pintar-pintarnya kita untuk mencari tambahan uang selagi mengenyam pendidikan di bangku kuliah.
  4. Nekat. Tentu saja. Apapun bisa dilakukan oleh orang yang nekat. Seperti kata pepatah, "Orang hebat kalah dengan orang nekat." Tak masalah saat kita nekat melakukan sesuatu demi kebaikan, karena hal itu mungkin bisa menjadikan kita sebagai sosok yang tangguh. Tak peduli dengan setiap halangan yang ada, walaupun itu tidak mudah.
Ya, masih banyak lagi. Tapi setidaknya itu adalah garis besar yang bisa dijelaskan, yang faktanya terpampang di hadapan kita.

1 comment:

  1. info yang sangat bermanfaat. Bingung memilih jurusan kuliah, simak tips memilih jurusan kuliah Tips Memilih Jurusan Kuliah , biar kamu gak salah pilih

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.