Bekenalan dengan "MY CHEMICAL ROMANCE"

10:51 AM Nur Mumtahana 0 Comments

Blog yang bernuansa merah jambu ini tidak hanya akan mengulas tentang hal-hal yang manis dan berbau roman semata. Karena sebenarnya apa yang tertulis di sini adalah apa-apa yang memang saya sukai. Termasuk MY CHEMICAL ROMANCE.




Berkenalan dulu dengan band beraliran Rock Alternatif ini. My Chemical Romance (MCR) adalah band asal New Jersey yang terbentuk pada September 2001 oleh Gerard Way dan Matt Pelisser. My Chemical Romance beranggotakan empat orang, yaitu :



1. Gerard Way (Vocal),  memiliki nama asli Gerard Arthur Way. Lahir di Newark, New Jersey pada tanggal 9 April 1977. Gerard adalah kakak kandung dari Mikey Way yang tak lain adalah bassis dari band yang diembannya.


2. Mikey Way (Bass), memiliki nama asli Michael James Way. Lahir di Belleville, New Jersey pada tanggal 10 September 1980. Mikey adalah adik kandung dari Gerard Way.

3. Ray Toro (Lead Guitar), memiliki nama asli Raymond Manuel Toro-Ortiz. Lahir di Kearny, New Jersey pada tanggal 15 Juli 1977. Selain sebagai Lead Guitar, Ray Toro juga berperan sebagai backing vocal.

4. Frank Iero (Guitar), memiliki nama asli Frank Anthony Iero Jr. Lahir di Belleville, New Jersey pada tanggal 31 Oktober 1981. Frank adalah salah satu dari backing vocal My Chemical Romance bersama Ray Toro.

Untuk posisi drummer dikabarkan bahwa Mike Pedicone telah keluar dari My Chemical Romance pada tahun 2011 lalu setelah sebelumnya ia menggantikan Bob Bryar sejak tahun 2010. Jadi hingga saat ini saya juga belum tahu pasti siapa yang mengisi posisi drummer pada band ini.

Terlepas dari siapa pengisi posisi drummer saat ini, saya ini berbagi cerita tentang bagaimana saya mengenal band yang satu ini.

Saat itu saya sedang ingin mendengarkan lagu-lagu dengan lirik yang cukup menyentuh, dan salah satu rekomendasi yang saya dapatkan dari Google Search adalah lagu My Chemical Romance yang berjudul Cancer. Lagunya sangat enak didengar, dan saya tidak menyangka kalau band beraliran Rock seperti My Chemical Romance mampu menyampaikan lagu dengan lirik yang menyentuh. Ditambah lagi dengan suara Gerard Way yang benar-benar mampu menyampaikan isi lagu tersebut. Saya bahkan sampai menangis begitu menelaah kata demi kata dari lagu tersebut. Dan jadilah saya mulai mengetik  "My Chemical Romance" pada kolom Google Search.


Saya mulai mendengarkan lagu-lagu My Chemical Romance yang tidak kalah kerennya dengan lagu Cancer sebagai lagu pertama yang mengantarkan saya pada band yang satu ini. Lagu-lagu yang menjadi deretan lagu favorit saya adalah "Welcome To The Black Parade" yang merupakan lagu paling fenomenal dari band ini. Menceritakan sebuah kisah lewat lagu. Ditambah dengan instrumen yang keren dan video klip yang benar-benar membuat saya sempat merinding. Kalau boleh saya bilang, My Chemical Romance memang tidak pernah tanggung-tanggung untuk memberikan totatilas pada setiap lagu yang dibawakan.


Setelah lagu Welcome To The Black Parade, saya kemudian melirik lagu lain dari My Chemical Romance yang video klipnya juga sempat membuat saya merinding. Helena. Lagu yang menceritakan tentang kematian seorang perempuan bernama Helena. Memang selalu dengan totalitas yang luar biasa. Video klip dibuat sedemikian rupa dengan menambahkan elemen-elemen yang mampu memperkuat lagu itu sendiri. Dan yang paling membuat saya terkesan dengan lagu ini adalah bagaimana ekspresi Gerard Way yang mampu menggambarkan tentang kesedihan akan kehilangan seseorang.

Dari lagu-lagu tersebut, saya bisa melihat bahwa band Rock juga mampu menyampaikan lagu dengan lirik-lirik yang menyentuh. Tampilan dengan gaya gotik yang memberi kesan "misterius" ternyata tak selamanya berlaku. Kalau boleh dibilang, sisi gotik yang ada pada band tersebut adalah sebuah ciri khas sebagai band rock. 

Selain lagu Cancer, Welcome To The Black Parade dan Helena, lagu I Don't Love You juga termasuk lagu yang cukup digemari di Indonesia. Lagu lainnya yang menjadi favorit saya adalah Teenagers yang lagunya sangat enak didengarkan.

Mungkin My Chemical Romance sangat direkomendasikan untuk kalian yang menggemari lagu-lagu rock. Karena kenyataannya, banyak orang yang langsung menyukai lagu-lagu My Chemical Romance karena begitu mudah untuk diterima dan dinikmati.

Dari sekian kalimat yang telah mengulas tentang My Chemical Romance, sangat disayangkan bahwa pada kenyataannya band ini telah bubar sejak 22 Maret 2013 lalu. Tidak jelas apa yang menjadi alasan bubarnya band ini. Tapi saya yang baru mengenal My Chemical Romance terus terang saja merasa kecewa.

Tapi bagaimanapun juga kekecewaan itu tidak akan bisa merubah apa-apa. Setidaknya walau MCR telah bubar, tapi akan tetap hidup di hati penggemarnya. Seperti apa yang dikatakan Gerard Way, "It can never die". Jadi bubarnya My Chemical Romance dianggap hanya sebagai selesainya sebuah nama, tapi sosok tersebut tetap ada dengan karya-karya dan kenangan yang pernah diciptakan pada masa lampau.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.