Kado Terbesar yang Pernah Ada....

8:03 AM Nur Mumtahana 4 Comments

Seumur hidup, aku tidak pernah mendapat hadiah ulangtahun dari keluargaku. Biarpun teman-teman tak pernah lupa dengan ulangtahunku, tapi aku selalu merasa sedikit kecewa karena tidak pernah orangtuaku mengucapkan selamat ulangtahun. Hanya sedikit rasa kecewaku. Selebihnya aku merasa biasa saja. Karena ulangtahun di dalam tradisi keluargaku memang tidak menjadi sesuatu yang harus dirayakan secara besar-besaran. Cukup dengan bersyukur karena kita masih diberi kesempatan untuk dapat merasakan bertambahnya usia setiap tahun.

Flashback ke tahun 2011. Kala itu aku duduk di kelas 3 SMK. Kakakku kuliah di UNNES - Semarang. Terus terang, aku juga ingin sekali kuliah di situ. Tapi tidak kesampaian. Betapa kasihannya aku. Tapi sekarang bukanlah saatnya mengasihani diri sendiri.

Tuuttt..... Tuuttt.... Itu suara kereta. Satu alat transportasi yang selalu ingin aku naiki. Seumur hidup aku memang tak pernah tahu seperti apa rasanya naik kereta api. Melihat kakakku yang selalu pulang pergi dari Slawi ke Semarang selalu menggunakan kereta, aku selalu bermimpi suatu saat aku juga bisa merasakan hal yang sama.

Pagi itu - tepat hari Sabtu, 10 September 2011. Aku bangun pagi-pagi sekali seperti biasanya. Walaupun sekolah libur - karena sebenarnya saat itu aku sedang melaksanakan kegiatan Prakerin, tiba-tiba aku melihat kakakku sedang bermain korek api. Aku dipanggilnya, "Hana, sini..."

Aku mendekat. Lalu kakakku berkata, "Tiup nih..."

Aku bingung. Buat apa? Pas aku tiup lilinnya, "Selamat ulang tahun...." kakakku nyanyi lagu ulangtahun. Aku sendiri nggak nyadar kalau itu adalah hari ulangtahunku. Satu lagi yang mengejutkan. Dia memberi hadiah yang saaaaangat luar biasa. Hadiah yang mungkin tidak akan muat masuk ke dalam rumahku. Bahkan hadiah itu bisa menampungku di dalamnya. Ya, apalagi kalau bukan TIKET KERETA API. Aku ingin menangis kala itu.


Sweet seventeen. Biarpun tak dapat hadiah dari pacar - karena aku memang tidak punya pacar, tapi tiket kereta api pulang pergi Slawi - Poncol itu sudah cukup untuk menggantikan posisi seorang pacar di hatiku.

Benar-benar hadian yang istimewa. Untuk pertama kalinya aku naik kereta api, tepat di hari ulangtahunku. It's amazing. Dan siapa yang akan menyangka kalau ekspresiku begitu bahagia hanya karena bisa menaiki kereta api. Mungkin aku memang berlebihan, tapi semua itu adalah ekspresi spontan, seperti saat kita mendapat kejutan yang selalu diidam-idamkan.

Hingga saat ini, kereta api selalu menjadi satu alat transportasi favoritku. Penuh ketenangan, dan yang pasti anti macet.

4 comments:

  1. Hai Hana, salam kenal....wong Slawi to?
    Aku juga aslinya Slawi tapi kerja di Jkt. Orang tuaku masih tinggal di Procot. hhhmmm jgn2 kenal nih :)
    Rumahmu dimana?

    Wah seneng ya dapat hadiah tiket kreta ke Semarang. Jadi pengin mudik aku :)

    Anyway thanks ya udah sharing cerita dan ikutan GA Ultah Samara

    ReplyDelete
  2. rumahku di desa kalisapu... hehehe...
    salam kenal juga ya... :)

    ReplyDelete
  3. keren mbak hadiahnya dapat tiket

    ReplyDelete
  4. iya nih, mba..
    makasih ya udah berkunjung... :D
    salam kenal

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.