Hal Yang Dikangenin Waktu Masih Sekolah

7:41 PM Nur Mumtahana 8 Comments


Siapa yang sekarang masih sekolah?

Siapa yang dulu pernah sekolah?

Siapa yang pengin lanjutin sekolah?

Masa-masa sekolah itu masa-masa paling ngangenin loh, sob. Katanya. Tapi kayanya iya deh. Yakin 100% deh kalau teman-teman semua pas masih sekolah pasti pengen cepet-cepet lulus, trus kerja dan bisa gajian. Pasti itu. Ayo ngaku, ayo ngaku. Tapi pas udah lulus pasti pengin balik jadi anak sekolahan lagi. Bener kan? Ayo ngaku, anyo ngaku.

Kalau hal kaya gitu terjadi, sebenarnya wajar kok. Hampir 100% remaja pernah merasa kangen sama masa-masa sekolahnya dulu. Alesan mereka kangen sama masa-masa sekolah itu ada banyak. Diantaranya :
  1. Kangen dikasih uang jajan sama ortu. Ya, uang jajan itu ibarat hak yang harus kita terima selama menjadi anak sekolah. Terlebih lagi buat teman-teman yang sekolahnya mesti naik angkot. Ngga mungkin kan kalau kita mau ngebon dulu sama tukang angkotnya trus bayar pas kita udah kerja? Selain buat naik angkot, uang jajan juga dipake buat jajan. Ngga ada anak sekolah yang ngga doyan jajan, kecuali kalo mereka punya alasan khusus yang super super khusus. Dan buat anak sekolah yang baik, biasanya dia rajin menabung. Uang jajan pasti bakalan disisihin buat beli sesuatu yang bermanfaat. Itu anak baik. Tapi kalau yang kurang baik, mana sempat dia nabung. Buat jajan aja kadang sampe ngutang sama ibu kantin. Dan kebutuhan yang paling sering menguras uang jajan anak sekolah adalah fotocopy. Itulah rumitnya keuangan anak sekolah.
  2. Kangen kebut-kebutan sama satpam yang jaga gerbang. Masa sekolah kalian ngga asik kalau kalian belum pernah ngerasain yang namanya berangkat kesiangan. Kadang turun dari angkot kita mesti lari-lari, kejar-kejaran sama pak satpam yang udah mau nutup gerbang sekolah. Kita berasa kaya atlet lari yang hampir sampai ke garis finis. Dan kalau akhirnya kita terlambat beberapa detik setelah pintu gerbang ditutup, kita mesti rela terima hukuman untuk menyapu halaman sekolah yang super luas. Dan yang bikin sebel lagi kalau cuacanya berangin. Dua jam dihukum pun halaman ngga bakal bersih.
  3. Kangen nyontek. Siapa yang dulu pernah nyontek? Ayo ngaku. Ngga usah malu. Nyontek itu hal yang wajar kok buat anak sekolah, walaupun akan lebih baik kalau kita berusaha buat ngga nyontek. Ayah Ibu saya sendiri pernah bilang, "Ngga papa kalau kamu kasih contekan ke teman, tapi kalau bisa kamu jangan sampai nyontek sama teman yang lain." Itu artinya saya mesti ikhlas pas ngasih contekan, dan jangan mengharapkan imbalan, apalagi balas dikasih contekan. Tapi sensasi jadi anak sekolah itu memang pas nyontek. Ulangan pelajaran yang super sulit, dijaga guru yang super killer, saat itulah adrenalin anak sekolah diuji. Mampukah kalian melawan rasa takut itu?
  4. Kangen ngerjan PR di luar kelas. Kadang guru ngasih PR buat siswanya, trus pas harus dikumpulin, beberapa siswa bilang kalau mereka belum mengerjakan PR. Alhasil mereka disuruh keluar dan ngerjain PR di luar kelas. Sebenarnya siswa juga manusia biasa. Mereka pasti punya alasan kenapa ngga ngerjain PR. Lupa adalah alasan klasik dan paling sering dipakai oleh kalangan anak sekolah. Nampaknya si 'lupa' mendapat rangking 1 di antara alasan-alasan lain yang bikin anak sekolah ngga ngerjain PR. Selain lupa, alasan buku ketinggalan, PR susah, buku yang basah gara-gara hujan sampe buku yang hilang pun tak kalah ngehitsnya.
  5. Kangen jajan di kantin. Siapa anak sekolah yang ngga seneng pas jam isitrahat datang? Kecuali buat mereka yang uang jajannya sudah habis sebelum jam istirahat bunyi pastinya. Semua siswa saling beradu kecepatan menuju ke kantin. Apa alasannya? Tentu saja supaya mereka bisa memesan makanan sebelum kantin jadi super ramai. Nyebelin juga kan kalau jam istirahat cuma dihabisin buat ngantri beli makanan, pas makanan sampe, bel masuk udah bunyi. Alhasil makan cepet-cepet, keselek dan pingsan. Jangan sampe deh ada kejadian kaya gitu. So, kalian mesti pinter-pinter beradu kecepatan sama yang lain.
