Temukan Jalanmu, Wahai Para Remaja

7:40 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Pernahkah kalian merasakan perubahan pada diri seseorang? Mungkin kalian akan menjawab 'iya'. Perubahan tentang anggota keluarga, teman-teman, tetangga sampai pablik figur. Secara garis besar perubahan itu ada dua macam. Yaitu perubahan positif dan perubahan negatif. Manusia tidak bisa selamanya berada pada tempat mereka berdiri saat ini. Ada masanya seseorang ingin mencoba hal baru. Menjelajah dunia dan sisi lain kehidupan yang belum pernah dirasakannya.

Sebagai contoh adalah seorang remaja. Mereka yang sedang berada di perbatasan antara dunia anak-anak dan dunia orang dewasa. Emosi mereka cenderung labil dan sangat rentan. Ketika mereka mulai berfikir tentang "aku ingin ini" dan "aku ingin itu", maka mereka tidak akan meminta pada orang dewasa, melainkan mereka akan mulai mengambil tindakan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Itulah awal dari sebuah proses pendewasaan diri.

Remaja yang memiliki pola pikir terarah akan mengupayakan cara yang efisien dan tidak menimbulkan masalah. Tapi kebanyakan remaja masih sulit dalam menentukan langkah. Dan kesalahan langkah yang dilakukan menjadi awal dari timbulnya permasalahan di dalam diri seorang remaja.

Ketika seorang remaja telah menentukan jalan, mereka mungkin bisa berubah menjadi lebih baik karena kemampuannya dalam membaca kondisi di lingkungan sekitar. Namun ada juga remaja yang salah mengambil langkah. Bahkan tak sedikit kenakalan remaja berbuah dari niatan mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sudah sepatutnya sebagai orang dewasa untuk dapat mengawasi dan mengarahkan para remaja agar mereka tidak salah dalam mengambil langkah dalam mencapai sebuah tujuan.

Apalagi masa remaja adalah masa yang sangat baik untuk menggali dan memantapkan potensi di dalam diri seseorang. Semangat mereka sedang memuncak, atau istilahnya on fire. Dengah semangat yang tinggi, jika seorang remaja diarahkan untuk hal-hal yang positif, maka mereka akan dapat mengikuti hal tersebut dengan sangat baik. Bidang yang biasanya diminati oleh para remaja adalah musik, sastra, seni, teknologi dan olahraga. Semuanya adalah hal yang baik untuk dikembangkan. 

Jadi, para remaja, marilah kita manfaatkan momen ini sebaik mungkin untuk menyambut masa depan yang cerah. Saat kita ingin mengambil langkah, cobalah untuk meminta saran dan pendapat dari orang-orang yang lebih dewasa, dan tentunya orang yang benar-benar mengenal kalian. Dengan begitu saran-saran dan nasehat yang diberikan  memungkinkan bagi kita untuk mampu mempertimbangkan apa yang terbaik untuk kita.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.