Hal Menyebalkan Saat Liburan

7:40 AM Nur Mumtahana 6 Comments


Libur telah tiba, hatiku gembira...

Kelihatannya tulisan ini sedikit terlambat. Apalagi jelas sekali kalau hari ini adalah hari libur terakhir. Tapi apa salahnya terlambat? Itu jelas lebih baik ketimbang tidak sama sekali.

Akhir tahun memang selalu menjadi momen yang menyenangkan. Libur akhir tahun yang bebarengan dengan liburan sekolah menjadikannya sebagai libur panjang yang paling fenomenal di Indonesia. Ya, sedikit berlebihan, tapi memang demikian. Libur sekolah di bulan Juli tidak pernah seheboh dan seramai di bulan Desember.

Libur yang lumayan panjang, sekitar dua minggu sampai tahun baru tiba. Tapi ternyata liburan tak selamanya menyenangkan. Ada juga hal-hal menjengkelkan yang bisa timbul di hari libur. Apa saja hal-hal itu? Let's check it out!


  1. Libur tapi berangkat. Loh? Kok bisa? Ya tentu bisa. Itu hal yang sering terjadi di antara kita semua. Kalau hari libur tapi ada tugas kelompok yang harus dikerjakan, ya tentu saja kita harus berangkat. Apalagi untuk para pekerja. Kadang di tengah-tengah hari libur tetap ada jadwal piket yang harus dipenuhi. Sangat tidak menyenangkan kalau jadwal piket jatuh di tengah-tengah liburan. Dan itu adalah salah satu resiko yang mengganggu libur panjang akhir tahun.
  2. Tidak dapat uang jajan. Itu berlaku buat kalian para pelajar yang mengandalkan penghasilan dari uang jajan. Kalau uang jajan kalian dijatah bulanan jelas itu lebih baik. Kalian untung banyak. Tapi kalau untuk teman-teman yang jatah uang jajannya harian, di sini hanya bisa turut berduka cita. Sudah dipastikan hari libur tanpa uang jajan ibarat hidup tapi tidak makan.
  3. Tidak ada acara jalan-jalan. Kalau liburan ya harus jalan-jalan. Sebenarnya itu bukan sebuah keharusan, tapi afdolnya memang begitu. Kalau liburan cuma di rumah rasanya kurang puas. Jadi sebisa mungkin kalian menyusun jadwal liburan supaya semua hari bisa dilewati dengan menyenangkan.
  4. Liburan dibatalkan. Ini dia hal yang paling sering terjadi. Jauh-jauh hari sebelum liburan sudah menyusun rencana ini dan itu. Tapi kenyataannya tidak satu pun yang terlaksana. Kecewa ya kecewa, tapi bagaimanapun juga manusia hanya bisa berencana. Tapi kita tidak tahu apa yang bakal terjadi nantinya. Mungkin sebagai antisipasi kita harus pandai membuat rencana cadangan. Jadi kalau rencana utama gagal semua, kita masih punya daftar hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan.
  5. Tidak ada acara TV yang bagus. Walaupun libur akhir tahun sangat terkenal dengan acara TV yang bagus-bagus yang bertemakan anak-anak, tapi kadang selera orang kan berbeda-beda. Lalu bagaimana cara untuk mengantisipasi hal tersebut? Sebelum liburan cobalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin film bagus di dalam gadget untuk ditonton kalau tidak ada acara TV yang bagus. It works! Dijamin. Sudah dibutktikan. Bahkan dalam tiga hari saya berhasil menyelesaikan 40 episode film anime Eyeshield 21.
  6. Libur pasti berakhir. Ini dia kenyataan paling pahit yang harus dihadapi. Seberapa panjangpun liburan pasti akan berakhir. Hari terakhir menjadi momen yang membuat orang uring-uringan karena masih merasa ingin liburan lebih lama. Rasanya ingin sekali waktu berjalan mundur. Ingin sekali mengulangi liburan sejak awal dan menggunakan semua waktu itu untuk hal-hal paling menyenangkan. Tapi ini kenyataan. Cobalah untuk dihadapi. Tak rela? Itu adalah sesuatu yang dirasakan hampir oleh semua orang, kecuali orang-orang tertentu pastinya.
Ada banyak lagi hal-hal yang menyebalkan terjadi saat liburan. Mungkin teman-teman bisa menambahkan? Bagaian mana yang menyebalkan saa menghabiskan waktu liburan?

6 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.