Cara Kirim Naskah Ke Bentang Pustaka

6:53 AM Nur Mumtahana 0 Comments




Pengiriman Naskah
Q & A tentang Redaksi dan Naskah

Ayo, terbitkan bukumu bersama Bentang Pustaka…!
Bentang Pustaka menerima kiriman naskah fiksi dan nonfiksi dari para penulis Indonesia yang kreatif. Buku-buku dewasa diterbitkan melalui lini Bentang Pustaka & Bfirst. Sedangkan buku anak & remaja melalui lini Bentang Belia. Untuk mengetahui tema/judul yang sudah kami terbitkan, silakan Anda kunjungi www.bentang.mizan.com. Sebelum mengirimkan karya ke Bentang, harap Anda baca dengan detail rincian di bawah ini terlebih dahulu. 

1. Bagaimana cara mengirimkan naskah ke Bentang Pustaka? 
·         Untuk mengurangi penggunaan kertas, pengiriman naskah disarankan dalam bentuk data (softcopy) melalui surel (e-mail). Naskah dewasa/umum dikirim ke bentang.pustaka@mizan.com sedangkan anak & remaja ke bentang.belia@mizan.com . Kami akan memberikan surel konfirmasi bahwa naskah Anda sudah kami terima dengan baik.
·         Bila Anda terpaksa mengirim naskah yang berbentuk cetakan (hardcopy) kirimkan ke PT. BENTANG PUSTAKA Jl. Kalimantan No.9A Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55204 Tlp. (0274) 886010

2. Apa kriteria naskah yang diterima Bentang Pustaka? 
·         Fiksi/nonfiksi untuk kelompok pembaca dewasa, remaja, dan anak-anak.
Karya asli, bukan jiplakan. Bila berbentuk saduran atau terjemahan, cantumkan sumber aslinya dalam  naskah.
·         Tidak sedang atau belum pernah diterbitkan oleh penerbit lain. Bila sudah pernah terbit, sertakan bukti kontrak yang menunjukkan bahwa perjanjian penerbitan sudah selesai/kedaluwarsa.
·         Tema menarik, up to date, unik, & dibutuhkan pembaca masa kini.
·         Tidak mengandung unsur pornografi.
·         Tidak berpotensi menimbulkan/memicu konflik SARA.

3. Bagaimana format pengiriman naskah ke Bentang Pustaka? 
·         Naskah diketik dalam format ukuran kertas kuarto (A4) dengan spasi 1,5.
·         Margin Top 4, Left 4, Right 3, Bottom 3 (dalam cm).
·         Jenis font Times New Roman, ukuran font 12pt. 
·         Panjang naskah minimal 200 halaman untuk fiksi/nonfiksi pembaca dewasa; minimal 125 dan maksimal 200 halaman untuk fiksi/nonfiksi remaja; maksimal 60 halaman untuk naskah buku anak-anak.
·         Tuliskan di judul surel Kirim Naskah, diikuti dengan jenis naskah, kategori pembaca atau lini. Misal: KIRIM NASKAH, NONFIKSI, B-first.
·         Naskah dikirim melalui e-mail dalam bentuk lampiran (attachment), bukan dimasukkan ke dalam badan (box) e-mail. Bentuk data yang dilampirkan bisa berupa file MS Word atau Pdf.
·         Lampiran e-mail terdiri dari (1) sinopsis & keunggulan naskah. Bila ada buku yang menjadi referensi sejenis, sebutkan judulnya. Tuliskan sinopsis & keunggulan maksimal dalam 300 kata.; (2) biodata penulis yang berisi nama, alamat domisili, alamat e-mail, nomor telepon rumah dan/atau ponsel; (3) naskah buku. Naskah yg dilengkapi dengan ilustrasi/foto, harap dimasukkan ke dalam teks. Kami akan meminta file foto/ilustrasi terpisah bila naskah sudah dikonfirmasi terbit. Naskah yang berbentuk komik/cergam dikirim dalam format pdf.

4. Berapa lama konfirmasi terbit naskah? 
·         Konfirmasi terbit naskah akan dilakukan dalam 3 bulan sejak naskah anda kami terima.
·         Konfirmasi naskah akan dilakukan melalui surel.
·         Redaksi tidak akan memberikan review khusus/personal untuk pengembalian naskah.

5. Naskah Anda belum dikonfirmasi?
·         Bila lebih dari 3 bulan kami belum memberi konfirmasi, Anda bisa menghubungi pihak Bentang melalui    surel dengan menyebutkan judul naskah dan kapan naskah dikirim. 

6. Bagaimana nasib naskah yang tidak diterima oleh Bentang Pustaka? 
·         File naskah yang kami tolak akan otomatis dihapus dari komputer.
·         Naskah yang dikirim dalam bentuk cetakan/cd tidak akan dikembalikan.
Kami tunggu naskah-naskah kreatif Anda!
=======================================================

source : http://pustakabentang.blogspot.com/p/blog-page.html


0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.