Dianjurkan Untuk Tidak Memakai Kacamata Saat Melakukan Aktivitas Ini

8:25 PM Nur Mumtahana 4 Comments


Punya mata min (-) atau (+) ? Jika memang demikian, kalian pasti harus memakai kacamata untuk membantu penglihatan. Selain untuk membaca, menulis atau berhadapan dengan monitor komputer, penderita gangguan mata yang sudah lumayan berat pun harus memakai kacamata sepanjang hari selama melakukan aktivitas. Tapi tahukan teman-teman kalau ada aktivitas yang tidak menganjurkan kita memakai kacamata? Yuk disimak.
  1. Mandi. Bagaimanapun juga tidak akan ada orang yang mencoba mandi dengan memakai kacamata. Selain karena kacamata tidak terlalu dibutuhkan saat mandi, memakainya pun justru bisa sangat mengganggu. Bayangkan saja ketika sedang mandi dan hendak membasuh muka? Sudah pasti si kacamata akan membuat segalanya jadi berantakan. Belum lagi kalau sedang keramas dan shamponya tak sengaja menetes dari ramput dan masuk ke mata. Kita akan kerepotan saat harus membasuhnya dengan air. Jadi dianjurkan sekali untuk tidak memakai kacamata saat mandi.
  2. Mengemudi sepeda motor saat hujan. Ketika mengendarai sepeda motor, sudah pasti kita diwajibkan untuk mengenakan helm. Selain untuk keselamatan saat berkendara, helm juga bisa menyelamatkan kita dari undang-undang lalu lintas. Sayang kan kalau harus ditilang karena tidak mengenakan helm. Sementara saat hujan kita bisa merasakan bahwa suhu udara di balik helm jelas lebih hangat dibandingkan suhu bagian luar helm. Hal tersebut membuat kacamata kita berembun dan semakin menganggu penglihatan. Jadi jika kita memiliki penglihatan yang kurang baik, hindari berkendara sepeda motor saat hujan lebat.
  3. Makan bakso, soto atau mie. Ketiga makanan yang disebutkan barusan adalah tiga makanan yang menjadi belahan jiwa bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Makanan berkuah yang sangat lezat jika disantap saat masih panas. Kalau kita bicara tentang panas, kita akan berbicara dengan uap. Apabila teman-teman biasa mengenakan kacamata saat beraktivitas, sangat dianjurkan untuk melepasnya segera. Kenapa? Karena ketika kita menundukkan kepala menghadap ke arah makanan yang masih panas tersebut, otomatis lensa kacamata akan langsung buram seperti berembun karena uapnya. Coba saja lakukan.
  4. Minum minuman panas. Sama halnya dengan makanan di atas, minuman yang panas pun akan menganggu penglihatan. Coba saja ambil secangkir kopi panas. Sebelum meminumnya, teman-teman pasti akan meniup kopi tersebut. Saat itulah kacamata akan langsung buram dan semakin tak nyaman untuk digunakan. Walaupun efeknya tidak lama, tapi tetap saja menganggu.
  5. Foto. Kalau sekedar selfi menggunakan kamera ponsel tidak jadi masalah. Tapi kalau kamera yang digunakan sudah memakai feature lampu flash, akan lebih baik jika tidak memakai kacamata. Terkadang jika memakai kacamata hasil yang diperoleh justru akan nampak mengecewakan karena pantulan cahaya pada lensa kacamata.
  6. Olahraga. Walaupun tidak ada larangan memakai kacamata saat berolahraga, tapi nyatanya hal tersebut akan terasa menganggu ketika tubuh banyak bergerak. Jika ukuran kacamatanya pas, dipakai untuk berlari atau push up mungkin tidak masalah. Tapi jangan sekali-kali memakai kacamata saat harus melakukan roll depan atau roll belakang. Pengalaman yang pernah terjadi adalah kacamata yang dikenakan patah karena tekanan saat melakukan gerakan. Sedangkan saat berenang kita justru dianjurkan untuk memakai kacamata, tapi kacamata yang harus kita pakai adalah kacamata renang. Ingat! Kacamata renang. Bukan yang lain :D
  7. Menggendong anak kecil. Kalau anak kecil yang digendong masih berusia beberapa bulan tidak jadi masalah. Tapi kalau usianya hampir memasuki satu tahun dan mulai aktif bergerak, waspadahal sedikit. Si anak mulai punya keinginan untuk memegang segala hal disekelilingnya. Dan kacamata yang digunakan pun akan menjadi salah satu sasarannya.
  8. Tidur. Kalau yang satu ini semua orang juga tahu. Tidak mungkin ada orang yang dengan sengaja memakai kacamata saat akan tidur. Yang ada hanyalah orang yang kelupaan. Mungkin sedang membaca sambil berbaring di atas kasur kemudian ketiduran. Hal ini juga sering terjadi pada orang-orang yang memiliki jam kerja tinggi. Saat niatnya hanya istirahat sebentar di tengah pekerjaan yang menumpuk, tapi akhirnya tubuh yang lelah menghendaki untuk tidur. Jadilah tak sempat melepas kacamata.
Bagaimana? Setuju? Atau mungkin ada yang kurang dan perlu ditambahkan dari daftar aktivitas di atas? Tapi yang pasti, kita harus mengutamakan kenyamanan. Jangan sampai si kacamata yang niatnya membantu justru menganggu. Walaupun lensa kontak sudah hadir sebagai alternatif bagi para penderita gangguan penglihatan, tapi kacamata masih tetap menjadi idaman karena penggunaannya lebih mudah tidak membutuhkan cara-cara khusus.

4 comments:

  1. 9. Mau ngasih obat tetes mata ke mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget...
      Mesti dimasukkan ke dalam daftar nih :D

      Delete
  2. agak susah kalo melepas kacamata saat mengemudi buat saya. secara mata minus. amannya neduh aja kali ya? xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Neduh aja deh... biar ngga masuk angin :D

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.