Tips Ngilangin Bad Mood

7:49 PM Nur Mumtahana 1 Comments




Siapa sih di antara kalian yang sering banget bad mood? Ayo ngakuuuu....

Jadi sebenernya bad mood itu apa sih??? Ada yang tahu?

Mungkin teman-teman udah ngga asing sama istilah yang satu ini. Apalagi kalo kalian adalah anak muda yang gaul. Impossible banget kalo ngaku ngga tahu bad mood. Kadang juga ada yang tahu bad mood, tapi susah ngejelasinnya. Jadi di sini saya pengin mengulas dulu maksud dari bad mood itu sendiri.

Bad mood adalah istilah untuk menggambarkan suasana hati seseorang yang kurang baik. Bad mood bisa ditimbulkan oleh banyak hal. Dan ketika seseorang lagi bad mood, biasanya dia males ngapa-ngapain. Males kerja, males main, males makan, males mandi dan masih banyak jenis males yang dialami orang bad mood. Dan yang paling parah, kadang orang bad mood cenderung diam. Kalo ngga diam malah marah-marah ngga jelas. Mirip gejala PMS gitu. Ditanya baik-baik kadang jawabnya ketus. Diajak guyon, malah cemberut. Susah banget kan?

Ada banyak sekali penyebab bad mood. Dan setiap orang bisa beda-beda. Kalo kalian ngga suka guyon, mungkin bakal bad mood kalo ketemu sama temen yang sepanjang hari guyonan terus kerjanya. Kalo kalian suka ngobrol, mungkin kalian bakal bad mood kalo kumpul sama orang yang pendiam-pendiam semua. Kalo kalian suka sate ayam, mungkin bakal bad mood kalo diajak makan sate kambing. Dan masih banyak lagi. Tapi, zaman sekarang, mayoritas anak muda bad mood gara-gara urusan cintanya. Bisa jadi karena dicuekin pacar, atau bisa juga gara-gara punya pacar yang over protective. 

Sebenernya bad mood itu wajar. Namanya juga manusia, yang hatinya punya banyak rasa. Tapi jangan sampe kalian jadi orang yang dikit dikit bad mood - dikit dikit bad mood. Kurang baik juga. Kadang kita juga perlu mengontrol emosi supaya ngga gampang bad mood. Bolehlah sesekali kita coba menikmati hal-hal yang ngga kita sukai. Jalani aja dulu. Siapa tahu jadi suka. #ngomong apa ?!

