Membangun Indonesia

6:04 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Hai, para pemuda. Bangunlah untuk membangun Indonesia.
Tanah ini telah merdeka, begitu pula seharusnya kita.
Jangan biarkan diri ini kembali terhempas ke dalam kegelapan.
Jangan biarkan tangan-tangan itu terus menerkam dan mencekik leher ini.
Bebas, dan teruslah terbang mengepakkan sayap.

69 tahun sudah Indonesia meraih kemerdekaan. Ketika Sang Merah Putih berkibar di atas tiang yang tinggi, hendaknya kita bersama dengan bangga mengangkat tangan, memberikan penghormatan atas segala jerih payah yang telah dilakukan oleh para pahlawan. Kita mungkin tak pernah benar-benar mengerti tentang bagaimana kerasnya perjuangan untuk dapat meraih kemerdekaan itu. Kita mungkin tak mampu benar-benar merasakan sakit dan pedihnya saat mencoba melangkah menggenggam sebuah kebebasan dan hak asasi manusia.

Kita yang kini berdiri di atas tanah yang merdeka, sementara dulu di sana semua orang berjuang untuk mengangkat tanah ini. Lihat mata-mata yang telah sayu itu. Wajah-wajah yang berkeriput. Mereka yang sudah tuli, atau bahkan sudah buta. Mereka yang lahir jauh sebelum kita, mungkinlah orang-orang yang pernah merasakan arti sebuah perjuangan. Saat usia mereka belia, waktu yang dimiliki tak pernah mereka sia-siakan. Sebuah perasaan terdesak oleh keadaan, oleh sebuah rasa rindu untuk dapat meningkatkan derajat bangsa, dan mereka pun ikut mengupayakannya.

Kini segala waktu yang kita miliki tak pernah terancam oleh genjatan senjata dalam peperangan. Kita dapat duduk dengan tenang, menikmati setiap waktu yang berlalu tanpa ada rasa cemas dan was-was. Sungguh merugi seandainya kita membiarkan waktu itu dibuang percuma.

Kita, para pemuda yang mestinya terus berupaya menjadikan negeri ini sebagai negeri yang maju. Kita tak mau kenangan pahit masa lalu itu terulang kembali. Bangsa ini sebenarnya begitu kuat, namun para pemudanya yang tak percaya akan kemampuan yang mereka miliki. Para pemuda Indonesia itu cerdas dan berbakat, janganlah mau terus ditindas, dikucilkan.

Bangun, bangun, bangun. Bangun negeri ini menjadi negeri impian bagi kita semua yang berdiri di atasnya. Jadikan negeri ini sebagai rumah dan sumber kehidupan bagi kita semua. Memang benar, hidup harus dibangun dengan segala usaha dan pengorbanan. Janganlah berfikir bahwa hidup ini sulit, tapi kehidupan memang akan mengajarkan kepada kita, bahwa sebuah usaha akan mampu menjadikan pribadi yang lebih kuat, pribadi yang mampu menghargai sebuah pencapaian keberhasilan.

Merdeka, merdeka, merdeka. Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69. Bangunlah negeri ini dengan segenap jiwa raga, dengan segala daya dan upaya. Maka suatu saat, kita yang berdiri di atasnya dengan rasa bangga sembari berkata, "Inilah Indonesia kita, negeri yang kita bangun bersama".

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.