Resolusi Tidak Harus di Awal Tahun !!!

3:42 PM nmhana 0 Comments

Sekarang sudah memasuki semester 2 di tahun 2019. Tidak terasa ya. Bagaimana, awal tahun 2019 lalu sudah merencanakan resolusi apa saja? Apa kabar resolusi 2018? Berapa persen tercapai? 50%? 75%? (ini bukan diskon akhir tahun ya). Mungkin ada yang bisa berprestasi dengan mencapai semua resolusi, atau justru tidak ada satupun. Tidak apa-apa. Namanya juga rencana, kalau bisa terwujud alhamdulillah, kalau belum tercapai kita bisa coba lagi. Selagi masih ada waktu.

Di awal tahun banyak orang yang gencar membuat rencana perubahan dengan maksud menjadikan hidup mereka menjadi lebih baik. Tapi kalau ada diantara kalian yang bertanya kapan kita harus mulai membuat resolusi, jawabannya bukanlah saat awal tahun. Karena memulai suatu kebaikan bisa dilakukan kapan saja. Bahkan hari ini, detik ini.

Nah, ayo kita ngobrol-ngobrol sedikit tentang resolusi yang mungkin bisa kita mulai dari sekarang. Kalau kadang kita suka muluk-muluk dalam membuat resolusi, bagaimana kalau kita jadikan lebih sederhana? Dan yang pasti resolusi ini bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja. Nah, kira-kira apa saja resolusi itu? Yuk kita simak.

1. Bangun Pagi

Source : https://hellosehat.com/

Jangan anggap sepele kebiasaan bangun pagi. Faktanya, bangun pagi akan membuat kita lebih bersemangat dalam beraktivitas. Kita jadi lebih siap menghadapi hari, dan menjadikan kita pribadi yang lebih optimis. Jadi kalau alarm sudah berbunyi, pantang dimatikan lalu tidur lagi ya.

2. Olahraga Teratur

Source : https://sportourism.id

Bayangkan saja. Di era milenials ini olahraga saja bisa dilakukan secara online (e-sport), lalu apa manfaat olahraga yang sebenarnya? Terlepas dari tren yang sedang marak saat ini, olahraga yang dimaksud di sini adalah olahraga secara fisik. Menggerakkan badan, sesekali menimbulkan rasa lelah dan membuat badan berkeringat. Entah dilakukan saat pagi atau sore hari, olahraga secara teratur akan memberikan segudang manfaat. Selain membuat badan menjadi lebih bugar, yang artinya akan sangat menunjang kita dalam beraktivitas, olahraga juga bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih bersemangat. 

3. Atur Pola Makan

Source : https://www.aarp.org/

Generasi milenials katanya suka dengan segala sesuatu yang instan. Termasuk untuk urusan makanan. Akhirnya mie instan pun seperti jadi primadona untuk mengisi hari-hari. Terlebih lagi untuk teman-teman di tanah perantauan. Mie instant seperti jadi senjata di saat-saat genting. Saat lapar tapi mager, saat akhir bulan, bahkan saat bosan dengan semua jenis makanan. 
Tidak hanya mie instant, junk food juga selalu jadi incaran kala diskon melanda. Bahkan bisa setiap hari hanya makan nasi dan ayam goreng. Dimana sayur? Dimana buah?
Efek junk food memang tidak terasa dalam jangka pendek, tapi kalau terlalu sering, apalagi tanpa diimbangi dengan olahraga, lemak jenuh dan kalori yang menumpuk akan membuat kondisi tubuh menjadi kurang prima. Jadi boleh saja sesekali makan junk food, tapi dengan porsi wajar dan diimbangi dengan gaya hidup sehat.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Source : women-fit.com

Kalau tadi kita membahas tentang junk food, maka erat sekali hubungannya dengan minuman bersoda. Kalau memang ingin memulai kebiasaan baik, coba kita kurangi mengonsumsi minuman bersoda. Kalaupun kita tidak bisa mengonsumsi jus buah setiap hari, setidaknya perbanyaklah minum air putih. Sederhana sekali. Dengan cukup memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari, kita akan merasakan bagaimana tubuh terasa bugar dan kita akan lebih fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Bahkan banyak minum air putih juga dipercaya bermanfaat baik  untuk kesehatan kulit looh. Nah, untuk teman-teman para kaum hawa, ini nih cara sederhana supaya selalu tampil cantik alami. Jangan lupa minimal 8 gelas air putih setiap hari.

5. Tidur Tepat Waktu

Source : https://www.educenter.id/

Ini erat kaitannya dengan poin nomor 1 di atas. Kalau kita ingin bangun pagi, maka biasakan untuk tidur tepat waktu. Setidaknya maksimal jam 10 malam. Itu akan cukup untuk kita bangun sebelum jam 5 pagi. Kalau memang tidak ada alasan penting untuk bergadang, segeralah berbaring di tempat tidur, pejamkan mata. Tips sederhana saat kita memang ingin tidur tepat waktu adalah dengan menyingkirkan ponsel jauh-jauh. Kadang ponsel yang ada di dekat tempat tidur akan membuat kita tergoda untuk membukanya, mengecek notifikasi dari semua media sosial yang kita miliki. Maka langkah awal yang bisa kita lakukan adalah dengan menyalakan mode air plane, matikan lampu kamar, berbaring dan tidur. Easy! Tapi dengan mode air plane secara tidak langsung merubah mind set kita bahwa tidak akan ada notifikasi yang masuk.

6. Rutin Merapikan Kamar

Source : https://www.magiclean.co.id/

Setelah lelah beraktivitas seharian, tentu saja kamar adalah tempat yang akan membasuh semua beban yang kita bawa dari luar rumah. Maka kita harus memastikan bahwa tempat istirahat akan menjadi tempat yang nyaman, bukan justru membuat emosi memuncak saat melihatnya berantakan ketika kita pulang. Jadi biasakan untuk merapikan tepat tidur di pagi hari, sehingga ketika kita tiba di rumah, kamar yang nyaman siap menyambut dan memanjakan kita.

Nah, itu dia resolusi sederhana yang bisa kita lakukan mulai hari ini. Mudah dilakukan, tapi mudah juga kita lalai untuk konsisten melakukannya. Jadi ayo kita bersama-sama memulai resolusi ini. Mulai hari ini.

0 comments:

Silakan tinggalkan komentar. Boleh kritik, saran atau apapun.. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang santun. Terima kasih.