Rekomendasi Cafe di Jogja

6:15 PM Nur Mumtahana 0 Comments




Jogja, kota pelajar, kota budaya, kota gudeg dan masih banyak lagi julukan yang diberikan kepada kota tersebut. Siapa yang menyangka kalau saya akan tinggal di Jogja sekarang. Antara senang dan galau sebenarnya. Kenapa senang? Kenapa galau? Yang pasti saya senang karena pada akhirnya seorang Hana yang anak rumahan bisa berkelana keluar dari kota kelahirannya. Mungkin waktu itu Allah bilang, "Sekarang sudah saatnya kamu keluar. Mencari sesuatu yang berbeda. Biar kamu bisa merasakan bagaimana hidup jauh dari orang tua. Biar kamu merasakan bagaimana harus mengurus semua kebutuhan hidup sendiri. Supaya kamu tahu betapa berartinya orang-orang yang saat ini tinggal jauh darimu. Dan yang pasti ucapan-ucapanmu yang selalu bilang ingin tahu rasanya mudik menjelang lebaran."

Oh Allah, Kau memang Mahabaik. Kau kabulkan kata-kataku yang tanpa kusadari pun menjadi do'a yang kini Kau ijabah. Alhamdulillah.

Itu hanya prolog. Kembali lagi ke judul.

Ternyata Jogja itu bukan cuma kota pelajar, buka cuma kota budaya. Di sini juga ada banyak hal-hal unik yang mestinya jadi julukan lain dari kota Jogja.

Dari sekian tahun (weiiitsss kaya udah puluhan tahun aja) tinggal di Jogja, akhir-akhir ini lagi sering banget jalan-jalan, menghafalkan jalanan Jogja yang (terus terang) sulit untuk dipahami. Seperti hatinya. Ciiiieeee...

Dan dari jalan-jalan tanpa tujuan itu jadi sering nemu tempat-tempat yang asik buat nongkoron (sebut saja cafe). Dari beberapa kafe yang pernah saya kunjungi, ayo coba kita ulas satu-satu. Siapa tahu besok-besok kalian mau main ke Jogja bolehlah cobain datang ke salah satu tempat ini.

1. SILOL Cafe and Eatery

Lokasinya ada di Jl. Suroto, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Sebenarnya kafe ini hadir belum lama, dibandingkan dengan ratusan kafe lain yang ada di Jogja. Tapi tiba-tiba.... BOOOMMMM! Mendadak kafe ini jadi idola semua kalangan, apalagi untuk para pecinta motor antik. Karena ketika kita masuk ke dalam kafe tersebut, kita akan mendapati deretan motor gede yang dipajang rapi dalam ruangan bersekat kaca. Ada juga mobil VW dan motor vespa yang bisa kita coba naiki dan menjadi spot foto. Selain itu, tempat yang luas memungkinkan bagi kita untuk melakukan satu even di cafe tersebut. Kafe tersebut tersusun atas 3 lantai yang dijamin bisa menampung orang-orang satu desa.

2. EKOLOGI

Tidak akan menyesal datang ke tempat ini. Tak cuma dimanjakan oleh aneka minuman yang disediakan, kafe yang ini adalah yang paling saya sukai karena arsitekturnya 'saya banget'. Rasanya sejuk sekali saat masuk ke dalam kafe ini. Bukan hanya sejuk karena pendingin ruangannya, tapi karena di tiap-tiap meja dan sudut ruangan ada tanaman-tanaman di dalam pot yang bikin moodmu oke.

Atau untuk kalian yang ingin langsuh bersentuhan dengan udara segar, coba untuk menikmati sisi outdoor kafe tersebut. Kalian akan menemukan dinding-dinding yang dihiasi tanaman merambat, rumput hijau, pohon rindang dan gemercik air mancur. Bayangkan betapa sejuknya tempat itu. 

Tapi sedikit saran, untuk teman-teman yang menghidari asap rokok lebih baik pilih tempat yang indoor saja. Karena yang outdoor memang dikhususkan untuk smoking area. 

Oh ya! Kafe ini juga menyediakan workspace yang berada di lantai dua. Kalau kalian ingin mencari suasana yang lebih nyaman untuk mengerjakan tugas kantor atau kuliah, cocok sekali tempat yang satu itu. Apalagi dengan dilengkapi wifi berkecepatan super, mencapai 100 Mbps. Kurang apalagi coba?

3. GYA CAFE

Ini adalah salah satu cafe favorit saya. Kenapa? Karena cafe ini berlokasi dekat dengan sebuah masjid di wilayah Demangan. Tepatnya ada di samping gedung RRI. Jadi tidak perlu khawatir kalau waktu sholat tiba.

Bisa dibilang ini adalah cafe yang paling sering saya kunjungi. Kenapa? Karena selalu ada promo setiap hari. Apabila teman-teman datang di antara jam 11 siang sampai jam 6 sore, akan ada harga khusus untuk beberapa menu. Wifi di tempat ini juga lumayan kencang. Ditambah dengan tempatnya yang terbuka membuat udara lebih segar. Kalau kalian membutuhkan peralatan seperti kabel rol dll, mereka siap membantu. Tahu sendiri kan jaman sekaran colokan listrik itu lebih penting daripada semangkok bakso panas.

4. JEEVA

Kalau menurut saya tempat ini lebih cocok untuk nongkrong-nongkrong cantik. Gimana engga? Settingan tempatnya memang terlihat lebih feminim dibandingkan cafe cafe yang lain. Kopi di tempat ini bisa dibilang yang terbaik yang pernah saya coba. Cocok jadi tempat kumpul bersama teman-teman. Apalagi tersedia juga desert yang rasanya sangat enak. Pilihan menu camilannya juga lengkap.

5. SINERGI.CO

Cafe yang satu ini hadir belum lama. Sekitar bulan Januari 2018. Tempatnya tidak jauh dari Gya Cafe. Terus terang tempat ini memiliki desain tempat dan interior yang paling saya sukai. Perpaduan antara interior kayu dan tanaman di banyak sudut ruangan memberikan kesan segar dan tidak membosankan. Apalagi dengan disediakannya meja bundar yang mengelilingi pohon palm di tengah ruangan.

Selain tempat yang luas dan bernuansa menyejukkan, Sinergi juga menyediakan beberapa ruang-ruang kecil yang bisa digunakan untuk rapat atau berbagai forum. Tersedia fasilitas meja panjang, kursi dan TV LCD yang bisa menunjang kegiatan presentasi. Cocok sekali bagi teman-teman yang ini mengadakan rapat dengan suasana berbeda.


Nahh... Itu dia beberapa cafe yang bisa menjadi rekomendasi bagi teman-teman saat berkunjung ke Jogja. Sebenarnya cafe di Jogja ada sangaaaat banyak. Dan beberapa yang saya review adalah cafe yang memang pernah saya kunjungi. Kalau teman-teman punya rekomendasi cafe lainnya, coba komen di bawah. Nanti setelah saya kunjungi mungkin bisa masuk ke dalam tambahan list postingan ini.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.