Jomblo Wajib Baca! Supaya Tidak Menyesal Ketika Suatu Hari Nanti Memiliki Pasangan

5:40 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Salah satu teman saya pernah ditanya, "Apa hal kecil yang paling kamu takutkan?"

Kemudian dia menjawab, "Aku takut tidak bisa seperti ini lagi."

Mendengar jawaban tersebut seolah-olah ada yang menohok dada. Memang benar. Suatu saat nanti, kita mungkin bakal rindu dengan masa-masa yang sedang dialami saat ini. Kita akan merindukan hari ini. Seperti lagu Projek Pop. Ingatlah hari ini!

Hal yang demikian sudah semestinya menjadi penyemangat buat kita. Tak perlu terlalu berlarut-larut dengan segala masalah yang ada. Dinikmati. Mungkin begitu seharusnya kita menyikapi segala permasalahan yang ada. Seperti filosofi kopi, yang mana ia tetaplah kopi yang selalu punya sisi pahit. Begitu pula dengan hidup. Jadi, nikmati saja setiap teguk kopinya. Hirup aromanya, dan biarkan setiap cecapnya mencerahkan pikiran dengan pahit yang tersisa di pangkal lidah.

Untuk yang (alhamdulilla) sudah punya pasangan, jangan sia-siakan waktu yang kalian miliki hanya untuk saling caci maki. Waktu kalian terlalu berharga untuk semua itu.

Lalu, bagaimana dengan para lajangers ???

Untuk para jomblo jangan berkecil hati. Menyandang status lajang tidak lantas membuat hari-hari kalian menjadi suram. Justru beruntunglah para jomblo yang memiliki waktu secara utuh untuk diri sendiri. Kalian bebas mengatur waktu sendiri tanpa harus sibuk laporan atau monitor sama si doi. Ya, walaupun laporan sama emak dan bapak di rumah masih tetap jadi kewajiban.

Ketika suatu hari nanti para jomblo menemukan pasangannya, mereka akan merindukan masa-masa lajang serperti yang pernah dialaminya. Apalagi ketika muncul berbagai permasalahan dengan pasangan. Kadang yang namanya hubungan pasti akan diterpa badai. Hal tersebut sering menimbulkan pemikiran bahwa 'sendiri' itu lebih baik. Jadi, satu-satunya alasan mengapa harus menikmati hari ini (meski dengan status lajang) adalah karena hari ini akan dirindukan suatu saat nanti.

Mumpung masih jomblo, ada baiknya kalian coba hal-hal berikut ini supaya suatu saat nanti, setelah punya pasangan, kalian telah merasa bahwa masa lajang kalian tidak terbuang percuma.

  1. Timba ilmu sebanyak-banyaknya. Percaya atau tidak, setelah kita punya pasangan, kita akan lebih memprioritaskan pasangan dibandingkan dengan kepentingan lain. Kalau diberi pilihan duduk santai di rumah sambil baca buku atau pergi jalan-jalan dengan doi, kalian mungkin akan lebih memilih untuk pergi jalan-jalan. Sebelum masa itu tiba, sebaiknya coba manfaatkan waktu luang yang ada dengan hal-hal bermanfaat. Misalnya seperti bergabung dengan komunitas atau yang tidak kalah keren adalah dengan mengikuti pengajian atau majelis. Karena yang namanya ilmu tidak harus ditimba di sekolah dengan memelajari matematika atau sains.
  2. Kembangkan potensi. Selagi ada waktu luang, gunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas diri. Kembangkan bakat serta potensi yang kita miliki. Bagi yang suka menggambar, mungkin kalian bisa mengeksplor karya kalian melalui sebuah inovasi baru. Karena bisa jadi dalam masa pengembangan potensi tersebut, kalian akan menemukan jati diri yang sesungguhnya. Sehingga untuk berjalan ke depan tidak akan ada keraguan lagi.
  3. Mencoba hal-hal baru. Beruntung orang-orang yang tidak memiliki pasangan over protective. Karena kenyataannya, banyak orang yang justru merasa tertekan dan frustasi akibat pasangan yang selalu melarang ini dan itu. Si doi mungkin akan melarang kita habis-habisan begitu tahu kalau kita akan pergi ke gunung atau mengikuti olahraga ekstrem seperti panjat tebing. Padahal  masa muda adalah masa kejayaan di mana kita bisa mengeksplor segala hal yang ada di sekeliling kita. Mencoba hal-hal baru (yang positif tentunya) meskipun itu adalah sesuatu yang bahkan tidak pernah sekalipun terlintas di dalam pikiran. Nah, mumpung belum punya pasangan, coba deh hal-hal baru yang akan membuat kalian merasa beruntung karena pernah mencoba hal tersebut.
  4. Sahabat nomor satu. Kalau di timbang, berat antara sahabat dan pasangan (pacar) mungkin hampir seimbang. Dan kalau status kalian saat ini lajang, berarti sahabat memiliki bobot paling berat di antara semua hubungan yang kalian jalin. Bahkan hampir semua orang menganggap sahabat terdekat seperti keluarga sendiri. Ketika suatu hari nanti kita telah memiliki pasangan masing-masing dan menjalani kehidupannya sendiri, maka kita akan sangat merindukan masa-masa ketika sedang berkumpul bersama para sahabat. Rindu ketika nongkrong bareng, nonton bareng, makan bareng, bercanda bareng, jalan-jalan bareng, bahkan dihukum bareng. Selain itu, sahabat juga sering menjadi alasan mengapa kita mengabaikan kepentingan diri sendiri. Karena biar bagaimanapun, sahabat tetaplah berada di urutan nomor satu.
  5. Berkarir. Tak sedikit para wanita yang kelak pada akhirnya akan menghabiskan waktu di rumah sebagai ibu rumah tangga. Kelak, saat telah memiliki pasangan, menikah dan memiliki keluarga kecil. Ketika suami memutuskan agar istrinya menjadi seorang ibu rumah tangga, maka memang harus begitu. Dan mumpung hari itu belum datang, untuk yang masih berkarir semangat berkarir, nikmati setiap hasil dari peluh kerja keras kalian. Karena suasana ruang kerja dan perintah dari atasan mungkin akan menjadi satu hal yang dirindukan suatu saat nanti.
  6. Nikmati waktu bersama keluarga. Setelah banyak waktu yang dihabiskan di sekolah atau tempat kerja, maka saat saat di rumah adalah momen tepat untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Biar bagaimanapun, seberapa padat kesibukan kita, quality time bersama keluarga harus tetap ada demi menjaga hubungan kekerabatan. Keluarga adalah tempat di mana kita mulai langkah pertama melihat dunia luar. Maka, saat melangkah masuk, keluarga pula tempat kita kembali. Apalagi suatu saat nanti, ketika kakak atau adik kita telah berkeluarga, maka hubungan kedekatan yang seperti saat ini mungkin akan sangat dirindukan.
Nah, itu sekilas tentang segala sesuatu yang bisa kita lakukan supaya masa-masa kita sebagai jomblo lebih berarti. Apa lagi karena hari ini pasti akan berlalu. Dan mungkin, hari esok tidak akan sama seperti hari ini. Jadi, ayo nikmati hari ini. Jadikan hari ini sebagai hari istimewa yang akan membuatmu tersenyum ketika mengenangnya suatu saat nanti. Tanpa ada penyesalan.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.