Belajar DSLR #2

9:08 PM Nur Mumtahana 0 Comments

Tiga hari belajar DSLR, akhirnya mulai bisa memahami satu persatu setiap pengaturannya. Walaupun baru mendalami tentang Diafragma, Shutter Speed dan ISO, namun hasil foto saya sudah ada peningkatan ketimbang sebelumnya.

Dari beberapa hal yang saya tanyakan saat awal mengoperasikan kamera DSLR akhirnya terjawab. Seperti ini pertanyaan-pertannyaannya :

  1. Bagaimana cara agar background gambar yang diambil bisa blur?
  2. Bagaimana cara cara mendapatkan fokus dengan ukuran zoom yang diinginkan?
  3. Bagaimana cara agar bisa memotret di tempat yang gelap tanpa lampu flash?
  4. Bagaimana cara agar kamera bisa menghasilkan warna yang tajam pada gambar yang kita ambil?

Dari ketiga pertanyaan tersebut, nampaknya saya mulai bisa mengambil kesimpulan seperti ini :
  1. Untuk menentukan satu titik fokus, kita perlu memutar lensa kamera (jika menggunakan manual fokus) sampai objek yang kita tuju mendapat fokus yang tepat. Jika fokus sudah pas, otomatis background belakang objek tersebut akan blur dan titik fokus akan berada pada objek yang dimaksud.
  2. Awal menggunakan kamera DSLR, saya mendapat kendala dimana sangat sulit membidik objek dalam jarak dekat (zoom) dengan fokus yang tepat. Berkali-kali mencoba, kamera saya selalu kesulitan mendapatkan fokus. Tapi sekarang saya tahu, langkah pertama yang perlu diambil dalam kasus ini, yaitu dengan mengambil fokus pada objek yang dimaksud (tanpa menggunakan zoom). Jika fokus sudah sempurna, putarlah lensa untuk mendekatkan jarak pandang pada objek (zoom). Terkadang saat melakukan zoom, fokus akan sedikit bergeser. Sebelum memotret, sesuaikan kembali fokusnya agar bidikan gambar sesuai dengan keinginan. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa kita perlu mendapatkan titik fokus terlebih dahulu sebelum mendekatkan jarak pandang gambar (zoom).
  3. Memotret dengan lampu flas memang bisa menghasilkan gambar dengan pencahayaan yang bagus (terang), tapi tidak semua situasi memungkinkan kita untuk menggunakan lampu flash. Misalnya saja saat kita hendak memotret benda-benda yang mengkilap, jika kita menggunakan lampu flash, otomatis cahayanya akan memantul sehingga hasil gambar justru tidak bagus. Beralihlah pada mode Manual setting. Untuk mendapatkan hasil yang terang tanpa lampu flash, kita bisa mengatur Shutter Speed dan ISO. Dua hal ini akan sangat membantu dalam menghasilkan gambar terang di tempat yang kurang cahaya. Jika cahaya gelap, kita dapat menaikkan ISO dan menurunkan Shutter Speed. Namun jika pada akhirnya kita harus kembali menggunakan lampu flash, pastikan kalau ISO sudah diturunkan. Karena ISO yang terlalu tinggi dapat menimbulkan titik-titik putih dan memberi kesan kurang sempurnah pada foto yang kita ambil.
  4. Untuk mendapatkan warna yang tajam dan tidak berkesan pucat, cobalah untuk mengatur Sharpness pada Style Mode. Naikkan angkanya, jika ingin hasil dengan warna yang paling tajam cobalah pada titik angka 7. Dan setelahnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Mungkin demikian dulu yang bisa saya sampaikan. Saya juga masih belajar, jadi mohon kritik dan sarannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, walaupun sebenarnya ini hanya sebagai catatan kecil untuk perjalanan saya dalam mempelajari dunia fotografi.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.