Kenapa Blogging ???

8:29 PM Nur Mumtahana 7 Comments




Blog? Kenapa ya saya bisa kepikiran untuk membuat sebuah blog? Terus terang, saya itu dulunya kudet untuk masalah yang berbau teknologi. Pasalnya, dari kecil saya memang tidak mendapat fasilitas dan pembelajaran tentang hal-hal semacam itu. Beda dengan anak-anak zaman sekarang yang sudah dikenalkan dengan gadget canggih sejak usia dini. Masa kecil generasi 90an memang lebih mengenal petak umpet, main bola bekel dan mandi di kali. Trus, gimana ceritanya saya sampai punya blog ini?

Jadi, awal mula kenal sama blog pas kelas IX SMP. Kebetulan, pada pelajaran TIK (Teknik Informasi dan Komunikasi), hampir semua materinya berkaitan dengan internet. Mulai dari sejarah internet, mesin pencarian Google, membuat e-mail dengan Yahoo!, chatting, sampai akhirnya kenalan juga dengan jejaring sosial Friendster (sekarang sudah punah). Lalu ada salah satu bab yang membahas tentang pembuatan blog. Okelah, karena membuat blog merupakan tugas dari guru TIK, mau tidak mau saya harus belajar.

Waktu itu, tugas membuat blog dikerjakan secara kelompok. Anggota kelompok saya berjumlah lima orang. Mereka adalah Fitria, Riska, Ikha, Mela dan saya sendiri, Hana. Akhirnya kami memutuskan untuk memakai FRIMH sebagai nama blog kelompok. Dan entah kenapa, di antara teman-teman satu kelompok, nampaknya cuma saya yang sibuk sendiri dengan tugas ini. Teman-teman pun memasrahkan semuanya kepada saya. Terus terang, saat itu saya masih sering (dan hampir selalu) copy-paste artikel untuk mengisi posting di blog. Saya pikir itu hal wajar. Namanya juga masih belajar. Lagipula, waktu itu, menulis posting blog sekedar untuk formalitas saja, supaya dapat nilai dari guru mata pelajaran.

Tampilan blog milik kelompok saya pun sangat sederhana, masih menggunakan template dasar yang disediakan oleh blogger. Blog kelompok saya waktu SMP bisa dilihat di www.chapjemphol.blogspot.com. Isi blog tersebut sangat simpel dan ala kadarnya.

Setelah materi tentang blog selesai, semua pun menganggap kalau nasib blog kelompok tersebut juga sudah tamat. Dan entah kenapa, saya sangat menyayangkannya. Padahal, mestinya blog kelompok tersebut bisa menjadi semacam ruang bagi kami berlima untuk berbagi pengalaman tentang banyak hal. Mungkin tentang aktivitas di sekolah, tentang keseharian kami di rumah, atau tentang apa saja yang kami sukai.

Saya punya niatan untuk kembali menghidupkan blog tersebut, Tapi sayang, insiden lupa e-mail dan password tidak bisa diatasi. Mau tidak mau saya harus merelakan blog tersebut tergeletak begitu saja. Tak terurus. Dari situ, saya mencoba mengajak teman saya untuk kembali membuat blog bersama. Tapi rupanya mereka tak terlalu tertarik. Dan dari situlah saya mulai punya inisiatif untuk membuat blog pribadi. Lalu jadilah blog milik saya dengan alamat www.spiritandkeepsmile.blogspot.com. 

Di awal-awal posting, saya sering (maaf) mengcopy-paste artikel dari blog lain. Saat itu saya memang masih bingung, mau diisi apa blog tersebut? Kemudian saya mencoba berbagi cerita tentang aktivitas saya di sekolah. Tentang keluh kesah saya menghadapi hari-hari yang kadang terasa sulit (ulangan mendadak, dimusuhi teman satu kelas, terlambat ke sekolah, dihukum, sampai masalah cinta-cintaan). Saya juga memosting profil beberapa penyanyi favorit, lirik lagu dan review film.

Ketertarikan saya pada aktivitas blogging makin bertambah. Saya mencoba mencari tutorial di google supaya tampilan blog saya lebih menarik. Dan saya termasuk orang yang sangat hobi mengoleksi widget blog. Mulai dari jam yang tampilannya unik, tulisan selamat datang di blog yang berjalan, kursor berbentuk animasi lucu, dan masih banyak lagi.

Makin banyak referensi blog, saya makin menyadari kalau tampilan blog yang terlalu ramai dengan widget-widget tidak penting justru membuat pembaca merasa pusing. Dari situ, saya mulai belajar membuat tampilan blog yang lebih sederhana namun menarik. Saya juga menemukan cara mengelola tampilan blog dengan edit html yang (sumpah) rumit banget dan bikin stress. Tapi saya sadar, kalau hal rumit macam edit html itu juga adalah ilmu yang bermanfaat, dan insyaallah tidak ada ruginya untuk dipelajari. Memang dibutuhkan keuletan dan kesabaran yang luar biasa. Bahkan kadang saya harus lembur sampai tengah malam, kadang-kadang sampai menjelang pagi hanya untuk menyelesaikan editing template.

