TOP SECRET

10:12 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Salah satu film yang sangat menginspirasi, khususnya bagi kaum muda di seluruh penjuru dunia. Dimulai dari kisah seorang remaja SMA bernama Top Ittipad yang begitu gemar bermain game online. Dari hobinya tersebut, Top mampu menghasilkan uang yang begitu banyak, bahkan melebihi penghasilan kedua orangtuanya. Dengan uang yang begitu banyak, Top membeli sebuah mobil, beberapa perangkat komputer dan masih banyak lagi hal-hal lain yang memang dia ingin beli.

Top cenderung kurang bersemangat untuk belajar di sekolah, namun pemikirannya terhadap sebuah bisnis sangatlah kritis. Begitu kuliah, Top sering bolos hanya untuk mengurus bisnis-bisnisnya yang pada akhirnya gagal. Dimulai dengan berdagang DVD Player, ternyata Top tertipu. Semua DVD yang dia beli itu adalah bajakan dan langsung rusak, akhirnya dia tidak bisa berbuat apa-apa dengan hal tersebut.

Bisnisnya yang kedua adalah bisnis kacang goreng. Walaupun awalnya kurang berhasil, namun selang beberapa saat bisnisnya tersebut mulai berjalan lancar. Tapi kendala yang menghambat jalannya usaha tersebut tak henti-hentinya datang. Akhirnya usaha kacang goreng tersebut harus ditutup.

Top kini tinggal bersama pamannya, karena kedua orangtua dan kakaknya pergi ke Cina. Top telah memutuskan untuk berhatan hidup di Thailand dengan bantuan pamannya yang sudah cukup tua. Karena keluarga Top telah dililit hutang sebesar 12 milyar, akhirnya rumah keluarga Top terpaksa di sita oleh bank.

Top tidak menyerah. Dia menjual semua perangkat komputernya untuk membeli bahan baku rumput laut dan memulai bisnis tersebut. Percobaan demi percobaan dilakukan, tapi semuanya gagal. Begitu satu percobaan berhasil, selalu ada kendala yang dihadapinya.

Kehidupan Top untuk mencapai keberhasilan begitu sulit. Kemudian dia memutuskan untuk bergabung dengan sebuah perusahaan yang menjual produk-produk makanan dengan cabang di lebih dari 27 negara. Tidak semudah yang dibayangkan. Ia ditolak begitu saja.

Top mulai kehabisan semangat. Ia memutuskan untuk pergi menyusul keluarganya di Cina. Namun di dalam hatinya masih tersisa sedikit semangat untuk terus berusaha. Melihat dukungan dari orangtuanya, Top mulai bangkit kembali. Sisa uang yang dia miliki digunakan untuk mendirikan sebuah pabrik agar bisa mencapai kriteria untuk diterima oleh perusahaan 7 Eleven tersebut.

Kini Top sudah tidak memiliki apa-apa lagi. Andai kali ini ia ditolak lagi, maka semua yang dia lakukan adalah sia-sia. Dan di sinilah, buah dari semua usaha Top selama ini. Ternyata produknya telah memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan tersebut. Kini Top dan keluarganya bisa berkumpul kembali. Semua hutang orantuanya bisa dia lunasi.

Semua yang diceritakan di atas bukanlah sebuah cerita fiksi semata, karena itu memang benar-benar sebuah kisah nyata yang pernah terjadi. Sekarang Top yang tinggal di Thailand sudah berusia 26 tahun. Penghasilannya dari berjualan keripik rumput laut begitu besar. Dan itulah buah dari suatu usaha.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.