Tips Menghadapi Musim Hujan

1:12 PM Nur Mumtahana 10 Comments

Akhirnya langit mendung juga.

Horeeee ~ ~ ~

Tahun ini musim hujan memang datang terlambat. Bahkan mundur sampai satu - dua bulan dari musim hujan di tahun-tahun sebelumnya. Hal itu sempat menimbulkan keresahan bagi banyak orang. Ada saja masalah yang timbul akibat kemarau berkepanjangan. Mulai dari kekeringan sampai kebakaran hutan yang memicu timbulnya kabut asap.

Maka kedatangan musim hujan kali ini benar-benar telah dinanti oleh banyak orang. Harapnya,hujan dapat membantu mengatasi segala permasalahan seperti keringnya sumber mata air atau kebakaran hutan.


Nah, mumpung intensitas hujan belum terlalu tinggi, mungkin ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan (dengan matang). Jangan anggap remeh musim hujan. Walaupun saat ini kebanyakan dari kita mendambakan datangnya musim hujan, tapi tak sedikit orang yang nanti bakal mengeluh karena hujan yang datang seharian.

Berikut beberapa hal yang perlu kita persiapkan menyambut datangnya musim hujan :
  1. Perbaiki atap rumah yang bocor. Ketika musim hujan sudah tiba pada puncaknya, kebanyakan dari kita tidak sempat lagi untuk memperbaiki atap yang rusak. Kalau atap sudah bocor, sementara di luar hujan deras, kita tidak bisa berbuat banyak. Usaha terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan ember atau bak pada titik-titik tertentu untuk menampung tetasan air hujan dari celah-celah atap yang bocor. Keberadaan ember-ember tersebut pasti akan sangat mengganggu pemandangan dan kenyamanan. Bahkan sedikit berbagi saja. Saya sempat tidur dengan tiga buah baskom di atas tempat tidur gara-gara hujan yang luar biasa deras, sementara atap rumah memang sedang bocor parah. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya tidur di antara baskom-baskom itu.
  2. Bersihkan saluran air atau selokan. Hal yang satu ini juga sangat penting. Karena ketika intensitas hujan meninggi, sudah pasti volume air hujan akan memenuhi saluran air atau selokan di sekitar rumah. Kalau keadaan saluran air dan selokan tersumbat oleh sampah, dapat mengakibatkan air meluap ke mana-mana. Hal itu pula yang menjadi penyebab banjir di lingkungan kita. Apalagi di lingkungan yang tidak memiliki daerah resapan air. Jadi, jangan remehkan kebersihan lingkungan menjelang datangnya musim penghujan. Tapi perlu diingat juga. Menjaga kebersihan saluran air tidak hanya di saat musim penghujan. Sudah semestinya hal tersebut kita lakukan sehari-hari agar lingkungan lebih nyaman dan terlihat lebih indah.
  3. Persiapkan jas hujan atau payung. Di musim kemarau panjang kita mungkin sudah cukup lama menanggalkan jas hujan atau payung. Sekarang saatnya cek kembali kondisi jas hujan dan payung tersebut. Kalau sekiranya jas hujan atau payung sudah tidak layak pakain, sebaiknya segera siapkan anggaran untuk membeli yang baru. Kemudian simpan jas hujan dan payung di dalam kendaraan atau di dalam tas.
  4. Buat jemuran di dalam ruangan. Yang namanya musim hujan, pasti identik dengan basah. Nah, kalau seharian hujan, terus gimana cucian bisa kering? Sekarang ini mungkin lebih praktis karena keberadaan mesin cuci yang plus  ada pengeringnya. Tapi kita tidak bisa hanya mengandalkan mesin pengering. Karena pada musim hujan kita juga akan seirng mendapat mati lampu. Jadi sekarang saatnya ambil inisiatif. Buat saja jemuran sederhana di dalam rumah. Walaupun tidak bisa membuat pakaian kering dengan cepat, tapi paling tidak hal itu bisa membuat cucian kita tidak kumal dan bau karena hanya tertumpuk di dalam keranjang. 
  5. Pangkas pohon yang mulai tinggi. Hujan dan angin sudah jadi pasangan serasi sejak dulu. Kalau hujan, biasanya disertai angin. Makin lebat hujan, makin kencang anginnya. Pohon yang terlalu tinggi sangat rawan tumbang. Hal tersebut bisa membahayakan apa yang ada di sekelilingnya. Jadi mumpung angin kencang belum datang, buru-buru minta tolong sama bapak-bapak yang biasa mangkas pohon. Jadi hal tersebut bisa mengurangi resiko tumbangnya pohon karena terpaan angin.
  6. Olahraga dan jaga pola makan. Saat cuaca cerah kita mungkin bisa leluasa melakukan olahraga sebagai rutinitas harian, misalnya jogging. Tapi ketika musim hujan datang, biasanya kita akan kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga. Selain itu, dalam pergantian musim, tubuh akan sangat mudah terserang berbagai penyakit karena imunitas yang menurun. Oleh sebab itu, alangkah baiknya perbanyak olahraga dan jaga pola makan sehari-hari. Perhatikan  asupan gizi, serta konsumsi buah atau makanan yang mengandung vitamin C tinggi untuk kekebalan tubuh.
Nah, itu dia beberapa hal yang perlu dipersiapkan menjelang datangnya musim hujan. Ada yang mau menambahkan? Jadi sudah seberapa siap teman-teman menyambut datangnya musim hujan?

Yang pasti, jangan lupa untuk tetap mensyukuri segala nikmat yang ada. Hujan kan juga nikmat dari Tuhan yang kehadirannya dapat memberikan berjuta manfaat untuk kita semua. Diharapkan dengan datangnya musim penghujan dapat mengatasi permasalahan kekeringan yang menjamah hampir setiap sudut negeri ini. Begitu pula dengan bencana kabut asap yang keadaannya semakin memprihatinkan.


10 comments:

  1. persiapan musim penghujan memang penting,,,apalagi masalah cucian,,,bisa berhari-hari nggak kering karena hujan.heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuu mulai rancang jemuran di dalam rumah... hhihihihi :D

      Delete
  2. satu lagi, pembersih kaca supaya kalo mau galau menerawang nggak ketutup debu dari dalem

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... ciiieee yang mau begalau ria sambil liatin hujan dari balik jendela :D

      Delete
  3. manteb nih tiosnya, ada bbrpa ygblm aku lakuin nih, makaish udh ngingetin yak

    ReplyDelete
  4. tulisaanya bermanfaat sekali mba :) salah satu manfaatnya dari musim hujan bagiku adalah bisa menulis dengan lancar karena hujan membangkitkan imajinasi. menurutku hehehheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Hujan memang momen yang pas buat menulis...
      Apalagi karena udara yang sejuk (cenderung dingin) sama susana yang tenang...

      Delete
  5. Tulisannya keren, mba Hanna. Bapakku biasa nyuruh tukang buat mangkas pohon juga. Soalnya udah rimbun bgt di halaman. Takut kena angin trus tumbang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persiapan biar musim hujan ngga bikin was-was

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.