Setelah saya merasa tampilan blog terlihat lebih sederhana dan tidak bikin pusing, saya semakin semangat menulis. Saya mulai merasakan kemantapan di dalam diri. Akhirnya saya memutuskan memakai doman berbayar untuk blog saya dan menggantinya dengan www.nmhana.com. Perubahan domain rupanya dapat memberikan semangat untuk semakin rajin menulis.

Dari sekian banyak kesulitan dalam mengelola blog, satu yang paling saya rasakan adalah tentang bagaimana menjaga mood agar tetap stabil. Apalagi, untuk menulis, kita memang membutuhkan suasana hati yang baik.
Selain harus pandai mengontrol mood dan emosi, mengelola blog juga gampang-gampang susah. Punya blog itu ibarat punya momongan. Kita harus telaten dan ulet untuk mengurusnya. Sebuah blog harus diperlakukan dengan baik dan penuh kasih sayang. Ini tidak mengada-ada loh. Beneran. Kalau mulai muncul ketidak pedulian pada blog yang sudah dibuat, sudah pasti, ibarat anak yang ditelantarkan orang tuanya, blog itu akan nampak tak terurus, postingan blog tidak pernah up to date, komentar pembaca terabaikan, dan sebagainya. Yang paling parah adalah ketika sudah sangat lama kita tidak membuka blog tersebut, dan ketika mencoba sign in, kita malah lupa e-mail dan passwordnya. Kurang lebih, itu juga yang terjadi pada blog kelompok saya.

Kadang, untuk mengurus blog, saya dituntut menjadi orang yang kreatif dan tanggap. Sekarang sudah bukan zamannya copy-paste tulisan orang. Apalagi kalau tanpa mencantumkan sumbernya. Jadi, kita harus jadi kreatif, dan harus benar-benar punya hobi menulis supaya aktivitas blogging yang identik dengan tulis-menulis terasa lebih menyenangkan. Sebenarnya kita bisa share apa saja lewat blog. Tidak ada batasan. Tapi tetap ingat untuk hanya memposting konten-konten yang layak. Jangan sampai menyalahgunakan teknologi untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Seringnya, untuk menulis blog saya harus rela begadang sampai tengah malam. Kenapa? Karena inspirasi sering muncul ketika suasana sedang sepi, hening, tenang dan jauh dari keramaian. Di saat-saat seperti itu, kepala rasanya seperti dibanjiri oleh ide-ide yang luar biasa tidak terduga. Kalau boleh diibaratkan, itu adalah masa-masa emas yang pantang untuk dilewatkan. Bahkan pada suasana seperti itu, saya bisa membuat dua sampai tiga posting dalam semalam.

Selain menjadikan aktivitas blogging sebagai sarana menyalurkan hobi, yaitu menulis, saya juga menjadikan blogging sebagai cara yang menyenangkan untuk menambah wawasan. Bahkan saya telah belajar banyak dari teman-teman sesama blogger tentang bagaimana mengelola blog yang baik. Dari sekian banyak blog yang pernah saya kunjungi, tentu saja ada beberapa yang menjadi favorit . Salah satunya adalah blog bernama BENABLOG. Benablog adalah sebuah blog milik Benazio Rizki Putra. Selain aktif sebagai seorang blogger, Bena juga merupakan seorang videografer. Jadi jangan heran kalau kita akan menemukan banyak video di dalam blognya. 


Benablog.com
Selain menyajikan esens komedi, Bena juga sangat up to date tentang segala macam yang berbau teknologi atau gadget. Kalau membaca bukunya, yaitu Benabook, kita akan tahu kalau ternyata dulunya Benar pernah mendapatkan juara di sebuah lomba bidang IT. Jadi, selain menghibur, Benablog juga dapat menambah wawasan kita melalui tulisan-tulisannya.

Bahkan Benablog juga sudah pernah mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya Blog Remaja Terbaik Tahun 2009, Best Blog in Indonesian Tahun 2011, Axix Blog Award 2012 untuk kategori keseharian dan rupa-rupa.

Dengan blogging, makin banyak ilmu, makin banyak pengetahuan, dan makin banyak teman juga. Pokoknya, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan blogging. So, jadikan aktivitas blogging sebagai salah satu sarana untuk berkreatifitas dan mengembangkan diri.

Salam Blogger Indonesia !!!


Gambar : nepascene.com

7 comments:

  1. Tulisanmu di atas benar semua. Hahaha. Saya juga dari tahun 2008 ngeblognya maju mundur, sampai belum lama ini beli domain dan rasanya asik banget, kayak punya rumah sendiri :D semoga kita makin rajin ngeblognya, ya.

    ReplyDelete
  2. Tulisanmu di atas benar semua. Hahaha. Saya juga dari tahun 2008 ngeblognya maju mundur, sampai belum lama ini beli domain dan rasanya asik banget, kayak punya rumah sendiri :D semoga kita makin rajin ngeblognya, ya.

    ReplyDelete
  3. wah ternyata udah lama ya ngeblognya, aku aja baru konsisten 1` tahunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, lumayan lama. Tapi ya gitu... kadang mood mood'an juga...

      Delete
  4. "Dengan blogging, makin banyak ilmu, makin banyak pengetahuan, dan makin banyak teman juga"

    setuju samakalimat di atas mbak :)

    salam kenal :)

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.