DIVERGENT

7:47 PM Nur Mumtahana 2 Comments


Perang dunia menghancurkan segalanya. Dan muncullah revolusi baru ketika sebuah negara didirikan dengan membagi penduduknya ke dalam 5 golongan yang di sebut faksi. Faksi Candor yang memiliki sifat jujur, Erudite yang memiliki sifat jenius, Amity memiliki sifat suka damai, Dauntless yakni yang memiliki sifat pemberani, dan Abnegation sebagai penolong tanpa pamrih.

Ketika memasuki usia dewasa, setiap orang harus menentukan faksi apa yang akan mereka pilih. Beatrice Prior telah bercita-cita untuk bisa tergabung ke dalam Faksi Dauntless, namun pada tes kepribadian didapati bahwa ia dikategorikan ke dalam tiga 
golongan, Dauntless, Erudite dan Abnegation, faksi asalnya. Seseorang yang tidak dapat dikategorikan ke dalam satu Faksi saja dikenal sebagai Divergent.

Tori, pendamping ujian Beatrice meminta agar identitasnya sebagai Divergent dapat dirahasiakan karena keberadaan Divergent selalu menjadi ancaman. Mereka tak dapat diatur oleh satu faksi dan hal tersebut akan dapat merusak sistem yang telah ditetapkan selama ini. Bahkan Divergent dianggap sebagai buronan yang harus dibunuh. Mengetahui hal tersebut, Beatrice pun mencoba agar dapat lulus setiap tes dan meyakinkan semua orang bahwa dirinya adalah seorang Dauntless. Sejak tergabung ke dalam Dauntless, Beatrice merubah namanya menjadi Tris.

Four, salah seorang pelatihnya di Dauntless juga adalah seorang Divergent. Dia pun masih merahasiakan identitasnya di tengah-tengah faksi Dauntless tempat ia bergabung. Dan persamaan tersebut menjadikan Tris merasa terkurangi bebannya di tengah tekanan yang ia hadapi selama menjalani latihan.

Dengan berbagai cara Four berusaha membantu Tris melewati ujian kepribadian yang terakhir. Tris pun masuk ke dalam alam bawah sadar Four. Di sana Four menunjukkan bagaimana cara seorang Dauntless menghadapi ketakutannya. Tris pun akhirnya dapat lolos pada tes terakhir dan menjadikannya secara resmi tergabung ke dalam Dauntless.

Pada sebuah kesempatan Four menunjukkan kepada Tris tetang faksi Erudite yang berencana untuk menciptakan pasukan dengan mengendalikan otak para Dauntless. Mereka ingin menjadi pemimpin di antara faksi lain. Sementara itu Tris mengetahui bahwa saudaranya, Caleb Prior telah tergabung ke dalam faksi Erudite.

Semua Dauntless diberi obat dan alat pelacak yang membuat para Erudite dapat mengendalikan pikiran mereka. Namun hal tersebut tidak bekerja bagi Divergent. Bersama dengan Four, Tris mencoba untuk mencegah usaha Erudite untuk membunuh orang-orang dari faksi Abnegation. Akhirnya identitas Tris dan Four sebagai Divergent pun diketahui. Tris berhasil melarikan diri, sementara Four tertangkap.

Ibu Tris yang dulunya juga tergabung ke dalam Dauntless pun tewas dalam kejadian tersebut demi melindungi putrinya, dan hal tersebut mengantar Tris ke pusat pengendali pasukan yang berada di dalam markas Dauntless. Bersama dengan Caleb, ayahnya, Marcus Eaton dan Peter, mereka melawan semua pasukan penjaga. Ayah Tris pun tewas, dan Tris berhasil masuk ke dalam ruang pengendali berhadapan langsung dengan Jeanine Matthews, pemimpin Erudite yang juga adalah pengendali semua sistem yang ada.

Di tempat tersebut Tris bertemu dengan Four, namun Four berada di bawah kendali Erudite. Ia pun melawan Tris, namun dengan mengarahkan pistol ke kepalanya sendiri, Tris berhasil membuat Four mendapatkan kesadarannya. Mereka pun melawan semua pasukan penjaga dan berhasil membatalkan program yang mengendalikan pikiran para pasukan Dauntless dengan mengendalikan otak Jeanine Matthews.

Sejak hari itu, Tris dan Four yang bernama asli Tobias Eaton pun meninggalkan segalanya. Kini mereka menjadi non-faksi, dan hidup menyendiri jauh dari faksi-faksi lain.

2 comments:

  1. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaha... Terima kasih sudah berkunjung ^_^

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.