Dari Mana Datangnya Inspirasi???

10:29 PM Nur Mumtahana 0 Comments


"Sekarang buat karangan bebas." perintah seorang guru Bahasa Indonesia di sebuah kelas. Para siswa bingung. Mereka saling pandang satu sama lain. Karangan bebas adalah salah satu hal yang menurut sebagian orang susah-susah gampang. Mereka bisa menulis apapun yang ada di dalam mereka, tapi mereka akan sangat kesulitan kalau benar-benar tidak memiliki ide sama sekali.

Bicara masalah ide, tentu kita harus mencari sesuatu yang mampu menginspirasi kita sehingga ide-ide cemerlang akan bermunculan di dalam kepala kita. Lalu, apa sebenarnya hal yang bisa membuat kita terinspirasi? Ada banyak. Walaupun sebenarnya inspirasi itu datang sendiri tanpa dicari, tapi saat kita berusaha untuk mencari inspirasi, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menemukan ide tersebut.

Untuk mencari hal yang bisa menginspirasi diri kita, cobalah untuk melihat ke sekelilingmu. Jalanan yang sepi,  terjal dan berdebu. Bisakah hal tersebut menjadi sebuah inspirasi? Tentu bisa. Buka luas-luas imajinasimu. Bayangkan, seandainya jalanan ini dikelilingi oleh padang ilalang, adai jalanan terjal ini ditindih oleh tanah coklat keemasan yang hangat dan nyaman dipijak, andaikan pepohonan di sekelilingnya bisa tumbuh rindang. Pasti jalanan ini tidak akan sepi. Dengan munculnya pemikiran seperti itu, kita bisa mulai membuat sebuah tulisan. Tulis saja apa yang ada di dalam pikiran kalian terhadap suatu hal yang memang mampu membuat otak kalian menjadi sedikit lebih kritis. Itu adalah awal yang bagus untuk menumbuhkan opini berdasarkan fakta-fakta.

Inspirasi itu bisa datang dari mana saja. Dan akan lebih mudah untuk diterapkan ke dalam sesuatu yang baru andai saja inspirasi tersebut berasal dari hal yang menurut kita spesial. Ibuku inspirasiku. Itu salah satu kalimat populer yang memang benar-benar sesuai fakta. Kalau ingin bercerita tentang 'Ibu', itu adalah hal yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Bisa dimulai dari seorang perempuan kecil yang menjadi remaja, kemudian tumbuh dewasa. Bertemu dengan pasangannya, dan mulai meniti karir sebagai seorang 'ibu'. Memiliki seorang anak. Tanggung jawab begitu besar untuk menjadikan anaknya sebagai seorang yang bisa lebih baik darinya. Menceritakan tentang suka dua seorang ibu untuk membesarkan anaknya, itu adalah hal yang membutuhkan proses panjang. Dengan inspirasi seperti itu, kita bisa mulai menulis tentang sebuah karangan bebas yang panjang tanpa takut kehabisan ide.

Jadi, sebenarnya mencari inspirasi yang bisa menumbuhkan ide-ide segar itu mudah. Tinggal pintar-pintarnya kita untuk membuka wawasan dan imajinasi seluas mungkin. Cobalah dengan ruang lingkup yang kecil terlebih dahulu, setelah itu perluas lagi ide yang sudah menghinggapi pikiran kita. Tulis, dan jaga konsentrasi kalian dan relax ...

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.