Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

5:46 PM Nur Mumtahana 0 Comments

Sampai sekarang, saya masih bingung. Kenapa saya ditunjuk sebagai pembina PMR di sekolah. Apa karena muka saya mirip kotak P3K? Mungkin saja.

Jadi, seperti di minggu-minggu biasanya, kamis ini saya harus mendampingi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR. Sebenarnya senang juga menjadi pembina PMR. Selain bisa dekat dengan para siswa, saya juga bisa mendapat banyak pengetahuan baru saat mendampingi dalam kegiatan tersebut.

Pada pertemuan hari ini, Kak Rohadi memberikan materi tentang Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar.



Berikut cara mencuci tangan yang baik dan benar :
  1. Lepaskan semua perhiasan atau aksesoris di tangan, lalu letakkan di tempatnya
  2. Jika memakai pakaian lengan panjang, singsingkan lengan sampai ke siku
  3. Dekati sumber air
  4. Buka putaran kran
  5. Basahi putaran kran dengan air
  6. Ambil sabun, basahi sabun
  7. Gosok-gosok putaran kran dengan sabun
  8. Sabun dicuci dan kembalikan ke tempatnya
  9. Bilas kran dengan air
  10. Jika sudah bersih, basahi tangan. Mulai dari jari-jari, sela-sela jari, punggung tangan, telapak tangan, sampai ke siku
  11. Ambil sabun, basahi sabun
  12. Sabuni tangan. Mulai jari-jari, sela-sela jari, punggung tangan, telapak tangan, sampai ke siku
  13. Sabun dicuci, kembalikan ke tempatnya
  14. Abil sikat kuku, basahi sikat
  15. Sikat kuku tangan kanan dan kiri dari arah dalam ke luar
  16. Sikat dicuci, kembalikan ke tempatnya
  17. Bilas tangan sampai bersih. Mulai dari jari-jari, sela-sela jari, punggung tangan, telapak tangan, sampai ke siku
  18. Setelah bersih, bilas putaran kran dengan air, kemudian kran ditutup
  19. Ambil handuk kecil
  20. Keringkan tangan dengan handuk kecil dari sisi yang berbeda dengan cara ditepuk-tepuk
Saat beliau menarasikan materi sembari mempraktikkannya di dalam ruangan, saya cukup takjub. Ternyata mencuci tangan yang baik ada langkah-langkahnya sampai sedetail itu. Padahal, dalam keseharian kita sering mencuci tangan sekedar untuk formalitas sebelum makan. Hanya dengan membasahi tangan, menggosokkan sabun, lalu membilasnya.

Kalian mungkin berfikir, "Cuci tangan kok ribet banget?". Tapi sebenarnya kalau dipraktekkan tidak seribet tulisannya. Apalagi langkah-langkah di atas memang sangat bagus untuk diterapkan. Kita juga tahu, kan, kalau tujuan dari mencuci tangan adalah untuk menyingkirkan kuman-kuman dari tangan kita.

Jadi, kalau ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari mencuci tangan, jangan berpikir kalau cara di atas terlalu merepotkan. Mungkin butuh pembiasaan pada awalnya. Tapi lama-lama pasti akan terbiasa. Dan kebiasaan mencuci tangan yang baik dan benar adalah satu cara untuk mencegah timbulnya penyakit seperti diare atau tifus.

Oke deh. Tambah lagi pengetahuan hari ini. Ternyata, di antara banyaknya aktivitas dalam keseharian, selalu ada pelajaran yang bermanfaat. Seperti pengetahuan tentang cara mencuci tangan yang baik pada pertemuan ekstrakurikuler PMR hari ini. 

Gimana kawan? Mulai sekarang, jangan malas cuci tangan yah. Karena cara termudah untuk tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihan. Baik kebersihan lingkungan, kebersihan makanan ataupun kebersihan badan kita sendiri.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.