Selamat Hari Blogger Nasional : Ada Apa dengan Blogger ???

9:07 PM Nur Mumtahana 2 Comments




Banyak orang yang tanya sama saya "Kenapa sih suka mainan blog? Kenapa ngga main CoC atau The Sims aja?" Saya cuma jawab senyum. Habisnya, kalau saja jelaskan panjang lebar, kadang orang cuma ketawa cekikikan dan menganggap saya kurang kerjaan. Tapi ngga papa lah. Kita bebas memilih apa yang asik buat kita lakukan.

Kadang orang yang ngga tahu beranggapan kalau aktivitas blogging itu buang-buang waktu dan bikin pusing. Eeeittss! Belum tentu! Buktinya, saya justru merasa bisa jadi diri sendiri ketika blogging. Kenapa? Karena saat blogging saya bisa nulis apa aja yang saya mau. Kadang saya curhat, kadang nulis fiksi, kadang sekedar review film, kalo lagi 'waras' kadang saya suka bikin tulisan yang isinya bisa jadi penyemangat (khususnya untuk diri sendiri). Well, jadi sebenernya saya ngeblog sekedar untuk menyalurkan hasrat menulis saya yang kadang menggebu-gebu (!!!).

Selain untuk melatih kemampuan menulis, lewat blogging saya juga bisa nambah teman semama blogger. Apalagi yang namanya aktivitas blogging erat kaitannya sama blog walking. Lewat blog walking kita juga bisa tambah banyak pengetahuan. Pokokanya banyak deh manfaat yang bisa diperoleh dari melalui blogging.

Dari dulu saya emang suka nulis di blog pake gaya 'semau gue'. Kadang nyleneh dan ngga penting. Tapi lama-lama saya mikir, sayang juga kalo sebuah blog isinya ngga bisa memberikan manfaat. Dan dari situ saya makin termotivasi untuk belajar lebih banyak tentang berbagai hal supaya dapat saya review di blog. Dengan begitu, selain menambah pengetahuan untuk pribadi dan melatih kemampuan menulis, saya juga bisa ikut berbagi pengetahuan bersama para pembaca.

"Apa sih tujuan kamu nge-blog?" salah satu teman pernah bertanya demikian.

Kalau bicara soal tujuan, yang pasti awalnya cuma ingin menyalurkan hobi. Tahu kan gimana rasanya kalau sebuah hobi ngga disalurkan? Kita jadi kehilangan kesempatan untuk mengembang potensi dari hobi kita tersebut.  Hobi dan potensi memang punya keterikatan yang erat. Orang yang punya satu hobi tertentu, biasanya punya potensi lebih terhadap hobinya sendiri. Contoh kecil saja, orang yang hobi nulis, pasti berpotensi jadi penulis. Jadi sayang kalau hobi menulisnya tidak disalurkan.

Saya juga hobi nulis, tapi potensi menulis saya masih kurang. Dan dengan blogging, saya berharap bisa melatih kemampuan menulis saya yang masih setengah-setengah. Bahkan, kadang karena penasaran, saya juga suka iseng-iseng ikutan lomba menulis di blog. Siapa tahu bisa juara. Lumayan kan kalau dapat hadiah bingkisan. Tapi kalau ternyata ngga juara, ya ngga papa. Namanya juga kompetisi. Menang kalah sudah biasa. Tinggal kitanya aja yang pinter-pinter mengambil hikmah dari setiap kegagalan. Tah, tujuan saya blogging ngga melulu tetang hadiah atau imbalan. I do it because I enjoy it.

Kalau bicara tentang "Mau di bawa kemana blog ini?" mungkin blog ini akan saya bawa sampai ke masa depan #ciiieee...

Penginnya sih biar blog ini bisa terus up to date ke depannya. Jangan sampai kesibukan di tempat kerja justru menghambat aktivitas blogging saya. Bahkan, sempat kepikiran juga pengin jadi seorang full time blogger. Apalagi saya ini termasuk orang yang ngga suka sama aturan-aturan kantor. Kalau bisa jadi full time blogger pasti rasanya luar biasa. Bebas dari semua aturan yang mengurung imajinasi. Tapi saya juga punya pertimbangan sendiri kenapa ngga jadi full time blogger dari sekarang. Rasanya masih banyak hal yang perlu saya pelajari tentang blogging. Dan mungkin sambil kerja dikantor saya bisa menggali ilmu lebih dalam. Kalau sudah mantep, baru ambil keputusan besar semacam itu. 

Ketika memutuskan jadi full time blogger, kita (khususnya yang masih lajang) mungkin bakal dapat banyak tekanan dari lingkungan. Loh, kenapa? Soalnya, bagi mereka ngga tahu, mengira kita itu seorang pengangguran, pemalas yang kerjaannya cuma main komputer, main hp dan lain-lain. Padahal untuk bisa rutin mengupdate blog itu bukan sesuatu yang gampangan. Butuh niat kuat dan kerja keras. Jadi, selain menyiapkan bekal buat jadi seorang full time blogger, saya juga mesti siap mental untuk mendapat respon dari orang-orang di sekeliling saya.

Dan ngga kerasa kalau ternyata sudah delapan tahun saya berkenalan dengan media yang satu ini. Yang dulunya cuma berawal dari tugas sekolah, kemudian penasaran, dan malah jadi ketagihan. Seneng juga begitu tahu kalau ada Hari Blogger Nasional yang jatuh tepat hari ini, 27 Oktober. Sebagai seorang blogger (walaupun amatiran), saya tetep pengin ikut merayakan Hari Blogger Nasional ini. Hitung-hitung sebagai penambah semangat untuk hobi yang sedang ditekuni. Siapa tahu bisa jadi profesi.


2 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.