Chef Hana Is Back !

12:51 PM Nur Mumtahana 0 Comments

Selain punya hobi makan, saya juga sebenarnya punya hobi masak. Tapi terlalu banyak alasan yang bikin saya malas masak. Beberapa alasannya adalah karena kondisi dapur yang berantakan. Tidak mendukung untuk aktivitas seorang chef (mudah-mudahan suatu suatu saat nanti tercapai) seperti saya. Dan alasan kedua adalah karena bahan masakan yang tidak saya sukai. Alasan ketiga adalah karena sedang banyak tugas yang harus dikerjakan, alasan keempat adalah karena lagi nggak mood, dan alasan lainnya tidak bisa saya jelaskan karena belum teridentifikasi.

Nah, terinspirasi dari momen saat menginap di Tuwel, salah satu teman saya - sang tuan rumah, Wulan namanya masak bacem ayam pakai kecap bumbu bacem. Pas liat dia masak, saya sempat dibuat tertegun, kok masaknya gampang banget ya? Cuma rebus ayam, terus masukin kecap bumbu bacemnya, dikasih penyedap sedikit, dikasih garam sedikit, tunggu mateng, trus angkat. Simpel banget, kan? Ngga pake ngulek bumbu segala. Dan begitu dicoba, ayam bacem masakannya luar biasa enak. Entah itu karena beneran enak atau karena cuaca di Tuwel yang lumayan bikin laper.

Dan hari ini, mama saya teriak-teriak mulu, "Hana, ayo dong masak. Mumpung libur. Anak perempuan harus bisa masak..." dan masih panjang lagi kalimat mama saya, tapi saya pas kebetulan lagi sibuk ngerjain tugas kantor. Tapi alhasil untuk mencegah mama saya teriak-teriak lebih lama, saya pun bangkit dari tempat duduk dan langsung mengambil bahan makanan ini itu buat dimasak.

Penginnya sih masak ayam bacem kaya yang pernah dimasak Wulan, tapi hari ini mama ngga belanja ayam, jadi terpaksa cuma bisa bikin bacem tahu tempe. Dan biar keren, saya kasih sosis juga. Adik saya langsung protes, "Masa bacem di kasih sosis?!", dan saya balas protesnya, "Ya biarin. Kalau ngga suka biar nanti saya sendiri yang makan."

Bacem yang keasinan
Dan akhirnya hari minggu ini saya berpetualang di dapur yang berantakan. Tidak disangka, masakan yang sedikit keasinan ini rasanya lumayan enak juga. Akhirnya jiwa seorang chef saya kembali. Ya, ini awal pekan yang menyenangkan untuk memulai aktivitas esok hari.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.