Tips Liburan Akhir Tahun Ketika Budged Minim

5:25 PM Nur Mumtahana 0 Comments


Banyak orang yang menjadikan akhir tahun sebagai satu momen istimewa. Bukan hanya karena akan ada acara kembang api, tetapi karena akhir tahun memang identik dengan libur panjang. Dan kalau ada libur panjang, itu artinya kita bisa bersantai atau melakukan hal-hal baru. Atau jalan-jalan ke tempat yang belum pernah dikunjungi. 

Keinginan untuk bisa menikmati libur akhir tahun dengan cara yang berkesan membuat orang berbodong-bondong menabung. Mempersiapkan keuangan supaya libur akhir tahun yang diidam-idamkan dapat terwujud. 

Tapi terkadang di tengah-tengah jalan terdapat banyak hambatan. Ada-ada saja permasalahan yang timbul dan mengharuskan kita untuk membobol tabungan liburan. Alhasil, ketika akhir tahun tiba, kita tidak punya budget yang cukup untuk merealisasikan rencana di akhir tahun.

Jangan khawatir dulu. Karena sebenarnya ada banyak cara untuk membuat libur akhir tahun yang lumayan panjang jadi lebih berkesan. Dan yang pasti tidak akan membuat kita pusing memikirkan dana yang harus dikeluarkan.

Berikut beberapa tips supaya liburan dengan budget minim bisa memberi kesan luar biasa :

  1. Salurkan hobi. Beruntung bagi kamu yang punya hobi murah. Karena faktanya, ada beberapa hobi yang dicap sebagai hobi mahal. Contohnya : naik gunung, nge-mall, ngafe, wisata kuliner, dll. Dan ada juga hobi yang bisa dibilang ekonomis karena tidak membutuhkan budget banyak untuk melakoninya. Misal olahraga, berkebun atau beres-beres rumah. Dengan dana yang tidak bikin leher tercekik, kita bisa membuat liburan jadi menyenangkan melalui hal-hal yang kita sukai. Bagi yang suka memancing, mungkin bisa menghabiskan waktu liburan dengan memancing. Lagipula, modal memancing tidak terlalu mahal kalau sudah punya alat-alatnya. Yang hobi masak, coba jadi anak yang baik di rumah. Kalau biasanya ibu yang memasak, sekarang saatnya ambil bagian. Eksplor resep-resep yang bisa membuatmu jadi seperti koki profesional.
  2. Movie marathon. Jangan salah, ada banyak loh film-film lama yang masih asik ditonton sampai sekarang. Bahkan teman-teman pasti punya film favorit yang ngga bakal bikin bosen meski ditonton berpuluh-puluh kali. Kalau saat liburan tidak punya dana yang mencukupi untuk nonton di XXI, mungkin kalian bisa coba buka-buka lagi file lama di komputer. Pantengin film-film lama yang bisa bikin kalian terbang ke masa lampau. Pasti ada dong film yang bikin kalian ingat dengan momen momen tertentu. Contoh aja. Kalau saya nonton Twilight, jadi ingat sama teman-teman SMP. Kalau nonton Luci, jadi ingat sama teman yang hobi nonton film science fiction. Dan nonton Chibi Maruko Chan bikin ingat sama teman-teman SD jaman dulu. Masih banyak lagi film yang mengingatkan saya sama masa-masa tertentu. Dan mungkin kalian juga begitu.
  3. Baca buku. Siapa tahu kalian pengin di awal tahun baru punya banyak pengetahuan baru. Baca buku juga bisa jadi cara ampuh supaya libur panjang lebih bermanfaat. Jalan-jalan ke toko buku dan beli buku yang menarik. Kalau tidak ada dana untuk membeli buku, jangan khawatir. Stay calm. Kalian masih bisa pergi ke perpustakaan daerah. Di sekitar tempat kalian pasti ada perpustakaan umum yang menyediakan banyak pilihan bacaan. Keren kan kalau kalian bisa memanfaatkan waktu di libur panjang untuk membaca.
  4. Kemping ceria. Kalau bicara soal kemping, jangan mikir muluk-muluk dulu. Kemping tidak harus di bumi perkemahan. Tidak pula harus di puncak atau gunung. Karena sebenarnya yang namanya kemping itu menghabiskan waktu (menginap) di luar ruangan. Cukup bermodalkan tenda, makanan dari lemari es dan minuman hangat. Kita bisa buat tenda di kebon milik tentangga barangkali. Atau oke juga semisalkan kita berjalan sedikit lebih jauh untuk mendapatkan tempat yang tidak terlalu dekat dengan pusat keramaian, plus punya pemandangan indah. Dijamin libur akhir tahun dengan kemping ceria yang murah bisa bikin kita semakin ceria menyambut tahun baru.
  5. Menata ulang kamar. Kalau teman-teman sudah mulai merasa bosan dengan suasana kamar, mungkin di hari libur yang panjang kalian bisa mulai mengambil inisiatif untuk merubah sedikit tampilan kamar. Barangkali ingin mengganti warna cat kamar atau merubah posisi perabotan yang ada. Suasana baru biasanya bisa mendatangkan semangat baru loh. Siapa tahu semangat baru kalian bisa muncul dari tatanan ruang yang baru.
  6. Jelajah wisata lokal. Tidak ada peraturan yang menetapkan kalau yang namanya piknik itu harus jauh atau harus ke luar kota. Piknik juga tidak harus ke objek wisata yang popularitasnya sudah sampai ke ujung dunia. Karena sebenarnya tujuan dari piknik itu sendiri adalah untuk mendapatkan kesenangan. Asal kita senang, itu sudah cukup. Jadi jangan ragu untuk berwisata lokal saat libur panjang tiba. Kadang kita terlalu fokus pada destinasi yang jauh, sampai-sampai lupa kalau di sekeliling kita ada deretan tempat keren yang juga pantang untuk dilewatkan. Selain budget yang dikeluarkan tidak terlalu mengeringkan dompet, piknik di objek wisata lokal juga bisa membantu mengembangkan atau setidaknya mengenalkan potensi pariwisata di wilayah sekitar kita.
  7. Jalin kembali silaturrahim. Pasti ada masa di mana kita teramat sibuk sampai-sampai tidak punya waktu untuk berkumpul kembali dengan teman-teman lama. Nah, biasanya pada akhir tahun banyak di antara orang-orang di perantauan yang memilih untuk pulang kampung. Pada kesempatan itu kita bisa mencoba untuk mengunjungi teman-teman lama. Atau buat saja acara reuni kecil-kecilan. Jangan sampai padatnya aktivitas membuat kita kehilangan kesempatan untuk dapat menjalin kembali hubungan kekerabatan di masa lampau. Pasti menyenangkan kalau bisa menghabiskan akhir tahu dengan bernostalgia bersama kawan-kawan lama.
Itu dia beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya libur akhir tahun dengan budget minim terasa lebih menyenangkan. Dan yang pasti, semua hal yang kita lakukan bisa membawa dampak positif buat diri kita dan orang lain. Liburan itu ngga harus mahal, gaes. Biarpun budget minim, tapi kita tetap bisa mendapatkan liburan akhir tahun yang berkesan. Output : bahagia maksimal :D

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.