Jomblo - Bukan Tak Laku, Hanya Saja Masih Menunggu

8:27 AM Nur Mumtahana 2 Comments

Happy Girl,HD Wallpapers,Images,Pictures

"Orang mana yang belum pernah pacaran?" 

Jika memang kalimat itu keluar dari mulut seseorang, maka ia tengah bermaksud menyindir mereka yang telah memutuskan untuk tidak mengikat hubungan dengan orang lain sebagai pacar atau kekasih. Dan mungkin saya adalah salah satu dari beberapa orang yang mereka sindir. Walaupun demikian, saya merasa semuanya baik-baik saja.

Seringkali saya mendapati para muda-mudi tengah berjalan berdua, makan berdua, bermain berdua bersama pasangannya. Saya hanya melihat sesaat, kemudian mengabaikan mereka. Ya, secara jelas setiap kali saya melihat pemandangan seperti itu, saya sedang sendirian. Menghabiskan waktu sebagai seorang yang tak punya pasangan. Bukan tak punya, lebih tepatnya belum punya.

Beberapa orang mengeluh, berfikir bahwa dunia ini berakhir ketika semua orang berpasangan tapi dirinya masih sendiri. Kenapa mereka berpikir demikian? Mungkin karena mereka kesepian. Mereka belum tahu saja, kalau sebenarnya sendirian itu tidak selamanya menjadi momok yang menakutkan. Terkecuali kalau sendirian di tengah tempat berhantu, pastinya.

Menjadi seorang jomblo bukanlah hal yang buruk. Tapi satu yang pasti, saya tidak pernah mau disebut sebagai jones (jomblo ngenes). Sejujurnya saya tidak sengenes itu. Kalaupun harus pergi belanja sendirian, it's okay. Saya punya kebebasan seluas-luasnya tanpa khawatir seseorang merasa bosan dengan hal tersebut. Kalaupun makan sendirian, itu tidak akan mengurangi selera makan saya.

Dan yang pasti, saat sendirian adalah saat-saat emas di mana kita bisa menyelami diri kita yang sesungguhnya. Kita akan membangun jati diri tanpa takut ada orang lain yang tak menyukainya. Apalabila memiliki pasangan, mungkin kita akan merasa sedikit tertekan, kita akan mulai sedikit lari dari diri kita yang sesungguhnya semata-mata untuk menutupi kekurangan yang ada. Dan saat menjadi seorang jomblo, apa dan untuk siapa kita menutupi kekurangan ini? Kita mungkin bisa menjadi jati diri yang seutuhnya dan bukan menutupi kekurangan, melainkan mulai mencoba untuk memperbaikinya.

Selain itu, saat berstatus menjadi jomlo adalah saat yang tepat bagi kita untuk mengeksplor segala kemampuan yang kita miliki. Kembangkan kemampun tersebut menjadi hal yang bermanfaat bagi diri sendiri atau orang lain. Kita juga bisa lebih mendalami hobi kita selama ini. Jika memiliki hobi menulis atau fotografi, cobalah untuk bisa menjadikan hobi tersebut sebagai pasang setiamu. Jadikan ia sebagai satu sosok yang mampu membuat hari-harimu lebih menyenangkan.

Jika seseorang melihat kita sebagai sosok yang malang karena terhanyut dalam kesendirian, mereka salah. Mereka tak tahu saja kalau sendirian ternyata bisa menjadi cara ternyaman untuk menjalani hari-hari. Pacar tak selamanya menjadi tolok ukur semangat kita, karena pada dasarnya orang-orang di sekitar kita, seperti keluarga dan teman-teman tentu bisa menjadi motivasi yang luar biasa.

Percaya, kan bahwa tulang rusuk tidak akan pernah tertukar? Biarlah kita menjadi seorang jomblo di masa kini, tapi di masa mendatang, kita mungkin akan hidup bahagia, berpasangan dengan seseorang dan memiliki ikatan yang sah.

Dan ketahuilah kawan. Saat sendiri adalah saat terbaik bagi kita untuk merenungi satu hal. Tentulah dalam hati kita punya keinginan untuk bisa hidup bahagia dengan seseorang suatu hari nanti. Dan inilah saat yang tepat untuk mempersiapkan hal tersebut. Mulailah untuk memperbaiki diri. Karena hanya dengan hal tersebut, kita mungkin akan mendapat pasangan sejati yang baik pula. 

Jadi, berhentilah mengolok-olok seorang jomblo. Karena bukannya ia tak laku, ia hanya sedang menunggu seseorang yang tepat baginya. Bukan untuk berpacaran, tapi untuk menjalin hubungan sah di hadapan sang pemilik alam semesta. Insya Allah.

Jaga selalu hati ini.

2 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.