Hindari Melakukan Hal Ini Saat Berkedara

5:09 PM Nur Mumtahana 0 Comments

Sumber : Marisa Febrilian

Bisa sangat terasa saat ini, volume kendaraan meningkat drastis, terutama di kota-kota besar. Kemacetan dimana-mana dan yang pasti semakin banyak juga angka kecelakaan lalu lintas. Di balik musibah yang menimpa para pengguna jalan, ternyata ada beberapa faktor penyebab yang terkadang kita abaikan. Kira-kira apa saja hal yang perlu kita hindari saat berkendara di jalan umum agar tidak merugikan pengguna jalan lain? Yuk kita simak bersama.

1. Lampu Isyarat

Sumber : http://clipartix.com/motorcycle-clipart-image-8593/

Jangan pernah mengabaikan hal yang satu ini. Tidak sedikit kecelakaan fatal yang disebabkan oleh kekeliruan dalam menggunakan lampu isyarat kendaraan. Beberapa orang sering melamun saat berkendara, sehingga lupa untuk bersiap-siap menyalakan lampu isyarat saat akan berbelok atau menepi. Alhasil ketika lampu isyarat dinyalakan secara mendadak akan membuat pengguna jalan di sekitarnya merasa terkejut. Efek kejut tersebut bisa menimbulkan bahaya di jalan. Rem mendadak bagi pengguna jalan lain adalah satu-satunya pilihan. Tapi tahu apa yang terjadi? Bisa saja pengendara di belakangnya tidak sigap untuk mengimbangi pengendara di depannya. Akan sangat mungkin terjadi kecelakaan beruntun akibat kelalaian menggunakan lampu isyarat.

Ada yang lebih mengesalkan ketimbang lupa menyalakan lampu isyarat, yaitu ketika seseorang menyalakan lampu ke kanan ternyata belok ke kiri. Atau bahkan orang yang sebelumnya telah menyalakan lampu isyarat dan lupa mematikannya. Terlihat sepele, tapi tetap saja hal tersebut dapat berpotensi menimbulkan bahaya di jalanan.

2. Mengoperasikan Ponsel

Sumber : https://www.deccanherald.com/

Seharusnya memang ada himbauan keras bahwa pengemudi kendaraan dilarang mengoperasikan ponsel di jalan. Walaupun terkadang memang ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang harus menatap layar ponselnya sembari mengemudi. Contohnya, membaca pesan yang sifatnya darurat atau membaca rute google maps. Tapi tetap saja hal tersebut tidak dianjurkan. Akan lebih baik kalau pengemudi menepi terlebih dahulu apabila hendak mengoperasikan ponselnya, pun ketika menggunakan maps. Membagi pandangan saat berkendara di jalan memang kurang baik. Tak jarang ketika kita melihat ke kaca spion barang sedetik saja ada kemungkinan hal tak terduga terjadi, apalagi ketika kita lama melihat layar ponsel dan mengabaikan apa yang ada di jalan.

3. Merokok

Sumber : https://macgyverisms.wonderhowto.com/

Hanya ada satu pertanyaan yang melintas ketika melihat seorang pengguna jalan yang merokok sambil berkendara, "Apa dia tidak pernah tahu bagaimana rasanya abu putung rokok masuk ke dalam mata?". Ini adalah hal yang paling menjengkelkan. Pasalnya tidak jarang orang yang merokok sambil berkendara membuang abu atau bahkan putung rokoknya sembarangan tanpa peduli bahwa di sekitar mereka ada orang lain. Merokok sambil berkendara dapat membuat abunya berterbangan dan sangat mungkin mengganggu pandangan pengemudi yang lain (khususnya pengemudi motor). Tahu apa yang lebih parah? Tidak sedikit juga orang yang membuang putung rokok yang masih menyala begitu saja. Mungkin tidak pernah terlintas dalam pikirannya kalau putung rokok yang masih menyala itu akan membahayakan pengguna jalan lain. Jadi bagi teman-teman yang kadang merokok sambil berkendara, cobalah untuk menjadi lebih bijak demi kenyamanan bersama.

4. Membuang Sampah / Meludah

Sumber : http://lingkungan.lovelybogor.com/

Saat tidak sedang berkendara saja kita harus membuat sampah pada tempatnya, apalagi saat berkendara? Membuang sampah atau meludah sembarangan juga sebaiknya tidak dilakukan saat berkendara. Selain mengotori jalanan, hal tersebut juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan yang lain. Bayangkan kalau ada seseorang yang membuang sampah, atau bahkan meludah ketika sedang berkendara dan mengenai pengendara yang lain. Bayangkan kalau itu terjadi pada teman-teman. Jadi cobalah untuk menahan sebentar. Simpan dulu sampahmu, kemudian buanglah di tempat yang sudah disediakan.

5. Menggunakan Earphone

Sumber : http://www.slate.com/

Tidak ada yang salah sebenarnya menggunakan earphone saat berkendara. Tapi kalau teman-teman menggunakan earphone untuk mendengarkan musik selama perjalanan, pastikan agar volumenya tidak terlalu keras agar tetap dapat mendengar suara di sekeliling. Suara yang kita dengan dapat memberikan gambaran situasi saat itu. Seperti isyarat klakson yang kadang memperingatkan kita saat sedang berkendara. Bahkan bisa menyelamatkan kita saat ada bahaya yang mengancam di jalan. Ya, karena memang klakson adalah satu-satunya isyarat suara yang dapat membantu kita selama berkendara di jalanan.


Itu dia beberapa hal yang sebaiknya kita hindari saat berkendara di jalanan umum. Selain demi keselamatan diri sendiri, hal tersebut juga dapat memberikan keselamatan bagi banyak orang. Dan yang pasti keadaan akan menjadi lebih kondusif tanpa menimbulkan kerugian serta bahaya bagi orang lain.

Selamat berkendara, safety first!

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.