Tips Membuat Kamar Kost Jadi Tempat Ternyaman

2:24 PM Nur Mumtahana 0 Comments

Source : Pinterest
Ulalaaaa... Sekarang saya sudah jadi anak kost beneran. Kalau selama tinggal di Jogja kurang lebih 2,5 tahun saya tinggal ngontrak rumah bersama teman-teman, tiba juga saatnya untuk hidup sendiri. Ada beberapa perbedaan yang saya rasakan. Selain dengan sedikitnya ruang gerak (karena hanya bisa mondar-mandir di kamar), sekarang kalau pulang kerja sudah tidak ada lagi yang diajak ngobrol karena sekarang cuma sendiri. But it's okay. Buat saya ini saatnya untuk benar-benar belajar mandiri. Walaupun kadang saya sedikit ngeri kalau misal bangun kesiangan karena tidak ada yang membangunkan (karena saya tipikal orang yang kalau kecapekan trus tidurnya kaya kebo), atau kalau nanti tiba-tiba saya sakit dan tidak ada yang membantu saya (biasanya ada yang bantuin saya kerokan tiap masuk angin). Ya, begitulah kurang lebih perbedaannya. Tapi dengan hanya tinggal di satu ruang yang tidak terlalu besar, saya akan punya waktu luang lebih banyak karena biasanya saat bersih-bersih ada banyak ruangan yang harus diurus.

Nah, kira-kira apa saja ya yang bisa kita lakukan supaya kamar kost yang sempit bisa selalu rapih, bersih dan wangi? (kaya baju aja). Yuk coba tips-tips berikut ini :D

1. Jangan Menyimpan Terlalu Banyak Barang

Source : Pinterest
Hai para anak kost. Janganlah kalian tergoda beli barang ini-itu, beli baju ini-itu, beli sepatu ini-itu. Selain akan menguras tabungan, membeli banyak barang yang belum tentu bermanfaat hanya akan menambah sumpek kamar kostmu yang mungil. Cobalah untuk memperhitungkan kemanfaatan dari setiap barang yang ada dalam kamar kostmu. Jangan sampai kamu tergoda membeli banyak barang namun hanya dipakai sekali kemudian tergeletak begitu saja. Akan makin banyak barang tak bermanfaat di dalam ruanganmu, dan tentu saja hal itu akan mengganggu keindahan serta kenyamanan kamar.

2. Gunakan Properti Portable Multifungsi


Source : Pinterest
Jangan sepelekan pemilihan setiap perlengkapan/properti yang akan memenuhi kamar kost kalian. Memakai properti portable adalah salah satu pilihan certas. Kenapa? Tentu saja karena properti portable biasanya memiliki ukuran yang minimalis, mudah dipindahkan, dan mudah dibongkar pasang. Hal tersebut akan sangat membantu saat kita hendak pindah kost-kostan. Dengan ukuran yang tidak terlalu memakan tempat, properti portable juga sangat khas dengan kapasitas penyimpanan yang tidak diragukan lagi. Kalau sekiranya lemari pakaian akan memakan banyak tempat, cobalah untuk memakai gantungan baju portable. Sebagai tambahkan kita bisa menggunakan storage/box sehingga kamar akan jauh dari kesan berantakan karena semua barang sudah terorganize rapih di dalam box sesuai kategori barang. Rak portable dengan desain susun vertikal juga bisa menjadi opsi untuk menyimpan buku atau pernak-pernik lainnya tanpa memakan banyak tempat.

3. Hindari Menjemur Pakaian di Dalam Kamar

Source : Pinterest
Seperti yang kita tahu, tidak semua kost memiliki ruang yang cukup untuk menjemur pakaian. Alhasil kadang kita harus menjemur pakaian di dalam kamar kost. Kalau ini sebaiknya jadi pertimbangan saat awal mencari kost. Selain pakaian tidak kering maksimal, menjemur di dalam kamar kost juga akan membuat udara di dalam kamar menjadi lembab. Aroma tak sedap pun akan sangat mengganggu. So, jangan sepelekan untuk urusan cucian yaa.

4. Pentingnya Kebersihan Kamar Mandi

Source : Pinterest
Saat memilih kost biasanya ada dua opsi kamar mandi, yaitu kamar mandi dalam dan kamar mandi luar. Kalau kalian adalah orang yang sangat mengutamakan kenyamanan dan privasi, tentu saja kamar mandi dalam adalah pilihan yang oke. Tapi kalau kalian mencari kost dengan budget yang lebih terjangkau, tidak salah juga memilih kost dengan kamar mandi luar. Kalau kalian memilih kamar mandi luar, pastikan ada jadwal petugas bersih-bersih kamar mandi. Karena kalau hanya mengandalkan satu sama lain pasti kegiatan bersih-bersih hanyalah wacana. Hal itu bisa jadi bencana karena kamar mandi yang kurang terawat bisa jadi sarang penyakit. 

Biasanya ada kamar mandi yang menyediakan bak mandi permanen dan ada juga yang hanya memakai ember. Kalau saya pribadi sebenarnya lebih suka kamar mandi tanpa bak air permanen. Kenapa? Tentu karena akan lebih mudah untuk membersihkan kamar mandi. Tak perlu susah-susah menguras bak mandi, dan tentu saja kamar mandi akan terasa lebih luas. Walaupun tetap saja ada sisi negatifnya karena tanpa bak mandi, kita tidak bisa menampung air dengan kapasitas banyak.

5. Buat Indah Kamarmu Dengan Tanaman

Source : Pinterest
Tidak salah juga untuk menempatkan beberapa pot tanaman kecil untuk membuat suasana dalam kamarmu semakin sejuk. Kaktus atau monstera kecil dan tanaman dedaunan lain bisa ditempatkan di sudut ruangan atau di atas rak ambalan yang tertempel di dinding. Dijami warna hijau tersebut akan membuat moodmu oke dan anti stress.

Kost sweet kost. Begitulah. Kost memang merupakah rumah kedua, dan jadi tempat istirahat buat kita dari aktivitas yang melelahkan seharian. Jadi sangat dianjurkan buat kita bisa menciptakan suasana yang mendukung supaya kita bisa jadi anak kost yang lebih produktif. Setuju?

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.