Trus kalo kita udah terlanjur bad mood sama satu hal, kira-kira kita mesti gimana nih? Berdasarkan pengalaman #ciiieee ada beberapa cara yang (lumayan) ampuh buat balikin mood yang mendadak berantakan gara-gara satu perkara. Apa aja? Yuk kita simak sama-sama :
  1. Jauhi keramaian, tenangkan diri. Seringnya, orang hilang mood itu karena ada sesuatu yang membuat hatinya kaget dan belum siap menerima satu hal. Contohnya. Si A punya keinginan buat masuk sekolah seni gara-gara dia memang bakat di bidang seni. Ehhh ternyata ayahnya malah masukin dia ke sekolah teknik. Keputusan yang semacam ini biasanya akan langsung membuat seseorang jadi bad mood. Dalam kondisi seperti ini, lebih baik coba untuk menghindari keramaian. Bertemu dengan banyak orang di saat hati masih belum siap menerima suatu keputusan, justru akan menambah buruk suasana. Dengan menjauhi keramaian, kita bisa punya kesempatan buat menenangkan diri. Kita bisa mikir-mikir lagi, mungkin keputusan yang ada memang yang terbaik buat kita.
  2. Lakukan hal yang kita suka. Kalo kita lagi sebel sama sesuatu, jangan terlalu berlarut-larut. Ingat, bahwa kita bisa melakukan hal yang menyenangkan. Contoh. Si B punya pacar. Nah, pacarnya ini nyebelin banget. Ditelpon ngga diangkat. DiSMS ngga dibales. DiBBM cuma di-R doang, kadang cuma D, tapi dia ganti DP. Sebel ngga tuh? Itu tanda-tanda ada yang ngga beres. Pasti hal kaya gini bikin bad mood kan? Daripada pusing mikirin orang yang (sama sekali) ngga mikirin kita, lebih baik kita sibuk sama hal yang bisa bikin kita happy. Daripada sibuk nunggu balesan chat atau SMS dari pacar, mending nonton film, jalan-jalan, dengerin musik, nyanyi (di kamar mandi), atau apa aja deh yang bisa bikin kita happy. Lagipula, sumber kebahagiaan ngga cuma dari satu hal kok.
  3. Main sama anak kecil. Jangan salah. Biarpun kadang anak kecil bikin kita kesal sama tingkahnya yang sesuka hati dan susah diatur, tapi mereka ampuh loh buat balikin suasana hati yang lagi buruk. Kita cukup duduk di depan rumah, atau di taman, atau di mana aja yang banyak anak kecil lagi main. Kalo susah cari tempat yang banyak anak kecilnya, boleh tuh pergi ke Sekolah PAUD ata TK. Di sana pasti banyak anak kecil. Liatin mereka yang main bareng sama teman-temannya bisa bikin kita ketawa-ketawa sendiri, jadi ingat masa kecil dulu. Liat mereka ketawa kadang bikin iri juga, mereka kayanya hidup tanpa punya beban. Dan yang pasti, kepolosan tingkah anak kecil itu bisa bikin kita sadar, kalau dulu kita juga sepolos itu. Hihihi
  4. Pergi ke alam terbuka. Ketika kita lagi bad mood, kita sering mengatakan kalau dunia serasa menghimpit. Sebenernya bukan dunianya yang menghimpit, hanya saja kita yang seolah-olah mengurung diri di dalam suasana hati yang buruk. Alhasil dunia ini jadi terasa semakin sesak. Coba, buka pintu rumahmu. Hirup udara segar di luar sana. Kalau susana di sekitar rumah belum bisa membuat hati terasa lebih  baik, coba berjalan lebih jauh. Kalau terlalu jauh, bolehlah naik sepeda atau naik motor. Pergi ke tempat terbuka di mana kalian bisa menghirup udara segar (kalo bisa yang bebas polusi). Udara segar bisa bikin pikiran jernih dan hati tenang. Ngga harus ke gunung atau ke laut kalo emang ngga memungkinkan. Pergi aja ke sawah dekat rumah. Liat pemandangan hijau sama dengerin suara angin aja udah bisa jadi obat ambuh ngilangin bad mood. Kita musti paham, kalo Tuhan menghadirkan alam juga sebagai penghibur hati buat kita.
  5. Curhat. Yang namanya memendam beban sendirian itu bisa bikin sesak di dada. Kadang kalo kita lagi bad mood, kita jadi gampang emosi gara-gara ingin meluapkan perasaan tapi bingung gimana caranya. Kalian bisa coba cari satu atau dua (ngga usah banyak-banyak) teman yang kalian percaya. Ajak dia ngobrol, ceritain semua hal yang jadi beban di hati sampe bikin kalian bad mood. Walaupun teman kita mungkin ngga bisa banyak membantu, tapi setelah curhat biasanya hati jadi lebih plong. Akan lebih baik lagi kalo teman kita bisa ngasih sedikit masukan. Siapa tahu bisa bantuin kita buat nyelesaian masalah yang bikin bad mood. Tapi kalau semisalkan belum ada teman yang bisa dijadikan tempat curhat, kita bisa curhat lewat tulisan. Tulis semua yang jadi beban di hati kalian. Sangat disarankan untuk menulis di buku (saja). Jangan menumpahkan segala curahan di jejaring sosial, karena hal tersebut mungkin dapat menimbulkan dampak negatif untuk orang lain.
  6. Tidur. Yang namanya orang bad mood, biasanya seharian pasang muka cemberut, bibir mecucu dan mulut menggerutu. Ngelakuin hal kaya gitu juga bikin cape dan lumayan menguras tenaga loh. Kalo udah cape, emosi seseorang bisa nambah berkali-kali lipat. Jadi kalau memang udah ngga ada cara buat ngilangin bad mood, coba deh masuk kamar, dan tidur. Jangan lupa putar playlist lagu-lagu yang asik. Biar tidur lelap. Bangun tidur, capenya hilang, badan seger dan pikiran cerah. Apalagi buat kalian yang memang punya hobi tidur. Maka tidur bisa jadi obat dari segala macam penyakit.
Kira-kira begitu cara ngilangin bad mood (based on experience). Tapi kembali lagi, tiap orang kan beda-beda. Bisa jadi beberapa cara di atas ampuh buat ngilangin bad mood kalian. Dan kalau ternyata cara-cara itu ngga bisa balik mood kalian, mungkin kalian memang punya cara tersendiri. Bolehlah bagikan gimana cara kalian ngilangin bad mood gegara sesuatu. Siapa tahu ada teman-teman kita lainnya yang sehati sama kalian.

1 comment:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.