  6. Kangen didenda sama petugas perpustakaan. Percaya atau ngga, dulu saya pernah pinjam buku dan telat ngembaliin sampai satu tahun. Bisa dibayangin berapa denda yang mesti di bayar. Kala itu terlambat satu hari saja dendanya Rp. 600. Saya maju mundur buat ngembaliin buku. Takut kalau petugas perpusnya bakalan marah-marah, ditambah lagi uang jajan saya yang pasti bakalan ludes cuma buat bayar dendan keterlambatan ngembaliin buku. Bahkan nama saya sampai dipasang di papan depan pengumuman. Malu juga sih, tapi saya takut. Ya, untungnya sebelum kelulusan saya sudah memberanikan diri buat ngembaliin itu buku, dan ternyata petugas perpustakaan yang baik hati ngga minta saya buat bayar denda sebanyak perhitungan yang semestinya. Jadi keterlambatan 1 tahun itu cukup dibayar dengan Rp. 23.000
  7. Kangen kerja kelompok. Sebenarnya dalam kerja kelompok itu ngga semuanya beneran kerja. Kalaupun iya, mereka paling cuma ikutan nimbrung sebentar, biar bisa dianggap sebagai anggota. Tapi yang pasti, si ketua kelompok yang paling cerdas itu bakalan menghandel semua tugas. Yang lain malah asik bercanda, main sendiri dan tinggal nerima beres aja. Ya, itu dia senengnya jadi anggota kelompok, dan untungnya kelompok selalu diketuai sama siswa yang paling cerdas. Jadi selain kita happy, kita juga dapat nilai bagus.
  8. Kangen bolos sekolah. Hayoooo... siapa yang pernah bolos di sekolah? Kalau kalian pernah bolos dan ketahuan sama salah satu guru, sudah pasti itu bakalan jadi salah satu momen paling dikangenin setelah lulus nanti. Dijamin deh.
  9. Kangen sama si dia. Tidak bisa dipungkiri kalau masa sekolah itu jadi masa-masa yang paling indah kalau kita udah ngerasain yang namanya fall in love. Entah itu sama kakak kelas, sama teman kelas tentangga, sama teman sekelas atau bahkan sama teman sebangku. Hari-hari kita di sekolah mendadak jadi cerah meski cuaca mendung, hujan deras dan kilat menyambar. Tapi pas patah hati, bunga mawar pun hanya dilihat durinya saja. Tapi si dia juga bisa jadi salah satu motivator terbesar, sumber semangat yang paling hebat.
Nah, hal-hal apa aja yang kalian kangenin selama masih sekolah? Buat teman-teman yang masih sekolah, coba deh kalian nikmati semua momen-momen yang ada di dunia kalian saat ini. Suatu saat nanti, kalian pasti kangen dan pengin punya yang namanya mesin waktu. It's impossible, jadi kalian mesti bisa menjadikan setiap waktu yang berlalu menjadi kenangan yang indah di masa depan. 

8 comments:

  1. Hahaha sebagian besar sih sama kecuali kebut2an sama satpam, nyontek, bolos dan poin terakhir. Kalau saya sih kangen banget ketika bisa hampir setiap hari karaokean setelah pulang sekolah. Dulu pas zaman saya masih sekolah, harga sewa ruangan buat karaoke masih murah meriah hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya dulu sih boro-boro mau karokean, uang jajan habis buat fotocopy melulu...

      Delete
  2. Kalo aku sih, moment yang paling dikangenin pas Sekolah itu moment pas jajan di kanton tapi gak bayar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo.... baru ngaku nih sekarang... :D

      Delete
  3. Banyak sih yang bikin kangen dari sekolah. Kalau di jabarin satu satu mah gak selese. Padahal dulu suka ngeluh kalau sekolah, sekrang malah kangen ya hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bener tuh... dulu bawaannya pengin cepet lulus. Pas udah lulus malah pengin sekolah lagi.

      Delete
  4. Intinya pasti kangen semua lah :D

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.