Belajar DSLR #2

9:08 PM Nur Mumtahana 0 Comments

Tiga hari belajar DSLR, akhirnya mulai bisa memahami satu persatu setiap pengaturannya. Walaupun baru mendalami tentang Diafragma, Shutter Speed dan ISO, namun hasil foto saya sudah ada peningkatan ketimbang sebelumnya.

Dari beberapa hal yang saya tanyakan saat awal mengoperasikan kamera DSLR akhirnya terjawab. Seperti ini pertanyaan-pertannyaannya :

  1. Bagaimana cara agar background gambar yang diambil bisa blur?
  2. Bagaimana cara cara mendapatkan fokus dengan ukuran zoom yang diinginkan?
  3. Bagaimana cara agar bisa memotret di tempat yang gelap tanpa lampu flash?
  4. Bagaimana cara agar kamera bisa menghasilkan warna yang tajam pada gambar yang kita ambil?

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Ketika Dua Sahabat Kita Bertengkar

10:42 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Masa muda itu masa yang indah. Kita mulai mengenal dunia yang lebih luas. Semakin banyak orang yang kita kenal, dan semakin banyak teman yang kita miliki. Ketika seorang teman memutuskan untuk menjadi sahabat, itu adalah hal yang baik. Karena terkadang tidak semua teman bisa menjadi tempat kita berbagi. Terkadang yang terdekatlah yang akhirnya bisa benar-benar mengerti tentang kita dan dipercaya untuk menjadi pengiring hari-hari kita.

Persahabatan bisa menjadi pelengkap, atau bahkan hal terpenting dalam kita menjalani masa muda. Melalui hal-hal yang menyenangkan bersama. Bermain, belajar sampai membuat masalah. Tak ada remaja yang tak pernah memiliki masalah dalam hidup. Sebagian dari masalah itu bisa ditimbulkan dari banyak hal. Mulai dari masalah keluarga, masalah di sekolah atau masalah dengan sahabat sendiri. Dan di sini, dari apa yang sedang saya lihat adalah masalah yang sedang dihadapi dua sahabat saya.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Belajar DSLR #1

7:25 PM Nur Mumtahana 0 Comments



Bicara soal kamera, dari jaman sekolah dulu aku emang pengin banget punya kamera. Habisnya, di sekolah nggak boleh bawa HP, jadi kalau punya kamera kan momen-moment sama teman bisa terabadikan. Tapi sayang, sampe lulus aku belum beruntung buat punya kamera digital.

Ternyata ada peningkatan selera setelah sekian waktu. Kalau dulu cuma pengin kamera digital biasa, sekarang aku malah pengin punya kamera Digital Single Lens Reflex atau yang biasa disebut DSLR. Pokoknya kalau liat kamera yang model lensanya besar panjang itu udah bikin mata berkaca-kaca karena pengin punya dan pengin bisa. Kebayang-bayang gimana kerennya hasil jepretan kalau pakai kamera macam itu. Bisa berasa kayak fotografer profesional, padahal masih amatiran.

Beruntung, walaupun belum dikasih kesempatan buat punya DSLR, tapi sepupu ada yang baik hati mau minjemin dan ngajakin belajar bareng. Masih sama-sama newbie, jadi ya sambil belajar sambil baca-baca buku panduannya dan sesekali browsing tanya-tanya Mbah Google.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Menulis Itu Tidak Instan

8:01 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Pertama menulis judul. Lalu terhenti seminggu. Dilanjut dengan menulis bab 1. Baru dapat beberapa kalimat langsung dihapus. Diketik lagi, dihapus lagi. Ketik lagi, hapus lagi. Akhirnya ditulis apapun yang ada di kepala, karena kita sudah tidak sabar untuk menuju inti cerita yang memenuhi otak.

Tik tik tik tik....
Ketik-ketik-ketik sampai halaman 20. Berlanjut terus sampai halaman 30, 40 dan sampai hampir 50. Sudah mulai masuk ke konflik, menyenangkan. Tapi tiba-tiba kita kehabisan ide, bagaimana cara menyelesaikan konfliknya? Sepertinya kalau konflik seperti ini kurang bagus. Tapi enaknya bagaimana ya? Akhirnya dihapus lagi...

Antar bab jadi tidak ada keterkaitan. Alur cerita jadi berkesan pasaran dan mudah ditebak. Mulai merasa kesal dan jenuh dengan apa yang kita tulis. Mendadak semua ide terbang entah kemana dan tulisan terlantar karena kita enggan untuk melanjutkan cerita yang mulai rancu alurnya.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Chord "THE DAY YOU WENT AWAY" - M2M

3:06 PM Nur Mumtahana 0 Comments


[INTRO}
Am G F E (X2)


[VERSE]
       Am              G
Well I wonder could it be
           F
When I was dreaming 'bout you baby
         G
You were dreaming of me
        Am             G
Call me crazy, call me blind
            F                         Dm          E
To still be suffering is stupid after all of this time


[BRIDGE]
      C               G              Am
Did I lose my love to someone better
             G               F
And does she love you like I do
  Am             C             G
I do, you know I really really do


[CHORUS]

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Temukan Jalanmu, Wahai Para Remaja

7:40 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Pernahkah kalian merasakan perubahan pada diri seseorang? Mungkin kalian akan menjawab 'iya'. Perubahan tentang anggota keluarga, teman-teman, tetangga sampai pablik figur. Secara garis besar perubahan itu ada dua macam. Yaitu perubahan positif dan perubahan negatif. Manusia tidak bisa selamanya berada pada tempat mereka berdiri saat ini. Ada masanya seseorang ingin mencoba hal baru. Menjelajah dunia dan sisi lain kehidupan yang belum pernah dirasakannya.

Sebagai contoh adalah seorang remaja. Mereka yang sedang berada di perbatasan antara dunia anak-anak dan dunia orang dewasa. Emosi mereka cenderung labil dan sangat rentan. Ketika mereka mulai berfikir tentang "aku ingin ini" dan "aku ingin itu", maka mereka tidak akan meminta pada orang dewasa, melainkan mereka akan mulai mengambil tindakan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Itulah awal dari sebuah proses pendewasaan diri.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.

Bekenalan dengan "MY CHEMICAL ROMANCE"

10:51 AM Nur Mumtahana 0 Comments

Blog yang bernuansa merah jambu ini tidak hanya akan mengulas tentang hal-hal yang manis dan berbau roman semata. Karena sebenarnya apa yang tertulis di sini adalah apa-apa yang memang saya sukai. Termasuk MY CHEMICAL ROMANCE.



0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.