HARI LIBUR SUPER MEMBOSANKAN

6:44 AM Nur Mumtahana 0 Comments


Setelah seminggu (lebih tepatnya 5-6 hari) bekerja, pastilah fisik dan pikiran kita butuh istirahat. Apalagi setelah ditekan oleh pekerjaan atau ativitas-aktivitas lain yang sudah menjadi rutinitas bagi kita. Baru hari senin, tapi sudah mulai merencanakan liburan akhir pekan. Ingin pergi kesana, ingin pergi kesitu dan pokoknya ingin jalan-jalan. Tapi hal tersebut tidak terjadi pada semua orang. Beberapa di antara mereka mungkin lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah sekedar untuk beristirahat. 

Tapi akhir-akhir ini kulihat di jejaring sosial ada banyak orang yang mendadak mengeluh setiap akhir pekan atau hari libur datang. Kenapa mereka mengeluh? Mungkin karena beberapa alasan berikut ini :


  1. 1Tidak punya rencana untuk menghabiskan waktu liburan. Jika teman-temannya bisa jalan-jalan, berkumpul atau piknik bersama keluarga, dia hanya bisa duduk di rumah. Menyaksikan film kartun yang sekarang begitu mudah membuatnya merasa jenuh untuk tetap berada di rumah. Kadang merasa iri dengan mereka yang begitu menikmat liburan sebelum beraktivitas kembali keesokan paginya. Ya, itulah deritanya. Mungkin mulai sekarang harus lebih mantap untuk meniatkan diri agar bisa berlibur.
  2. Rencana banyak, tapi tidak ada kawan. Kalau hal yang ini juga pasti terjadi pada banyak orang. Bayangkan saja kalau harus berlibur sendirian. Jalan-jalan sendirian di tengah keramaian orang yang berlalu lalang. Pasti tidak asik sama sekali. Tidak ada yang bisa diajak ngobrol apalagi bercanda. Sama saja seperti jalan-jalan sendiria di tengah malam. Masih mending menghabiskan waktu di rumah saja. Tapi kalau sekiranya kamu memang nyaman untuk jalan-jalan sendirian, It’s Ok. Soalnya saya juga termasuk orang yang mulai terbiasa untuk pergi sendirian. Lebih bebas saja rasanya. Apalagi saat mengunjungi tempat yang berkaitan dengan hal yang saya sukai sementara tidak disukai teman-teman saya yang lain, lebih baik pergi sendirian.
  3. Tidak ada kendaraan. Tahu kendaraan apa yang saya maksud? Tentu saja sepeda motor. Hampir mayoritas orang (khususnya remaja) sangat suka bepergian dengan sepeda motor. Mungkin dari banyaknya teman-teman, hanya saya yang masih setia untuk mengayuh sepeda. Sebenarnya ini bukan kedala besar. Kenapa tidak naik kendaraan umum? Selain lebih aman, kita juga bisa menikmati suasana saat berdesak-desakan, aroma yang memekakan hidung dan pengapnya udara di dalam. Itu bisa jadi pengalaman tersendiri. Bagi  yang belum pernah berpergian dengan kedaraan umum, wajib dicoba tuh. Bisa-bisa ketagihan, tapi waspada juga buat yang mudah mabok darat. Jangan lupa bawa katong kresek karena udara di dalam kendaraan umum mudah membuat perut mual (tergantung situasi dan kondisi sih sebenarnya).
  4. Sakit. Bagaimanapun cuacanya, mau cerah, panas, berawan atau hujan, kalau sudah sakit ya tidak bisa diapa-apakan lagi. Bayangkan saja kalau harus menghabiskan liburan di atas tempat tidur, minum obat tiga kali sehari dan tidak boleh makan ini itu. Sudah pasti tingkat kejenuhan kita sangat tinggi. Apalagi kalau harus menghabiskan liburan di rumah sakit, dijamin hati juga ikut sakit. Selain itu hari-hari kita harus ditemani jarum nakal si selang infus yang menancap kokoh di pergelangan tangan. Setiap dokter datang satu suntikan lain menghujam tubuh, bukankah itu menyakitkan lahir batin? Setidaknya sediakan banyak buku majalah atau novel yang bisa membuatmu merasa terhibur, dengan begitu sedikit strees akan terkurangi dan kesehatan akan segera membaik.
  5. Hujan. Ini dia rajanya. Kalau sudah hujan, orang manapun pasti malas untuk keluar rumah. Apalagi kalau tujuannya sekedar untuk jalan-jalan. Pasti teman-teman lebih memilih untuk stay at home dan menghabiskan waktu untuk tiduran atau sekedar kumpul dengan kelaurga ditemani minuman hangat. That’s a perfect moment to enjoy your time with family. Jadi berhentilah untuk mengeluh ketika hujan turun. Karena sebenarnya hujan dengan suasana yang dingin justru mampu menumbuhkan rasa hangat bersama keluarga. Untuk yang rencananya mau mingguan dengan pacar juga tidak perlu kecewa. Cukup main ke rumah si perempuan saja. Duduk di ruang tamu ditemani teh hangat. Jadilah momen romantis sembari melihat hujan dari balik jendela.
  6. Tak ada uang. Teman-teman yang gajian bulanan pasti pada pantang jalan-jalan di tanggal tua. Selain isi dompet sedang menipis, kalian pun bisa jadi sedang dibikin pusing sama kerjaan yang dikejar deadline. Jadi fokuskan diri dulu untuk menyelesaikan pekerjaan akhir bulan. Kalau tanggal muda datang dan bayaran sudah masuk barulah kita dengan wajah sumringah pergi jalan-jalan sembari berbelanja kebutuhan bulanan.

Sebenarnya masih banyak lagi, tapi mungkin kita bersama bisa menemukannya satu persatu sepanjang hari-hari yang kita lewati. Mari berbagi pengalaman, ilmu dan pengetahuan. Salam.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.